Pusingnya Ber-Online Banking Di Cina

Bagi saya, mengalami hidup di Cina adalah kesempatan berharga. Potensi alam yang luar biasa indah dan luas, kekayaan sejarah dan budaya, wisata kuliner, peluang belajar bahasa, adalah beberapa hal yang jadi minat dan perhatian utama saya. Berbagai keuntungan dan sisi positif hidup di negeri bambu ini tentu beriring dengan tantangan yang ada, salah satunya urusan perbankan.

Jika anda termasuk penduduk asing yang kemampuan bahasa lokal-nya amat terbatas, seperti saya dan suami (JP), maka urusan perbankan bisa jadi salah satu hal yang menuntut enerji dan kesabaran tinggi. Entah itu jasa terima-kirim uang, buka rekening, tukar mata uang, pendaftaran belanja online di situs belanja nasional, verfikasi Jasa Pembayaran Online seperti Paypal, dan aktivasi online banking.

Contohnya, setengah hari tadi saya habiskan untuk urus aktivasi online banking dan percobaan belanja online di Taobao *). Selama 2 jam saya dibantu Ncy – staf sekolah tempat suami kerja, hasilnya adalah; belum berhasil. Itupun disela dengan kami datangi bank langsung – yang berlokasi di lantai bawah gedung sekolah, lalu dibantu beberapa staf bank secara bergantian di sudut khusus online banking. Berikut ini proses panjang pembukaan dan aktivasi online banking kami di Xi’an..

24 Desember 2011
Bersama Ncy, saya buka rekening di China Merchant Bank/CMB **). Dari sekian banyak cabang di seantero kota, kami pilih yang ada di lantai bawah gedung sekolah, karena ngga semua bank menyediakan staf yang cakap berbahasa inggris – sekalipun bank besar yang berada di lokasi strategis. Bisa aja saya ke bank sendiri, tapi prosesnya mungkin bisa 2 atau 3 kali lebih panjang daripada ditemani penduduk lokal, murni karena persoalan bahasa. Berdasarkan pengalaman langsung di beberapa bank besar di Xian dan Daqing, staf bank mungkin ada beberapa bisa bahasa inggris, tapi seringkali tak cukup membantu untuk memahami apa yang kita butuh atau inginkan. Dua hal yang kita ngga mau main-main dengan urusan bahasa; perbankan dan kedokteran/rumah sakit! Saya kira, akan lain ceritanya kalau kita di Beijing, Shanghai, atau kota megapolitan lainnya.

Anyway, yang dibutuhkan buat buka rekening adalah paspor – karena saya penduduk asing. Antri sekitar 15 menitan lalu dapat giliran pelayanan. Proses memakan waktu sekitar 1 jam, mencakup; pembukaan rekening, pembuatan kartu debit yang berfungsi sebagai all in one card, pembukaan & aktivasi online banking di pojok khusus bank yang dilengkapi dengan beberapa unit komputer untuk nasabah. Hari itu juga saya dapat kartu debit all in one Merchant Bank, plus USB/etoken yang harus digunakan setiap kali mau bertransaksi lewat internet.

Sempet terjadi keruwetan waktu proses aktivasi online banking oleh staf bank, ia ngga bisa berhasil masuk ke akun saya. Setelah bolak-balik ganti staf, pusang-pusing cari akar masalah, ternyata ketahuan bahwa staf customer service yang melayani buka tabungan saya salah memasukkan kode negara, ketimbang IDN (Indonesia) ia memasukkan IND (India). Halah! Nasib punya negara ngga terlalu dikenal.. :p Akhirnya balik lagi ke meja CS dan lakukan perubahan data dulu😀

Dari proses hari itu, info yang saya dapat adalah; (1) Dari sekian yuan yang saya masukkan ke rekening ***), 60 yuan dikenakan untuk pembukaan online banking, namun setelah 3 bulan jumlah tersebut akan dikembalikan ke rekening kita. (2) Sebagai bagian dari proses aktivasi online banking, kami membeli 3 x 2 yuan pulsa ponsel saya. (3) Saya sudah bisa langsung melakukan transaksi internet!

29 Desember 2011
Pembukaan rekening Paypal. Bagian dari proses aktivasi, Paypal mengirimkan 2 x deposit ke rekening Merchant Bank, untuk selanjutnya saya harus memasukkan jumlah kedua transfer tersebut ke dalam form aktivasi Paypal. Namun, proses masuknya dana ke bank adalah 5-10 hari kerja, jadi kita harus menunggu hingga dana transfer masuk dahulu.

5 Januari 2012
Statusnya 5 hari kerja sejak terkirim – Belum terlihat di catatan rekening CMB ****).

12 Januari 2012
Status 10 hari kerja setelah dana Paypal terkirim. Belum terlihat di catatan rekening CMB. Selain itu, dapat jawaban dan info (atas komplen kami) dari Paypal bahwa mereka coba mengirim 2 x deposit lagi, untuk kedua kalinya.

19 Januari 2012
Status 5 hari kerja setelah dana Paypal tahap 2 terkirim. Belum terlihat di catatan rekening CMB.

20 Januari 2012
Akhirnya kami minta asistensi Ncy lagi, untuk cari tahu kenapa transfer dari Paypal belum juga masuk setelah lebih dari (sedikitnya) 20 hari. Saya menemui Ncy di sekolah, lalu ia coba cek akun paypal dan CMB saya dikantor.. Setelah sekitar 1 jam berkutat sendiri, kamipun menghubungi call center CMB. Setelah menunggu cukup lama untuk layanan bahasa inggris, suara perempuan muda dari seberang telepon pun membantu saya lakukan step-by-step pengecekan catatan rekening online. Proses yang sama dengan yang saya jalani dari rumah dengan bantuan penterjemahan halaman oleh Google Chrome, cuma bedanya kali ini si petugas sudah melakukan ‘sesuatu’ dari komputernya, hingga ‘tralaaaa’ catatan transfer dari Paypal pun bisa terlihat sekarang! Pffh..

Malamnya saya langsung kabari perkembangan itu ke pihak Paypal, sekaligus mengkonfirmasi data transfer yang masuk.

21 Januari 2012
Coba-coba bikin akun di Taobao sendiri dirumah, dengan bantuan dua asisten pinter Page translator-nya Google Chrome dan juga Internet Explorer (IE). I love google chrome!, karena udah nemanin dan ngebantu hari-hari berselancar di situs-situs yang berbahasa diluar Indonesia dan Inggeris. Tapi ternyata, IE tetap dibutuhin untuk proses tertentu, contohnya di Cina untuk urusan perbankan seringkali hanya bisa dilakukan dengan IE.

Watatitah, semangat dan percaya diri saya setelah seluruh proses diatas plus bantuan asisten setia Chrome dan IE pun harus pudar lagi hari ini.. sebabnya? Terganjal di salah satu langkah proses aktivasi sistem pembayaran (baca: sistem layanan perbankan, lagi-lagi!). What the heck!

22 Januari 2012
Ncy mulai cuti mudik buat rayain tahun baru cina (imlek) bersama keluarganya di luar kota.

23 – 28 Januari 2012
Libur bersama imlek – bisnis dan jasa banyak tutup. Proyek tertunda saya pun makin tertunda (beli ragi tempeh untuk produksi tempeh sendiri disini).. :p

29 Januari 2012
Janjian sama Ncy lagi di sekolah. Jam 3 sore kami ketemuan. Ncy coba utak atik sendiri dulu disekolah baik Taobao maupun akun CMB saya. Akhirnya bikin akun Taobao baru lagi, kali ini pake nama ejaan latin. Well, sebelumnya saya terpaksa pake nama karakter cina dengan cara terjemahin nama latin saya ke karakter cina, karena form pendaftaran ngga terima karakter non-cina.

Proses kali ini, setelah sekitar 1 jam-an berkutat dengan akun Taobao dan CMB saya disekolah, Ncy pun nyerah dan memutuskan hubungi call center CMB lagi. Menunggu sekitar 10 menit di telepon, ditemani musik diseberang gagang telepon sana, akhirnya staf call center pun kembali dan bilang kami harus ke bank langsung untuk asistensi staf sana. Kami pun bergegas ke lantai bawah. Ncy mengambil nomor antri sekaligus jelasin apa masalah saya, diberi nomor antri, lalu ditemani 2 atau 3 petugas khusus yang semuanya perempuan muda ke pojok online banking. Disana saya coba ambil foto dari tahap2 yg dijalani di komputer, petugas kemanan (semacam satpam di Indonesia) menegur petugas online banking dan minta saya untuk ngga ambil foto.

Saya bilang ke Ncy, ‘tolong jelasin ke dia, kalo saya mungkin butuh foto step-by-step ini buat panduan saat ngerjain sendiri di rumah, karena saya ngga paham bahasanya’. Ncy bantu jelasin ke mereka, tapi petugas keamanan tetap kukuh sama pendiriannya, saya yang sudah terlalu capek dengan ribetnya sistem perbankan sini hanya balik fokus ke monitor dan perhatikan apa yang sedang dilakukan oleh staf online banking ketimbang perhatikan apa yang sedang di ‘perjuangkan’ oleh petugas keamanan soal foto-memfoto. Staf lain-pun bilang ke saya, ‘I am sorry, we have regulations‘. Saya hanya jawab dengan ‘ok, thanks‘. Sulit bagi saya melihat apa bahayanya memfoto hanya halaman monitor berisi proses aktivasi perbankan atas nama saya sendiri, itupun hanya berisi tahapan baku-standar dari bank itu. Lain cerita kalau saya ambil foto data orang lain, atau kegiatan staf CS selama melayani, dsb.. Saya jadi teringat komentar salah satu penduduk asing disini, ‘pemberlakuan aturannya membuta, sepenuhnya orientasi teks, buku bilang A ya A’. Kalo saya bilang sih, ngga kenal ruang untuk diskresi/pertimbangan situasional secara signifikan.

Well oh well, proses kutak-katik komputer oleh staf khusus terus berlangsung, lalu mereka dapatin kalo ada kekeliruan yang dilakukan oleh petugas CS dahulunya (lagi?) terkait dengan ‘nama negara (Indonesia)’. Hampir ngga percaya sama apa yang saya dengar, saya hanya bisa geleng-geleng kecil sambil senyum bingung. Ngga berdaya untuk tanya langsung ke staf bank maupun ke Ncy.. pertanyaan signifikan toh biasanya hanya dijawab seadanya seolah saya ngga berhak tahu keadaan dan situasi sesungguhnya sedetilnya. Yang terbaik adalah biarkan mereka lakukan apa yang mungkin bisa mereka lakukan, dan simpan berbagai ketidakmengertian dan kebingungan sendiri.. Oh Cina..

Kami pun balik ke meja CS, ia proses ini itu dokumen, butuh paspor saya lagi, tandatangan beberapa lembar dokumen, masukkan password beberapa kali, dan kembali ke pojok online banking lagi. Kali ini hanya seorang petugas yang melayani kami disana. Setelah isi ini itu, rubah password, menunggu, menonton, menunggu, selesai, kartu dan USB dikembalikan, katanya semua beres. Saya sudah bisa bertransaksi online.

Dengan lega, saya dan Ncy pun kembali ke sekolah, mencoba transaksi Taobao sebagai tes, setelah beberapa tahap, Ncy kembali terpentok! Wajah kecewa lagi, saya tanya apa masalahnya kali ini, ia bilang komputer sekolah yg kami gunakan ngga bisa ngenali USB nya. What?!

Ncy terlihat kecewa, saya yakin ia tahu saya juga kecewa:( Saya ngga pernah ragu Ncy selalu berusaha terbaik yang ia bisa, saat staf asing plus keluarganya butuh bantuan dia untuk ini-itu urusan yang ngga bisa di handle tanpa kemampuan bahasa cina yang cukup. Maka saya berusaha nenangin dia sambil menghalau kekecewaan saya sendiri dengan bilang jujur ke dia, sambil tatap matanya, bahwa apapun hasilnya saya sangat hargai segala usaha dan bantuan dia sebagai kepanjangan tangan sekolah.

Akhirnya, kami sepakat untuk saya coba proses transaksi di rumah, tentu dengan bantuan Chrome dan IE, lihat apakah komputer kami bisa ngenali USB CMB, kalo ngga ngenali saya akan bawa komputer kami ke sekolah dan lihat apa yang Ncy bisa lihat dan lakukan.

So, we’ll see.. 🙂 Semoga keberuntungan masih berpihak ke kami. Sekalipun berujung pada hasil negatif – kami ngga bisa lakukan transaksi online sendiri dirumah, saya sudah siapkan diri untuk hanya belanja cash.. atau paling banter ya titip dari Indonesia.. banyak jalan menuju ke Roma! ;D

Keterangan:
*) Taobao adalah salah satu situs belanja online terpopuler di Cina. Disana berkumpul para penjual & produsen yang melayani pesan-kirim hampir seluruh kebutuhan hidup; sandang, pangan, dan lainnya. Staf sekolah yang membantu kami bilang, kualitas produk di Taobao tak sebaik dari situs kompetitor; 360buy.com. Namun, sewaktu di Daqing saya sempat belanja beberapa helai pakaian melalui kolega yang punya akun Taobao, 90% produk yang saya pesan kualitasnya sesuai yang saya bayangkan. Mungkin karena saya sadari kualitas dan harga selalu sejalan, jadi tiap liat harga produk saya bayangkan kualitasnya musti sepadan harga.

**) CMB adalah salah satu bank terpopuler di Cina jika tujuan anda bisa belanja lewat internet. Menurut Ncy, bertransaksi online lewat bank swasta berlogo bunga matahari ini lebih mudah dan praktis ketimbang lewat bank pemerintah. Bank populer untuk online banking lainnya adalah; ICBC, China Everbright Bank, dll.

***) Setor awal pembukaan rekening bank di Cina ngga ada batasan wajib minimum seperti di beberapa bank besar Indonesia-yang ironisnya justru cukup besar jumlahnya; Bank Mandiri dan Bank BCA (@500.000 Rupiah). Setidaknya itu dari yang saya alami di cina dengan Bank of China, China Merchant Bank, dan Bank of Communication.

****) Hari kerja Bank di Cina saya dapati sabtu dan minggu buka untuk cabang-cabang besar, tapi kabarnya sabtu-minggu hanya untuk jenis pelayanan tertentu saja. Jadi dalam kasus Paypal sabtu & minggu tak saya hitung, untuk menjamin kepastian.

39 thoughts on “Pusingnya Ber-Online Banking Di Cina

    1. Hi Ivan! Transfer dana dari Indo ke China yg amat disarankan lewat bank ke bank karena lbh aman dan terjamin.

      Tapi, ngga bs dipungkiri kelemahan bank adl lama; butuh 1-3 hari kerja utk dana masuk, fee dari bank penerima dan pengirim dikenakan.

      Jasa transfer alternatif ada JGChanger.com, non bank, dana sampai hanya dlm 30 menit sampai bbrp jam. Cuma penting diingat resikonya ditanggung sendiri.

      Kontak saya: aktifsitri@gmail.com

  1. Mau tanya. Tunangan saya bekerja di CNPC guangzhou, dia kesulitan membawa uang kerjanya keluar dari china, dan bermaksud ingin mentranfer ke rekening saya di jakarta. Stlh proses berjalan, oleh pihak bank (affirmfinance &security trust bank)saya diminta membuka rekening dan mengirim dokumen saya via email. Apakah benar seperti itu?saya takut terjadi sesuatu yg salah, mohon petunjuknya.

    1. Hello IA. Maaf baru cek kesini lg, semoga blm terlalu telat balasnya. Sejauh yg saya tahu dan alami, mentransfer dana dari Cina ke luar Cina via bank cukup mudah. Kita hanya perlu datang ke bank mana saja (ambil bank yg paling umum dan nasional spt Bank of China, SPD, China Merchant Bank, ICBC, dsb), bawa paspor, dana yg akan di transfer, surat keterangan kerja dari perusahaannya, dan teman atau staf lokal dari kantor tunangannya kalo ia ngga bs komunikasi dlm bahasa mandarin. Sistem banking di Cina terutama buat orang asing agak lebih ketat dan kaku dibanding banking di Indonesia, tapi sangat doable kok..mrk cuma mastiin aja dana itu bukan money laundering dan jelas asal usulnya.

      Untuk kasus kamu tersebut, maksudnya pihak bank minta kamu buka rekening di bank itu kah? apakah bank tsb posisinya di Cina? Selama tinggal di Cina (kurleb 5 tahun) dan jalani bisnis online yg otomatis sering lihat deretan bank2 paling banyak di pakai di Cina, saya belum pernah dengar nama bank seperti itu ya. Mungkin saja ada, tapi mgkn kah bank ekslusif utk grup kecil nasabah saja? Saran saya coba Googling dulu banyak2 seputar itu..cari tahu perihal nama dan asal usul bank tsb. Jika gelap ngga ada info terang apapun lebih baik coba diskusikan cara lain dengan tunangan kamu. Saya pribadi, ngga akan pernah kirimkan dokumen pribadi apalagi aslinya ke pihak lain, apalagi asing dan berposisi di LN, untuk alasan dan keperluan apapun. Terlebih keperluan transfer, terima dana dan buka rekening bank. Faktanya, dewasa ini penipuan dan pencucian uang sangat marak dan kreatif…sayangnya ngga pernah berhenti makan korban walaupun sudah marak kasusnya. Berhati-hatilah dan masih banyak cara lain yang lebih jelas, standar, dan legal untuk transfer men-transfer dana.

      Saran lain, tunangan kamu bisa jg minta bantuan staf kantor nya utk bantu urus. Perusahaan yg mempekerjakan tenaga asing selalu punya staf khusus untuk bantu staf asingnya, atau paling tidak mereka selalu siap bantu kemudahan dan kelancaran urusan harian staf asing nya. Saya pikir begitu lebih aman dan jelas. So, good luck!🙂

  2. Halo mbak saya mau nanya kalo saya buka tabungan ICBC di medan apakah ketika saya belanja di taobao bs melakukan pembyrn ?

    1. hello stevanny. sejauh sy tahu bank2 asal Cina yg buka cabang di indonesia tidak berbagi policy dan fungsi yg sama dgn bank sama di daratan Cina. misal, dulu sy buka boc (bank of china) di jkt..harapannya urus apa2 mudah dan cepat krn sama2 boc krn sy domisili di sini (Cina). ternyata sy dpti mrk tdk punya hubungan langsung dgn boc sini. satu2nya kelebihan wkt itu adl transfer dana boc indo-boc cina dan sebaliknya lbh cepat drpd dgn bank lokal indo. akhirnya sy tutup yg di indo. hal lain soal fungsi, di cina bank2 mayoritas punya fungsi bayar alipay (paypal nya cina), yg rata2 orang sini pakai utk belanja taobao selain internet banking. setahu saya alipay blm ada kerjasama dgn luar cina jd kmgknan icbc anda tdk bs buka alipay. alipay itu sistem verifikasi akun dan konfirmasi tiap pmbyrn nya melibatkan/terhubung ke nomor hape anda, sejauh sy lihat jg hanya mengakomodir nomor hape domestik cina. jd utk pastinya coba tanyakan ke icbc tmpt anda buka akun di medan tsb.

      alipay dan taobao nunjukin sinyal utk kmgkn expansi keluar cina lbh agresif lg jd siapa tahu akan ada bnyk perubahan utk pasar indonesia. diantara negara2 asia tenggara lainnya sy lihat hub/kerjasama ekonomi indo dgn cina adl yg paling rendah dan tdk menguntungkan pasar indonesia. mgkn indo masih blm pede sm kemampuan industrinya dan jadi impoten diserbu industri cina yg sangat bersaing itu.

      anyway, met nyoba moga berhasil. jika berhasil dgn icbc nya sy bakal senang kalo anda berbagi kabar baik itu disini!

    1. Hello maurine, kalau agen taobao resmi lain yg saya tahu langsung bs dipercaya utk saat ini terus terang saya blm tahu yah.

      Tp krn respon dan permintaan seputar taobao ini cukup tinggi akhirnya saya coba beranikan dan belajar buka agen taobao sendiri, bukan perusahaan profesional spt lainnya, msh belajar, tp kekuatan yg bs saya pakai adl bangun kepercayaan, komunikasi dan interaksi intens (lwt whatsapp), kemudahan pembayaran (paypal/BCA), dan agent fee super rendah (cukup 5% saja dari total harga produk+ongkir I+ongkir II).

      Sekiranya kamu berminat, saya sambut komunikasi lanjut lwt email dan whatsapp yah.. tadi sudah saya kirim respon awal lwt gmail🙂 Salam!

  3. Saya butuh untuk jualan. Lagi mencari agen yang kira2 cekatan. soalnya beberapa agen yg saya pakai terkadang menambahkan timbangan, rada repot kadang kalau mereka nambah-nambahin timbangan

    1. duh kalo timbangan di tambah2in apalagi tanpa ada alasan dan penjelasan yg bs dipertanggungjawabkan ya repot.. sorry to hear that😦

    1. Hi Maurinekoaiko, coba cek berkattaobao.com. Coba deh cek ekstra infonya di deret komentar2 dibawah.

      setahu saya bukan hanya no telp yah, tp jg alamat kirim dan bank account cina. Krn taobao blm melayani pengiriman luar negeri selain hongkong, macau, taiwan, singapur (itupun kayaknya msh terbatas pilihan toko/penjual yg melayaninya). trus pembayarannya jg harus pake kartu atm/kredit bank2 cina..

      kalo ada yg mendesak di beli, saya bs bantu kalo utk sekali dua kali sih…bantu order tanpa fee apa2 kecuali ongkir ke indonesia begitu saya terima barangnya, hanya mgkn saya ngga bs layani pengembalian ato tukar barang ya krn proses dan waktunya bs ribet dan lama, apalagi krn mandarin saya super limited.

      Sdnh 2 mingguan belakangan ini saya bertaobao sendiri dgn lancar, cukup nyaman krn pake bantuan translator utk komunikasi online sm penjual2nya..🙂

    1. halo.. mao nnya ni..
      kemarin gua coba mao bikin account alipay, tapi gac bisa” katanya harus ada ktp org china gitu.. pusing ni. tolong kasih saran dan solusinya dong..
      thank you

      1. Hola pieter! Utk register dan bisa pakai Alipay memang; akun-nya harus terhubung ke salah satu bank domestik Cina + harus Authentification ID/tanda pengenal nya juga kalau ngga ID warga Cina ya musti upload paspor dan foto paspor (kalau penduduk asing). 2 Hal tsb memang yg bikin Alipay msh terbatas utk penduduk di wilayah Cina, terutama poin pertama soal bank itu.

        Semoga Alipay bs segera membuka diri buat konsumen di luar Cina yah.. Sementara ini pilihan buat non penduduk Cina memang pakai agen belanja yg bertebaran di internet.. Sorry about that..😦

  4. MBAK AKTIFISTRI, saya mw tanya kalo buka account bank of china di indonesia apakah bisa melakukan pembayaran di taobao ??

    1. Hi Melly, semoga belum telat balasan saya ya🙂 Terus terang saya belum tahu pastinya. Saran saya sih coba tanya langsung ke BoC Jkt. Tapi sedikit pengalaman dgn BoC di Cina dan Indonesia berikut moga2 ngebantu ksh ide..

      Soal Taobao, seingat saya ngga ada pilihan BoC di taobao. Berdasar info teman dan kenalan lokal bank paling populer buat belanja online di cina adl China Merchant Bank (CMB), selain, ICBC, China Construction Bank, Agricultural Bank of China, dan lainnya. Kami pilih buka akun CMB karena kebetulan salah satu cabang besar CMB ada di gedung tempat suami saya kerja – biar gampang saat butuh bantuan dari pihak sekolah, dan kolega lokal suami saya rekomendasiin itu buat taobao.

      Kalau posisi kamu di Indonesia, keliatannya belum bs ber-taobao langsung – ada info terkini (maret 2013) nyebut kalo sekarang dari Malaysia, Singapura, Korea dan Jepang sudah bisa, tapi ada agen2 taobao yg ngebantu belanja dari negara tujuan..buat yg di Indo coba cek disini – dari komen sblmnya oleh Meike: http://www.berkattaobao.com/meike.htnl. TAPI, itupun stlh saya cek ada keterbatasan2 order juga – lihat komen saya sebelumnya.

      BoC Indo yg saya tahu pastinya per-bbrp tahun lalu ngga punya koneksi langsung dengan BoC Cina. Mgkn krn keduanya tunduk pd aturan bank sentral masing2 negara ya… jg saya kira fasilitas yg BoC Cina dan Indo punya bs jd beda dan ngga selalu saling terhubung. Kami pernah mau ambil sisa uang di BoC Cina kami lewat ATM BoC Jakarta tp ngga bisa. Trus kami ke kantor BoC langsung..tapi akhirnya kami harus relain jumlah yg ‘kecil’ dimata bank itu karena fee-nya jauh lebih tinggi dari jumlah dananya. Sementara jumlah itu kalau msh di Cina bs diambil lewat ATM tanpa masalah. Saya tanya ke BoC Jakarta lantas apa nilai plus punya BoC di kedua negara? Jawabnya; kalo transfer dari Cina ke Indo lebih cepet aja..hanya butuh beberapa jam utk diterima di Indo. Akhirnya, krn satu dan lain hal, kami tutup BoC yg di Jkt.

      Coba pelajarin jg link ini, saya dapatin banyak info (terutama di bagian komentar) yg mgkn berguna buat kamu..🙂 Salam dan good luck!

      http://taobaofieldguide.com/advanced-tactics/registering-for-an-alipay-account
      http://taobaofieldguide.com/getting-started-on-taobao/how-to-sign-up-for-a-taobao-account

      1. Hii, maaf baru baca nih mbak. Saya rencana nya mau ke china buka rekening ICBC untuk bayar pesanan ane di taobao lewat internet banking ? bisa ga bayar nya lwt internet banking icbc ?

        1. Hi Melly. Mohon maaf saya ngga tahu soal itu. Belum pernah buka ICBC dan internet banking selain lewat China Merchant Bank. Mustinya bisa yah secara ICBC salah satu bank dgn pengguna internet banking terbesar di Cina daratan, hanya dlm konteks gunainnya dari Indonesia itu yg saya ngga tahu. Lebih baik tanya langsung ke ICBC yg di cina dulu, lewat telfon-assuming you can speak mandarin fluently.

          Sbg gambaran hubungan antar bank yg didalam dan luar cina nih.. sekitar 2 tahun lalu saya coba buka Bank of China (BoC) di Jakarta, maksudnya spy urusan perbankan saya antara BoC di Cina dan BoC di Indonesia lbh mudah, misalnya saat di Indoenesia sy bs pake kartu ATM BoC Cina utk ambil uang, lakukan pembayaran, dsb. Tapi ternyata, mrk ngga punya hubungan sistem satu sama lain. Cuma nama aja. Saya tanya apa yg bedain BoC Indonesia dgn Bank2 lainnya di Indo kalo gitu? Jawabnya cuma transfer dari dan ke BoC Cina lbh cepet dibanding dari/ke bank lainnya di Indo. Haiyah..cape dee.. Akhirnya saya tutup rek BoC Jakarta maupun BoC Cina.

          Hal lain soal taobao adalah, pengiriman. Saya ngga tahu apakah sistem pengirian form mrk melayani pengiriman ke luar negeri (Indonesia).Coba pastikan dulu ke pihak taobao-nya..

          Selamat bertaobao Melly! Moga lancar yah..

        2. Melly, ini tambahan info buat kasus kamu yg mo belanja taobao dari indonesia.

          Alternatif bertaobao dari luar negeri tanpa pusing mikir dan urus rekening bank di cina dan komunikasinya, ternyata cukup populer orang pakai ‘agen taobao’ yg intinya jasa utk yg mau bertaobao tp ngga tau gmn cara, dan gak mau pusing dgn cara.. jasa ini dipake orang2 baik di dalam cina sendiri (orang asing biasanya), atau di luar cina. Beberapa nama yg disebut orang adalah: Taobaoring.com (ngga kena jasa fee), http://www.taobaomaster.com (kena jasa fee 10%).

          Cek link2 berikut deh:

          http://sinocom.org/archive/index.php/t-26.html
          http://asia.cnet.com/taobao-not-just-for-chinas-shoppers-62220876.htm

            1. betul. setahu saya saat itu waktu buka hanya lampirkan paspor, tp saya ngga tahu apakah paspor kita harus ada lampiran/visa nunjukkin bahwa kita berdomisili di cina, atau paspor tanpa visa juga boleh buka.. tp saya bs coba cari tahu deh.. saya kabari lg asap..

  5. mba, salam kenal, aku ita di jakarta, aku jga pingin banget bisa belanja online di taobao.com, gimana sih mba caranya? krn berkali-kali gagal terus registrasi hikss…kalo gk keberatan boleh gk mba sharing caranya. thanks a lot ya mba…

    1. Hai Ita. Saya ngga keberatan berbagi cara ber-taobao, cuma kendalanya untuk dijelasin lewat tulisan spt ini saya kesulitan. Terus terang, buat kami dibantu staf sekolah langsung pun butuh bertemu dan didampingi di depan komputer berkali2 plus mondar mandir ke bank, baru berhasil. Kendala terbesar di bahasa dan sistem banking-nya. Soal translasi, fasilitas auto-translasi Google Chrome plus Bing translator-nya Internet Explorer sering kami padukan tapi ngga selalu ngebantu krn ada tahap2 bertransaksi dan registrasi yang butuh bantuan orang lokal/penutur asli.

      Either way, karena kamu ada di Indonesia saya jg blm tahu apa bank Indonesia diterima. Krn dlm proses registrasi taobao mrk kasih pilihan bank2 apa saja yg terkoneksi–ngga semua bank Cina bisa digunakan untuk online shopping. Misal, bank kami awalnya adalah Bank of China (punya pemerintah), tapi ternyata dpt info BoC ngga bs utk begituan..dpt saran paling bagus adalah China Merchant Bank (CMB)–bank swasta, dan beberapa bank swasta lainnya. Akhirnya kami pilih CMB.

      Kira-kira begitu Ita. Saya ngga bermaksud menciutkan minat dan usaha kamu utk bertaobao, atau ngga mau bantu lho ya.. Hanya, kondisi jarak jauh bikin saya ngga percaya kalo saya mampu bantu kamu.. Mohon maaf yah Ita. Saran saya sih jangan nyerah, terus coba, saya harap kamu ketemu orang yang akhirnya mampu bantu kamu ber-taobao!🙂 Salam kenal dan hangat dari Xi’an.

      1. Hai Meike, thanks infonya! Saya baru tau lho. Langsung cek dan pelajarin proses pesannya, memang praktis banget keliatannya buat yg ada di Indonesia.

        Beberapa catatan saya yg mgkn berguna buat kalian yg sdg cari info cepat adalah:

        1. Buat yg sdg domisili di Cina kurang tepat krn ongkirnya jatuh lebih mahal. Kecuali beli buat langsung dikirim ke teman/saudara di Indonesia, baru deh oke banget!

        2. Produk2 yg dijual terbatas; elektronik (hape, gadget, kindle, dsb) serta barang2 tertentu ngga berlaku utk pembelian dari luar Cina.

    2. Alternatif bertaobao dari luar negeri tanpa pusing mikir dan urus rekening bank di cina dan komunikasinya, ternyata cukup populer orang pakai ‘agen taobao’ yg intinya jasa utk yg mau bertaobao tp ngga tau gmn cara, dan gak mau pusing dgn cara.. jasa ini dipake orang2 baik di dalam cina sendiri (orang asing biasanya), atau di luar cina. Beberapa nama yg disebut orang adalah: Taobaoring.com (ngga kena jasa fee), http://www.taobaomaster.com (kena jasa fee 10%).

      Cek link2 berikut deh:

      http://sinocom.org/archive/index.php/t-26.html
      http://asia.cnet.com/taobao-not-just-for-chinas-shoppers-62220876.htm

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s