Makan Malam ‘The First’

Daqing, Januari 30th, 2011. 10.42pm

gung bao ji ding, kung pao chicken
Ayam Kung Pao ala Inda PLUS Nasi tanpa rice cooker ala JP

Ada yang spesial buat kami dengan makan malam hari ini. Pertama ini kali pertama JP masak nasi untuk makan kami, tanpa rice cooker pula! Kedua, ini kali pertama saya masak Ayam Kung Pao, atau disini bilangnya Gung Bao Ji Ding.

Hari ini adalah hari ketiga kami tinggal di apartemen baru, well..it’s almost literally new—the  building’s old but the unit is just newly fully renovated. Karena sehari setelah kami pindahan staf sekolah memulai libur tahun baru maka beberapa perangkat dapur yg jadi fasilitas standar bagi tenaga asing sekolah ini masih belum di antar, yaitu oven, microwave, dan rice cooker.

Disitulah JP muncul dengan ide masak nasi sendiri  tanpa rice cooker, “like what Jamaican do!” katanya. Karena nasi bukan makanan utamanya, saya sempat meragukan niatnya dengan ledekan. Rupanya ledekan saya berujung tekad utk buktikan kalo ia mampu, so instead of letting me buying mi fan (cooked rice) from the restaurant he insisted to cook the rice himself which turned to be a perfect rice! Im really impressed. Ngga percuma pernah jadi cook sebuah restoran Jamaika di Toronto🙂

Sementara Ayam Kung Pao buatan saya hasilnya ngga persis sama dengan yang dijual di restoran langganan, tapi tetap sedap. Paling tidak tekstur dan rasa mulai ada sentuhan cina-nya. Selama ini rasanya selalu ada yang kurang saat saya coba masak resep masakan cina :p

Untuk dapat ‘rasa’ itu, sebelum masak saya sempatkan ke Walmart buat dapetin: Rice Wine (Ba jio), Light Soy Sauce (kecap asin), Soy Paste (semacam tauco di Indonesia) walau resepnya minta Dark Soy Sauce yg maksudnya adalah kecap manis-nya Indonesia. Selain itu saya beli Niu Ro Jiang, Oyster Sauce, Cashew, dan beberapa keperluan dapur.

Akhirnya  makan malam The Pitkanens berlangsung sukses dengan Nasi tanpa rice cooker pertama buat JP, plus Ayam Kung Pao pertama buat saya! Berikut foto2 hasilnya utk dinikmati. Yummy…😉

4 thoughts on “Makan Malam ‘The First’

Comment

