Perpustakaan Umum Xi’an: Lirikan Pertama Saya Jatuh Pada Buku.. (1/2)

Terutama buat anda pecinta buku dan penikmat perpustakaan, pernah ngga merasa pingin banget ke perpustakaan dan tenggelam dalam lautan pengetahuan tapi waktu yang tersedia amat terbatas? Terbatasnya waktu bikin anda bingung mau pilih buku apa yang ‘harus’ dibaca duluan. Kalau pernah, pasti anda bisa bayangkan perasaan saya di kunjungan pertama ke perpustakaan kota ini kemarin (Sabtu, April 14, 2012).

Baik yang belum atau pernah ngalami hal seperti itu, tulisan saya sebelumnya (Perpustakaan Umum Provinsi-Xi’an: Beberapa Jam Di Surga Buku, dan Cerita Buku, Perpustakaan, Dan Saya) barangkali bisa kasih gambaran lebih baik kenapa saya ngotot dan terdorong adrenalin penuh untuk segera bawa diri ke perpustakaan ;D

Jadi dengan jatah waktu sekitar 2 jam saya gunakan untuk cek rak dan koleksi buku mereka. Dalam ruang berukuran sekitar 20m x 20m itu terdapat lebih dari 10 deret rak buku berukuran PLT sekitar 2m x 50cm x 140cm yang punya 2 sisi pajang buku. Tapi, tiap rak itu juga di ikuti deretan sekurangnya 2 rak serupa hanya bertinggi 2 kali lipat. Kebayang kan kira-kira berapa banyak koleksinya? Not bad at all! Lain kali saya coba tanyakan berapa jumlah persis koleksi buku asing mereka ke staf.

Setelah cek tema rak dan koleksi judul yang ada, saya tanya diri sendiri berapa buku yang realistis bisa saya bawa ke meja dan cek. Berpikir yang saya bisa lakukan adalah teknik baca (atau sebagian orang pilih sebut ‘strategi baca’) scanning dan skimming ketimbang deep reading, maka saya berani jatahi 5 buku. Melalui proses timbang cepat, pilihan pun jatuh ke judul buku/novel berikut:

Hasil scanning/skimming berlanjut di bagian kedua tulisan ini..

 

Comment

