“20 Hari 104 Kata” (Bulan 1)

Buku saku yang saya gunakan: Seri hewan dan sayur-buah.

Baiklah, setelah posting sebelumnya beberapa menit lalu, “Wake Up Ms. Procrastinator!”, tulisan ini menyusul sebagai bagian dari proses pencapaian target perdana saya belajar bahasa mandarin. Harapannya sih dengan nulis dan berbagi disini motivasi saya bisa terus terjaga tiap harinya. Paling ngga ada rasa malu yang siap mengintai kalo-kalo saya mulai diserang rasa malas! Sekalipun blog saya masih sepi dari pembaca, hehe..

Oke, proses pencapaian target terhitung mulai hari ini, 16 Juli 2012 – 16 Agustus 2012. Saya tandai ini sebagai bulan 1. Tiap harinya posting ini harus saya update. Waktu update adalah menjelang tidur, tujuannya saat updating itu sekaligus jadi sarana ‘ujian’ harian, karena saya harus tulis update tanpa melihat buku. Tapi, tetap sebelum posting akan saya cek akurasinya–untuk tujuan akhir penulisan. Kita lihat gimana konsistensi saya nanti ;D  *duh sanggup ngga yah?!-rolling eyes*

Catatan tone: Karena keyboard PC saya ngga ber-karakter mandarin jadi saya ngga bisa ketik huruf sesuai tone yang tepat. Sebagai gantinya akan saya tulis tone di akhir fase kata dalam berupa angka. Tone 1, 2, 3, atau 4.

H-1: Senin, 16 Juli 2012

Hewan: Panda (Da4 Xiong2 Mao1), Elephant (Da4 Xiang4), Tiger (Lao3 Hu3), Lion (Shi1 zi1), Leopard (Bao4).

Buah/Sayuran: Banana (Xiang1 Jiao1), Grapes (Pu2 Tao2), Strawberry (Cao3 Mei2), Apple (Ping2 Guo3), Pear (Li2), Watermelon (Xi1 Gua1).

Catatan kesalahan – kata-kata diatas sudah terkoreksi: (1) tone Xiong (panda), (2) tone Pu dan Tao (grapes), (3) tone Ping dan Guo (Apple), (4) tone Li (pear). Not so bad, 4 words error out of 10😀 Yay!

H-2: Selasa, 17 Juli 2012

Hewan: Koala (Kao3 La1), Giraffe (Chang2 Jing3 Lu4), Zebra (Ban1 Ma3), Bear (Xiong2), Hippopotamus (He2 Ma3)

Buah/Sayuran: Pineapple (Bo1 Luo2), Peach (Tao2 Zi1), Orange (Cheng2 Zi1), Lemon (Ning2 Meng2), Cherry (Ying1 Tao2), Papaya (Mu4 Gua1)

Catatan kesalahan  – kata-kata diatas sudah terkoreksi: (1) ejaan Chang pada Giraffe; Cheng2–> mustinya Chang2.

Catatan umum: Saya lousy hari ini. Seharian ngga ngehafal, sebabnya lupa kalo punya program. Lupanya sih karena banyak yang dikerjain hari ini; terutama bebersih dan nata ulang interior rumah yang udah ngebosenin dan berantakan setelah beberapa hari kebawa males untuk bebersih. Baru inget sore hari tapi udah harus kebentur masak dan ajak jalan & pup Lila. Akhirnya   semalaman digeber sambil kekantuk2 :p Jadi kepikir soal ‘ujian akhir’. Muncul ide untuk bikin form ujian pake google doc, untuk dikerjain di hari ke-20. Wah makin semangat! Gak nyangka belajar di ‘sekolah sendiri’ ternyata bisa mengasyikkan gini yah!😀

H-3: Rabu, 18 Juli 2012

Hewan: …

Buah/Sayuran: …

Catatan kesalahan – kata-kata diatas sudah terkoreksi: …

Comment

