Menu Keseharian: Brokoli Tumis

Kami berdua suka menikmati masakan cina. Sementara saya, sebagai full-time chef The Pitkanens, ngga hanya suka makan masakan cina tapi juga suka masaknya..praktis karena umumnya masakan cina itu ringkas, relatif gampang, dan ngga bikin stres saat punya waktu mepet buat masak!πŸ˜‰

Dari sekian menu favorit harian kami, tumis brokoli adalah yang termasuk hampir tiap hari kami makan dirumah. Karena daratan cina itu luas, biasanya tiap jenis masakan punya ciri khas sendiri sesuai lidah lokal. Tumis brokoli ini dasarnya sederhana, hanya kadang beda restoran atau wilayah ada sedikit beda rasa..

Saya belum pernah ke Hongkong (*), tapi dari yang saya pelajari tumis brokoli sana pakai campuran oyster-soy sauce-gula-kaldu ayam bubuk, selain tentu dibubuhi campuran air + tepung jagung yang di Indonesia dikenal sebagai maizena.

Beranjak ke utara cina-provinsi Heilongjiang, tepatnya kota Daqing & Harbin, tumis brokoli yang kami konsumsi dari restoran biasanya lebih simpel sausnya; saya perkirakan hanya garam, gula atau MSG, dan campuran air + tepung jagung (**), ada yang dimasak hangat (tumis) ada juga yang dimasak dingin alias hanya dicampur dengan racikan saus & bumbu tanpa proses tumis di wajan berapi. Masak dingin biasanya ada rasa asam cukanya dengan sedikit saus encer, sementara masak panas tak bercuka.

Dirumah, sejauh ini saya selalu masak tumis, mostly tanpa cuka. Berikut resep kasarnya hasil comot sana-sini, takarannya menyesuaikan selera dan porsi masakan aja..

Bumbu 1:
Bawang putih dan jahe (2:1) di cincang halus.

Bumbu 2:
Air + tepung maizena (4:1 sdt)
Sedikit aja soy sauce/kecap asin (***)
Garam & Gula (****) secukupnya

Tahap 1:
Rebus atau kukus brokoli yang sudah di potong per-floret – gaya cina dipotong diagonal ujung batang floretnya. Setengah matang supaya saat dimakan masih terasa sedikit crunchy..

Tahap 2:
Panaskan wajan (api sedang) hingga permukaan memanas dan agak berasap-tapi jangan sampai mengepul asapnya lho! :p lalu tuang 1-2 sendok makan minyak goreng. Masukkan bumbu 1, aduk cepat beberapa detik. Kecilkan api ke level rendah. Masukkan bumbu 2, aduk cepat beberapa detik-jadi saus. Kalau saus jadi terlalu kental menggumpal artinya perlu tambah air. Masukkan brokoli, aduk cepat beberapa detik hingga brokoli tercampur rata dengan saus. Besarkan api beberapa detik sambil terus aduk – tujuannya untuk kasih rasa agak berasap (JP suka masakan cina yang ada smokey taste-nya). Matikan api. Tuang tumis brokoli ke pinggan. Siap hidang!πŸ™‚

Keterangan:
(*) Isu soal Hongkong masuk wilayah Cina atau non-Cina hingga kini masih jadi perdebatan di diskusi warung kopi baik dengan masyarakat lokal maupun asing yang saya temui. Masyarakat lokal umumnya (tentu saja!) mengklaim Hongkong dan Taiwan adalah Cina. Masyarakat asing umumnya melihat kedua wilayah itu bukan lagi wilayah Cina, selain Xinjiang, Tibet, dan Mongolia.

(**) Pemakaian tepung jagung dalam masakan cina amat dominan, terutama jenis tumisan. Takaran campuran berbeda sesuai selera kekentalan, secara kasar kira 1:4 sendok teh, artinya 1 sdt tepung campur 4 sdt air. Campuran ini bikin masakan bersaus agak kental dan mengundang selera ketimbang saus cair.

(***) Kecap asin dicina berbeda kadar kekentalannya dan keasinannya. Kalau pakai soy sauce yang amat kental & asin cukup beberapa tetes atau sdt saja, kebanyakan akan bikin saus amat asing dan amat gelap hingga ngga menarik lagi.

(****) Garam + Gula bisa menggantikan rasa MSG yang lebih dikenal sbg vetsin/mecin/sasa di Indonesia. Sebagian orang, terutama masyarakat amerika utara dan eropa anti MSG krn beberapa negara melarang penggunaan MSG dgn alasan berbahaya bagi kesehatan. Di Cina, MSG hampir identik dengan masakan. Tak ada larangan dari pemerintah pula. Oleh karena itu sebagian orang mulai berpikir kalau pelarangan MSG itu lebih kental nuansa politisnya ketimbang murni alasan kesehatan. Silahkan tentukan sendiri pendapat & keyakinan anda soal MSGπŸ™‚

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s