Salah parkir di tilang? Disini betulan ada lho!

031220126387
Lihat tiket tilang resmi di kaca sedan hitam ini! 

 

Kemarin sore setelah jemput tiket konser musik Chinese Western Dialog 2013 di Xian Concert Hall, saya nunggu taksi sekitar 100 meter dari box-office XCH. Kalau lenggang sih saya pilih naik bis aja, tapi saya pilih pake taksi karena segudang alasan: (1) Jam orang bubar kerja otomatis bis padat sepadat-padatnya sampe koin aja ngga bisa jatuh ke lantai, (2) Musti jalan dulu sekitar 1 kilo untuk sampe ke halte bis tujuan, (3) Lagi bawa belanjaan lumayan berat, (4) Ngga pingin juga jatuh pingsan sendirian di bis.

Soal padatnya penumpang dan saya pingsan di bis bukan di lebih-lebihin lho, itu pengalaman langsung :p Penyakit nyebelin saya itu; berdiri terlalu lama di bis/kereta yang padatnya luar biasa dengan aneka aroma penumpang , 80% bisa bikin saya semaput. Kalo ditambah kondisi perut kosong plus bawa belanjaan berat? Ramalan jadi naik status, 99% saya bisa pingsan. Penyakit yang murah meriah tapi cukup ngerepotin!

Anyway,  saat nunggu taksi di kawasan terbilang elit itu -kawasan wisata-budaya-seni yang luas dan modern berlokasi di seputar Wild Goose Pagoda, saya lihat mobil polisi tiba-tiba berhenti dan parkir sekitar 10 meter dari tempat saya diri. Dua polisi berseragam plus rompi hijau terang keluar, dan jalan mundur sekitar 50 meter ke belakang mobil.

Mereka jalan berdampingan, ngga terpencar jauh. Satunya kelihat ngga putus menulis sesuatu di atas buku kecil ditangannya, satunya lagi yang kelihat lebih muda sibuk jeprat-jepret kamera ke tiap pelat nomor mobil yang parkir di hampir sepanjang jalan area itu. Awalnya saya ngga terlalu perhatikan mereka. Tapi karena jeprat jepret kamera itu jadi ‘ngeh juga kalo ternyata mereka sedang…menilang mobil-mobil mewah itu!

Wow! Pemandangan indah bagi saya. Di Jakarta atau Indonesia umumnya? Jangan-jangan polisinya sudah keder duluan lihat mewahnya mobil. Lebih ‘profitable‘ di ajak damai, mungkin. Saya nikmati proses mereka menilang…sigap, cepat, dan tentu mirip dengan proses tilang di negara maju yang suka saya lihat di film Hollywood.

Mungkin kedengar aneh, kenapa juga saya nikmati hal kayak gitu? Ngga tau deh. Mungkin karena saya ngga pernah sekalipun liat proses tilang (karena parkir liar) yang semestinya selama di tanah air – sepanjang 30-an tahun tumbuh dan hidup disana. Yang saya lihat, dengar, dan alami hanya ’tilang dan damai’. Mixed feeling betul saat nyaksikan kedua polisi itu, antara senang dengan sesuatu yang pada tempatnya, dan sedih saat pikiran melayang ke tanah air. Berharap mungkin sudah banyak perubahan disana saat ini…

 

031220126389
Semua mobil dari ujung selatan hingga utara yang parkir di area ‘no parking’ itu ditempeli tiket tanpa kecuali – yang rata-rata mobil mewah pula.

Comment

