Hari Ini Jatah KKC

Pffhh..hari ini lumayan produktif. Karena ‘libur’ dari KKC dan facebook beberapa minggu belakangan ini, hati pun terpanggil untuk mengejar ketertinggalan dan menumpuknya tugas keadministrasian. Siang setelah JP berangkat kerja, saya beberes rumah sedikit dan keluar beli buah sebentar. Malam ini JP kelar kerja lewat dari jam 9 – artinya kami ngga makan malam bareng, senengnya jadi dapat kesempatan untuk lakukan sesuatu buat KKC.

Buat anda yang bertanya-tanya apa itu KKC bisa baca tulisan saya “Pasangan Anda WNA? Mari Ber-KKC..”

So, ide-ide blogging saya kesampingkan dulu hari ini. Pertama saya jalan-jalan dinding KKC. Lihat isu-isu terkini yang hangat. Dari sana, ada ide spontan dari warga, yang juga mantan admin, untuk buka akun twitter KKC. Walau menurut yang bersangkutan idenya sebatas bercanda, tetap “I thank Ivone!”). Tak menunda-nunda, mumpung waktu tersedia, langsung saja akun twitter dibuat dan diumumkan. Hasilnya? Silahkan ikuti KKC di @grup_kakace. Lumayan, beberapa jam setelah publikasi di dinding KKC, sudah di ikuti beberapa follower.

‘Tugas Ronda’, begitu kami tim admin menyebut tugas keadministrasian rutin. Tugas ronda sederhana, tapi cukup makan waktu mengingat fungsi admin di KKC adalah fungsi kesekian dari serentetan peran utama keseharian kami masing-masing. Peran sebagai ibu rumah tangga – kebetulan semua admin sejauh ini perempuan, istri, mahasiswa, guru/dosen, pengusaha, pekerja/karyawan, dan sebagainya.

Tugas ronda kami normalnya meliputi; jalan-jalan mantau dinding/wall, daftar request anggota, merespon apa yang perlu direspon dalam thread diskusi/posting, memproses request keanggotaan, cek/balas email dan pesan fb, ucapan selamat ultah/perkawinan pada warga, bersih-bersih dinding dari posting ngga relevan, editing data, update blog/album, bikin ringkasan thread diskusi kedalam bentuk Dokumen, dan sebagaianya.

Proses request keanggotaan yang masuk sendiri misalnya, cukup makan waktu karena cek-ricek pemohon. Sebut saja; cek profil pemohon, kirim pesan jika tak jelas apakah ia pelaku kapur atau bukan, jika jelas bukan pelaku kapur tapi profilnya ‘meragukan’ perlu diminta konfirmasi awal mengenai alasan bergabung. Atau, ‘add friend’ dahulu jika profilnya super tertutup (full privacy) hingga admin ngga bisa dapat gambaran mengenai pemohon. Atau, jika kirim pesan tak bisa, ‘add friend’ juga tak memungkinkan, terpaksa kami ‘reject’ permintaannya untuk bergabung (Ops, sorry..)

Proses request keanggotaan, per-tadi siang saat saya mulai proses, request keanggotaan yang masuk sudah 125 akun. Hmm..saya mulai dari list terbawah yang artinya lebih dahulu masuk request-nya. Mondar-mandir, ketak-ketik, lirak-lirik, menilik-telisik, ngga terasa habis waktu sekitar 6 jam..disela makan, toilet, dan interupsi rumahan lainnya. Lumayan, setelah itu list fesbukers yang minat nongkrong di KKC berkurang jadi 87 akun.

Setelah ronda hari ini; 125 berkurang jadi 87 requests

Whoahh..leganya..walau belum ada setengahnya paling tidak sebagian besar dari 87 orang itu sudah di kirim pesan konfirmasi atau ‘add friend’. Selanjutnya tinggal tunggu, dalam waktu 3 hari tak ada respon, ‘reject’ adalah langkah yang terpaksa akan diambil.

Begitulah..sedikit potret kegiatan ronda tim admin. Kami lakukan secara bergantian. Kadang harus terhenti cukup lama terbentuk kesibukan masing-masing atau musim liburan. Dinamis,saling isi-bantu-dukung, juga dihiasi berbagai kekocakan dalam diskusi keseharian admin. Ketidaksempurnaan kerja tim tentu ada, tapi sejauh ini semua bisa saling mengisi. Dua kata yang mewakili rasa saya berada diantara dan kerja bareng mereka semua -para super wives/moms- adalah..lucky and grateful!

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s