Pasangan anda WNA? Ber-KKC yuk!

Pernah dengar nama-nama ini? KKC, KKC Cabang OZ/NZ, KKC Cabang Bali, KKC Cabang Skandinavia, Info Kakace, Foto Kakace, KKC Blog, KKC BBM..

KKC atau Komunitas Kawin Campur adalah sebuah grup di Facebook yang saat ini dikelola bersama oleh 14 orang admin. Admin yang tersebar di tanah air maupun luar negeri. Bisa ditebak dari namanya, grup ini berisi informasi dan diskusi seputar dunia kawin campur dan pasangan campuran (selanjutnya disebut ‘kapur’ dan ‘papur’) kebangsaan antara WNI dengan WNA. Jadi keanggotaannya hanya untuk WNI dan WNA yang berpasangan WNI. Lajang atau menikah dengan sesama WNI pun bisa gabung, hanya proses seleksinya sedikit lebih ketat. Seleksi dilakukan buat menghindari berubahnya grup jadi arena diluar isu seputar kawin campur (biro jodoh, pasar/bisnis, arena voting pemilihan, dsb).

Wajah KKC 17 Feb 2012

Sejak dibentuk pada tahun 2008 disebuah kamar kos daerah Kebon Kacang – Jakarta, perkembangan KKC cukup dinamis. Awalnya lambat, tapi setelah 1-2 tahun baru mengalami pertumbuhan anggota pesat. Amat pesat. Saya kira karena beberapa alasan; (1) facebook makin ‘booming‘ saat itu,  (2) masyarakat indonesia umumnya senang bersosialisasi dan berteman seluas mungkin, (3) jumlah pelaku kapur makin tinggi.

Adanya KKC memperpanjang deret organisasi/perkumpulan masyarakat kapur di Indonesia. Bedanya KKC dengan mayoritas perkumpulan kawin campur lainnya adalah; KKC bukan organisasi, tidak berbadan hukum, tidak mengikat. Anggotanya sebagian besar adalah anggota organisasi kawin campuran di Indonesia. Selain itu, menurut salah satu admin yang juga akademisi dan pemerhati perkawinan campuran, Nuning Hallett, KKC juga unik karena anggotanya mayoritas pelaku kapur yang menikah diatas tahun 2000. Berawal dari FB, KKC pun mulai merambah ke media blogging. Inginnya situs sendiri, tapi biarlah menapak sedikit demi sedikit dulu…

KKC ikutan ber-blogging

Sejak pertumbuhannya makin pesat, semangat, nafas, dan tujuan umum KKC menumbuhkan cikal bakal grup turunan yang secara kepengurusan bisa dibilang terpisah – karena tidak berlakunya garis organisasi dalam per-KKC-an. Warga KKC keseluruhan pun menyambut positif lahirnya KKC Cabang NZ/OZ, KKC Cabang Bali, KKC Cabang Skandinavia, hingga KKC BBM. Tiga yang disebut pertama khusus untuk anggota berdomisili atau menikah dengan orang dari wilayah terkait. Sementara KKC BBM adalah khusus untuk pemegang gadget Blackberry.

KKC sendiri awalnya lahir dari keprihatinan terhadap berbagai tantangan dan permasalahan keseharian yang saya hadapi sebagai pelaku kapur. Detilnya akan saya ceritakan terpisah dari tulisan ini, kapan-kapan🙂 Dari rasa frustrasi dan iseng berubah jadi grup yang cukup ramai dan hidup. Semua terjadi sudah tentu karena kontribusi dan partisipasi seluruh warganya yang hari ini berjumlah 3117 anggota (update: 3470 per-7 Juli 2012). Warga yang luar biasa aktif serta senang berbagi info dan pengalaman. Warga yang berharap tercipta kondisi kondusif di tanah air bagi kehidupan keluarga campuran yang lebih baik, yang diperlakukan lebih adil oleh masyarakat maupun negara.

Dengan semangat egaliter dan saling menghargai, dengan rendah hati saya ingin sampaikan terimakasih pada seluruh “KKC-ers” (istilah yang salah, saya tahu :p tapi cukup populer untuk penggunaan praktis). KKC-ers yang tak mungkin disebut satu-persatu namanya disini. Termasuk diantaranya kawan-kawan berikut: Amaliah Barber, Ana EP Kiwitter, Anggi Barneveld-Van Riezen, Conny Raimon, Dyah Narang-Huth, Fitria Chapman, Ivone Whie, Linar Peronnard, Nitta Meraj-Mohd, Nuning Hallett, Reizendez Madchen, Ruth Murphy, Ruth Stewart, Sylvie Kurnia Butt, Wuwun Wiati, Yuanita Amarien, dan Agustina Duranona, sebagai administrator/pengelola grup (beberapa diantaranya eks.admin) yang sudah kerja bersama menghidup-ramaikan fenomena ber-KKC!😀

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s