Solusi ber-taobao dari luar Cina

taobaomaster

Belanja lewat Taobao makin fenomenal, karena pasar nya sudah meluas ke luar wilayah Cina. Kenapa taobao menarik, tiap pengguna boleh jadi punya alasan khusus sendiri. Yang jelas, secara umum belanja di taobao nyaman, (relatif) aman terutama saat kita perhatikan ketentuan dan tips dalam memilih pedagang/toko yang baik, praktis, dan menghemat waktu.

Soal kepraktisan sebetulnya amat relatif. Bagi penduduk lokal Cina, atau orang asing yang kemampuan bahasa dan karakter mandarin-nya cakap, tentu ber-taobao sendiri ngga soal. Tapi bagi orang asing di Cina yang tidak menguasai karakter bahasa Cina (tradisional/kanji) yang layak, saya bisa bilang: ber-taobao = frustrasi, atau, ber-taobao = ketergantungan pada teman/staf lokal.

Ngga satu pun dari dua itu nyaman untuk di telan. Terlebih, saat ‘di tolong’, atau ‘di bantu’ dalam kultur umum masyarakat sini berarti: ‘hutang bantuan’ yang musti siap di tagih kapan mereka butuh. Semakin banyak di tolong, artinya semakin banyak ‘hutang’ kita. Untungnya, saya punya segelintir teman baik (penduduk lokal) yang tulus dalam membantu. Mereka siap menolong kapan saja semata demi pertemanan baik. Uniknya, mereka ini adalah orang-orang yang termasuk sering berinteraksi dengan orang asing, mungkin karena itulah mereka cenderung berusaha untuk memandang pertemanan lewat kacamata orang asing juga. Tapi tetap saja, kalo harus bergantung diri ke mereka terus tiap kali butuh sesuatu dari taobao ya ngga oke dong!

Syukurlah sekarang sudah ada yang namanya ‘agen taobao’. Agen-agen ini menjembatani pedagang/toko taobao dengan calon konsumen yang tidak bisa ber-taobao karena beragam alasan. Bisa karena berdomisili di luar Cina, atau di dalam Cina tapi ngga punya kemampuan ber-bahasa Cina yang cukup.

Saya ketemu info soal agen taobao ini karena berusaha cari info untuk merespon salah satu pengunjung tulisan saya Pusingnya Ber-online Banking di Cina.

Ada beberapa agen taobao yang siap membantu siapa saja baik di dalam maupun luar Cina untuk belanja lewat taobao, saya belum pernah coba satupun karena masih punya akun taobao – walau ngga pernah di pakai lagi setahun lebih belakangan karena lupa password-nya. Niatnya minggu depan mau di coba…kalau memang lebih nyaman dan praktis pake jasa agen taobao ya saya dan suami mungkin lebih pilih jasa agen taobao ini daripada ber-taobao sendiri dengan penuh kepusingan translate ini itu, copy paste ini itu, error ini itu, dan berbagai kepusingan khas hidup di Cina lainnya.

By the way, ini dia beberapa agen taobao yang saya mau coba nanti. Hasil intip dan coba pakai jasa mereka gimana nanti saya buatkan tulisannya..🙂

1. http://www.taobaoring.com

2. http://www.taobaomaster.com

taobaoring

36 thoughts on “Solusi ber-taobao dari luar Cina

  1. Hello sist, ane mau order nih ditaobao tapi ane masih bingung. Tulisannya china dan masih banyak yang mau ditanyain. Kalo boleh minta email sista
    terimakasih banyak

    1. Hai maurine, boleh. Maaf ini saya baru cek lagi krn baru selesai liburan. Barusan sudah saya balas emailnya. Semoga belum terlambat yah..

  2. Dear mba, bisa minta tolong order dari taobao gak? aku coba tanya agen taobao2 disni, kebanyakan bwt supplier, kelas berat yang min ordernya 100rmb per seller, aku sih cuma order sedikit2 aja, barang yg aku order renda. buat DIY. please help me. ^^ nti bayarnya aku kirim ke rek mba di Indonesia.
    terima kasih

    kalo bisa tlong dibalas, lewat email aja ya. (kttazure86 [at] gmail.com

    1. hi lili, iya pd dasarnya bertaobao mensyaratkan: alamat kirim dan telepon di cina + rekening bank cina yg jd partner taobao. Paling tidak hingga saat saya menulis ini masih spt itu kondisinya. Tp sbg info buat warga indonesia nanti saya coba tulis artikel step-by-step ber-transaksi lwt taobao deh ya..🙂

  3. Sis, bagaimana, apakah sudah coba pakai jasa taobaoring atau taobaomaster?
    Saya juga lagi cari forwarder dengan harga yang cukup murah, namun bisa dipercaya, lebih lagi bisa diajak diskusi soal barang yang kita pilih.
    Tolong infonya ya ^^

    1. Hello Indah, kebetulan sebelum kesempatan nyoba kedua forwarder itu saya dpt guidance dari tetangga yg baik banget utk bs ber-taobao sendiri. Mrk (suami istri) ajari saya step by step langkah order-nya..akhirnya sdh 2 minggu belakangan ini saya belanja taobao utk barang2 rumah kami dgn lancar (pfhh akhirnya!).

      Dpt kabar, selain berkattaobao.com (forwarder taobao utk pasar indonesia), ada lagi yg lain, saya lupa namanya, kalo gak salah ingat.. agenttaobao.com, or something like that. Coba deh di google buat pastinya.

      Kalau kesulitan cari forwarder yg harganya cocok, saya bs bantu order dari sini tanpa fee apa2 selain ongkir ke indo aja, tp mgkn tanpa jasa tukar/pengembalian barang yah, bukan apa2 ribeeet urusannya dan panjang proses bolak balik kirimnya nanti dari indo ke sini dan sebaliknya. Ini sih bantuin aja..😀

      1. Saya baru saja mencoba kirim order ke taobaomaster, Sis.
        Awalnya mau test doang, tapi kok ya, setelah submit order, mikir-mikir lagi, kok banyak juga yang di-order. Celaka dua puluh nih kalau scam.
        #paitpaitpaitpait

        Boleh juga tawarannya, Sis.
        Tapi mengutip tulisan Sis, nggak enak berhutang budi pada orang lain, mungkin lebih baik kita ber’simbiosis mutualisme’ saja, Sis.
        (dikira jamur kerak kali)
        Hitung-hitung, menambah uang dapur. He..he..he..

        Atau saya jauuuuuhh berterima kasih, jika Sis berkenan menuliskan cara-cara bertransaksi di taobao untuk kami semua, terlebih yang berada di Indonesia ini.

        Oh ya, Sis.
        Sekedar info, untuk taobaomaster, kita tidak bisa order untuk item-item yang berada di T-Mall.

        1. Kalo kubilang sih gak perlu kuatir sm taobaomaster dsj, mrk keliat kok udah profesional (dari situs dan bidikan pangsa pasarnya), dagang kan modal dan taruhannya ‘trust’ dr (calon) konsumen ya, kecil sekali kemungkinan mrk bakal tipu2..krn sekali tipu ya berita mulut ke mulut antar konsumen cepat sekali nyebar.. :p

          Cara2 bertransaksi taobao, kalo saya tulis buat pembaca di luar cina kok kayaknya percuma ya, krn taobao kan memang ditutup tuh buat pasar di luar daratan cina kecuali hongkong taiwan dan singapur. Artinya, misal dari Indonesia ya ngga bs bertransaksi di taobao, kecuali punya bank account Cina juga alamat kirim barang di Cina. Setahu saya per-hari ini mrk ngga layani pengiriman ke LN. (Koreksi saya kalau keliru atau ada perubahan layanan). However, nanti saat sempat saya usahakan bikin tulisan itu deh, biar pasar di Indo punya gambaran gimana kira2 prosesnya.. makasih buat masukannya ya.

          Ohya soal hutang budi, hehehe.. all i can say is kalo buat saya pribadi term ‘nolongin’ itu ya murni nolong, bukan utk kemudian di tagih, ungkit2, apalagi dimanfaatin utk penagih ‘hutang’ ;D Tapiii, kalo kamu lbh nyaman ber-simbiosis (term bisnis), hayuuu banget, saya ya seneng aja jd dpt tambahan uang saku, hehe.. kapan di mau silahkan kontak yaaah🙂 Cuma modal saya bukan di kapital dan legalitas, tapi saling tanam dan pelihara kepercayaan yg mahal harganya itu. To let you know, saat ini saya lg jajakin kemungkinan buka agen taobao jg.. nanti saya kabari ya kalo jadi dan launch situsnya.

          Btw, makasih banyak nih info nya soal Taobaomaster dan T-Mall. Kalo lewat taobao langsung otomatis kehubung ke T-Mall, jd saat pilih produk dari T-Mall proses bayarnya kehubung sm proses bayar taobao..juga shipping track-nya. Mgkn nanti kalo lg naksir produk2 dari TMall dgn senang hati saya bersedia bersimbiosis mutualisma (suka deh sm istilahnya,jg inget jaman sekolah dulu, hehe..).. Salam hangat dari Xian!

            1. Hello vie. Ikutan apanya niiih?😀 kalau maksudnya cara2 bertaobao, nanti saya posting langsung disini saja ya. Kalau pingin belanja di taobao dan nyoba jasa saya boleh cek di ‘www.facebook.com/pernakpernikcina.

              Salam hangat.

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s