“Wake up, Ms. Procrastinator!”

Pagi ini seneng banget rasanya, seperti dapat suntikan energi baru! Bangun tidur tadi saya masih bisa malas-malasan, ngulet sana sini, pup-walk si Lila (puppy kami) jadi bagian hubby karena hari ini jadwal kerja dia siang, plus fakta semalam saya tidur dini hari jadi pemberat buat langsung bangun… :p

Tapi bukan itu yang bikin saya tersuntik energi besar. Ceritanya gini.. Saat males-malesan itu saya paksain tangan ngeraih pocket book kosakata mandarin yang saya beli 2 bulan lalu. Buku saku itu beneran kecil tapi saya suka karena bergambar, berwarna, dan praktis dibawa kemana-mana. Kelihatannya sih buku saku itu seri belajar bahasa inggris untuk anak-anak lokal, the heck! kalo berguna dan efektif buat saya napa ngga? ;D

Sambil nimang-nimang kedua ‘buku’ yang ditangan itu, saya mikir (duh kebanyakan mikirnya kan?), “perlu ditargetin ngga ya?”..berkelebat kilas balik ke jaman SMA dulu saat saya rajin menghapal kosakata Inggeris lebih dari 10 kata per-hari, it worked well and I got so much benefit from it now. Akhirnya spontan saya pasang komitmen 10 kata aja per-hari. 5 kata seri hewan, 5 lainnya seri buah dan sayur. Mulai deh tuh saya buka halaman pertama seri hewan. Metode saya simpel dan alami aja. Repetition and visualization.

 

Ini dia buku saku yang saya pake: Seukuran telapak tangan aja tapi berguna🙂

 

Untuk repetition (pengulangan), tiap kata saya ulang-ulang baca (bersuara) dengan 3 tahap. Tiap tahap minimal 10 kali pengulangan–tergantung tingkat kesulitan. Tahapnya sendiri adalah;

(1) Baca bersuara kata mandarinnya sambil mata terus berganti liat ke (terutama) kata mandarin dan gambarnya. Sesekali lirik ke tulisan tradisional (kanji) plus Inggerisnya. Setelah kata mandarinnya mulai seperti ‘tercetak’ di pikiran, lanjut ke tahap…

(2) Mengulang-ulang kata mandarinnya dengan mata hanya tertuju ke gambar. Saya sih merasa perlu tutupi kata Mandarin dan Inggerisnya, hanya sesekali musti ngelirik sedikit saat kepentok lupa tone apa yang dipake, atau ragu ejaannya seperti apa. Just so it’s there when you need it. 

(3) Akhirnya, mengulang-ulang kata tersebut dengan suara, dengan buku tertutup. Berulang-ulang sampai mulut capek. Dengan perhatian serius ke nada pengucapan (tone), kalo ngga mau tersesat nantinya. Karena seperti anda mungkin tahu, dalam bahasa mandarin beda tone kan bisa beda arti :p

Ketiga tahapan itu terus diulang-ulang selama dibutuhkan. Patokan saya sih  sampai tiap kata betul-betul tercetak jelas di pikiran. Coba bayangin seperti ngukir tulisan di atas batu. Sekali terukir, sulit buat terkikis atau hilang. Selain itu tentu sampai..mulut saya mulai pegal, hahaha..

Sementara untuk visualization (penggambaran), pada dasarnya saya lakukan disana sini selama proses mengulang dan ‘mengukir’ tersebut. Berjalan pararel, ataupun terpisah jadi tahap sendiri dimana saya tutup buku, pejam mata, tutup mulut, dan nampilin kembali kata mandarin lengkap dengan tone-nya dan gambar dalam ruang hebat bernama ‘otak’.

So, seri hewan saya lewati dengan lancar, mudah. Tiap selesai dan merasa mantap dengan satu kata, tiap itu pula rasanya energi positif makin terbangun! Akhirnya dalam hanya 30 menitan leyeh-leyeh di tempat tidur sambil pegang buku saku, saya berhasil menanam 10 kata untuk sepanjang hari ini! Artinya 10 kata itu akan terus saya ulang sepanjang hari. Tanpa butuh alat, hanya butuh kesiapan otak saya dan kemauan. Dilakukan kapan aja..sambil bersih-bersih, sambil nyiapin makan, sambil ajak jalan Lila, dan lainnya. Komitemen saya, minimal 3 kali sesi pengulangan perhari. Pagi saat menanam kata, siang–saat aktifitas keseharian mulai mengisi pikiran, dan malam sebelum tidur–saat otak mulai bersiap istirahat. Itu ketiga sesi terpenting buat saya untuk menguatkan ‘ukiran’ dikepala.

Luar biasa ngerasain gimana spirit dan gairah belajar yang selama ini saya rindukan dan cari ternyata muncul lagi..dan amat hidup. Tanpa ruang kelas, tanpa guru/dosen, seperti yang selama ini saya impikan dan coba buru–walau (sedihnya) kelihatan makin menjauh. Spirit dan gairah tersebut tumbuh hanya dalam 30 menitan, hanya butuh satu pemicu: tangan bergerak meraih buku tanpa mikir panjang dan timbang-timbang. Untuk kesekian kalinya saya masih aja tercengang sama kebenaran pepatah “Motion changes emotion”. Can’t be truer than that!

Itulah cerita semangat pagi ini yang ngga sabar pingin saya bagi. Ngga hanya karena semangat itu, tapi juga karena saya udah terlalu lama ninggalin blogging. Tulisan terakhir disini adalah bulan Mei lalu😦 itupun hanya 1 topik. Saat itu karena kami berdua sibuk wara-wiri nemani ibu dari Kanada yang berlibur 3 minggu dikota ini.

Motivasi besar untuk nulis pagi ini mungkin juga dipengaruhi perasaan bersalah sama diri sendiri. Bersalah karena udah begitu banyak hal yang saya terus tunda.. yang akhirnya bikin saya justru sering kehilangan enerji. Kehilangan enerji karena banyak ide dan target yang tertelantarkan bahkan mati sia-sia. Bahkan, seringkali ide bagus sudah keburu direalisasikan orang lain yang bergerak lebih cepat. Lousy me, the queen of procrastination!😀

Tapi pagi ini..efek menunda-nunda sudah bikin saya terbangun!😀 Hasilnya adalah komitmen untuk menuhin target kosakata mandarin: 104 kata dalam 20 hari (satu buku saku itu ada 52 kata). Begitu kedua seri tersebut selesai, akan beli 2 seri lainnya. Target besar pertama adalah untuk nguasai 312 kata selama total 3 bulan (berturut-turut maupun lompat bulan).

Bayangan akhirnya, akan cukup memuaskan kalau dalam setahun kedepan saya berhasil ‘ngukir’ 1248 kata! Lagi-lagi, tanpa ruang kelas, (hampir) tanpa biaya, dan tanpa guru/dosen. Itu semua belum kesebut berbagai keuntungan langsung dari hidup menetap di lingkungan penutur asli; teman dan tetangga etnis cina, tayangan tivi dan siaran radio berbahasa cina, praktek hidup sehari-hari berhubungan dengan orang lokal, dan sebagainya. Cuma butuh kesiapan hati dan pikiran, kemauan, dan berhenti menunda!😉

Gimana dengan anda.. punya pengalaman, tips dan trik seputar belajar bahasa mandarin atau bahasa asing lainnya? :) 

Comment

