Jelang Imlek Di Daqing

imlek at daqing, quiet city
Jalan utama kota H-1 Imlek di Daqing: Sepiiiii!

PETANG hari ini terasa beda dengan hari lain di kota ini. H-1, suasana kota Daqing terasa persis seperti hari pertama Lebaran di tanah air, Indonesia. Amat tenang—cenderung senyap. Seperti tradisi Lebaran atau Natal di Indonesia, umumnya orang sini merayakan tahun baru cina dengan kumpul keluarga..dan tentu saja makan bersama. Sebagian penduduk juga melakukan tradisi ‘mudik’ ke kampung halaman untuk bertemu keluarganya di berbagai kota atau provinsi lain.

Sebagai orang asing, kami berdua menikmati liburan imlek lebih banyak dirumah dengan berbagai hiburan dan kegiatan hobi masing-masing; nonton film, berita, main gitar bagi suami saya–JP, sketsa-lukis –praktek resep masakan-menulis bagi saya, gaming, dan relaksasi lainnya. Sisanya adalah kegiatan bersama teman dan kolega, salah satunya undangan makan malam dari teman kami, LY, kemarin malam.

Oleh LY kami dibawa ke sebuah resto cukup megah bernama Xin Li Liang. Menurut dia sih resto itu biasa jadi tempat perayaan wedding dengan kapasitas 40 meja besar per-wedding, dimana kapasitas 1 meja bisa 10 orang. Bentuk mejanya bulat berporos ditengah dengan tumpuk kedua tempat menaruh beragam lauk bisa diputar. Selain kami hadir juga kolega lama JP dari sekolah lain yang datang bersama saudara lelakinya dari England.

Makan malam di Xin Li Liang: Hmmmm...they're all sooo yummy!
Ini dia favorit saya: Gui Yu alias Ikan Tupai

Makanannya..hmmm sebagaimana biasa masakan cina, lezaaaat semua! Dari 7 macam lauk yang dipesan LY, favorit saya adalah Ikan Saus Asam manis yang bikin lidah menari ngga karuan..😉  LY sempat beritahu nama masakan ikan itu yang berarti ikan squirell, tapi yang saya ingat hanya jenis ikannya yaitu Gui Yu (Yu=ikan).

Malam ini kami tak berniat kemana-mana selain nonton pertunjukan kembang api/petasan di Times Square Daqing yang jaraknya sekitar 15 menit jalan kaki dari flat kami. Sejak jam 5 sore tadi kembang api mulai meletup disana sini..makin larut makin indah dan semarak. Ada beberapa foto dan video yang kami tangkap sejauh ini, but the best will be posted later for sure😉

 

LY, DM, SM, JP at Xin Li Liang Restaurant..where am I?😉

Masih beberapa jam lagi menuju midnight, sementara ini kami nikmati pertunjukan kembang api dari jendela flat sambil dengar musik..kebetulan ada DN, kolega JP yang sedang berkunjung. Sementara menunggu tengah malam saya tangkap beberapa video pertunjukan kembang api disekitar rumah, tapi karena WordPress tak mendukung file MP4 jadi video-nya menyusul aja yah..  :)

 

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s