Belanja Online dan Fenomena Kurir Gelaran di Cina

Image

Belanja online di Cina luar biasa trending! Tiap orang lokal yang saya kenal, pasti paling tidak pernah belanja online, sebagian malah mengaku hampir ngga pernah belanja di toko atau mall, kecuali belanja sayuran atau kebutuhan konsumsi bulanan di supermarket.

Dalam keseharian, sampai kini saya masih sering terperangah sama fenomena jasa dan cara kerja kurir di sini – yang menurut saya sangat menarik! Gimana ngga menarik, di Indonesia saya ngga ingat pernah liat gedung-gedung perkantoran ada petugas kurir pake motor dsj parkir di depan gedung, lalu gelar paket-paket hantarannya di pelataran, dan dikitarin para pemesan barang online yang kerja di gedung tersebut.

Jadi, petugas kurir (China Post maupun Perusahaan kurir swasta Cina) cukup gelaran, siap dengan berbagai form yg harus ditandatangi pembeli, dan punya alat elektronik (device) macam mesin penggesek kartu ATM di supermarket gitu untuk keperluan tracking kerja dia, kelar deh.. bisa keliling ke alamat-alamat lainnya.

Ngga hanya itu, jumlah pekerja kurir ini bikin saya terperangah. Saat di jalan, ke mana aja mata memandang jalan, ngga pernah absen kendaraan petugas kurir berlalu lalang (kebanyakan sepeda motor, atau sepeda listrik), dengan beragam seragam perusahaan dan besar-kecil muatan. Itu bukti lapangan kalo frekuensi dan trend belanja online di Cina tinggi banget, dan pastinya menguntungkan banyak pihak. Bayangkan saat semilyar lebih manusia yang mayoritas ada di kota-kota besar belanja online tiap bulan.. berapa besar putaran uang dalam negeri hanya dari aktifitas belanja online??😀

190620138112

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s