Beli ebook online, kemenangan harian berikutnya!

Hidup di Cina dengan kemampuan bahasa mandarin super terbatas – apalagi bisa dibilang ngga bisa baca tulis karakter Cina, hal sekecil belanja online bisa jadi sumber frustrasi dan stress saat itu jadi pilihan terbaik yang ada, sekaligus jadi ‘kemenangan’ luar biasa saat berhasil ber-transaksi. Buat yang belum pernah hidup di Cina dengan kondisi bahasa seperti itu, saya yakin sulit deh bayangin maksud saya. Soalnya tiap ngalamin berbagai ‘kebuntuan’ di sini ngga jarang batin saya bilang, ‘mustinya ngga gini-gini amat deh!’, atau, ‘dimana-mana ngga serumit ini!’, dan sebagainya..

Sebelum lakukan pembayaran, kalo 'download'-nya di klik, maka kita di giring ke tahap 'pembelian/pembayaran' dulu... belum bisa donlot langsung.
Sebelum lakukan pembayaran, kalo ‘download’-nya di klik, maka kita di giring ke tahap ‘pembelian/pembayaran’ dulu… belum bisa donlot langsung.

Sudah berapa bulan belakangan saya ngincer satu buku yang direkomendasikan teman di Perancis. Buku itu penting buat di baca terutama terkait sama penulisan buku yang sedang kami kerjain bareng beberapa teman admin lain di sebuah grup facebook. Kedengaranya simple; beli buku online. Hari gini, siapa sih yang ngga bisa beli buku online saat di toko buku ngga bisa ditemuin? Oh well, di negara lain mungkin iya gampang, tapi ini Cina pak/bu, beda! Banyak bedanya sama di luar. Terutama kalo udah menyangkut urusan sistem perbankan, belanja online, pelayanan umum, dan tentu aja bahasa.

Saya dan suami sudah 6 tahun belakangan nyoba untuk ngga berurusan sama kartu kredit. Bukan karena kami sama-sama pernah kecewa sama urusan kartu kredit tapi pada dasarnya karena sistem perbankan dan sistem moneter dunia makin hari kami ketahui adalah sumber berbagai masalah masyarakat dunia… Jadi, kesulitan dan kendala belanja online adalah salah satu harga yang harus kami telan dan bayar dari pilihan sikap tersebut.

Karena akumulasi frustrasi, akhirnya kami coba sedikit fleksibel dengan sistem, untuk kasih sedikit kemudahan hidup; mulai coba buka akun Paypal Cina. Karena kendala bahasa dan proses juga (ceritanya panjang lah!) akhirnya saya buka Paypal lain di Indonesia dengan bantuan salah satu keponakan. Akhirnya punya 2 akun Paypal.

Dengan Paypal yang ada itu akhirnya saya bikin percobaan pertama beli buku yang direkomendasikan itu lewat internet. Karena harga buku lebih mahal ketimbang ebook, belum ditambah proses kirim-mengirim yang bisa makan waktu total 1/5 bulan (kalo mau pakai paket biasa demi nekan harga), akhirnya saya putusin beli ebook aja, kalo pembayaran sukses kan tinggal donlot cuma butuh beberapa detik, dan bisa baca langsung bukunya. Habis muter nyari di internet, ketemulah toko ebook yang keliatan meyakinkan; ebookscentral.com

Begitu pembayaran lewat paypal Cina sukses, baru deh keluar halaman siap download kayak gini. Dalam hitungan detik format PDF buku incaran saya sudah masuk komputer. Yay!
Begitu pembayaran lewat paypal Cina sukses, baru deh keluar halaman siap download kayak gini. Dalam hitungan detik format PDF buku incaran saya sudah masuk komputer. Yay!

Nyoba berkali-kali bayar online pake paypal Cina saya selalu mentok. Klasik, mentoknya di bagian pembayaran, katanya saya musti install sesuatu dulu.. akhirnya kemarin malam dapat bantuan dari tetangga kami yang baik hati (Ashley dan Fufu sang suami), berhasil juga saya dapatin itu ebook-nya Romano Dugan “Intercultural Marriage: Promises and Pitfalls”.

Dengan 5 dolar saya bisa donlot 5 ebook. OMG, hati dan kepala saya melayang tinggi ke langit begitu liat sebaris kata, “pembayaran/transaksi sukses dilakukan!”. Begitu buku yang saya incar itu ter-donlot dengan lancar dalam hitungan detik, walahhhh lebih ngga terucap kata-kata lagi rasanya!! Bagi saya, itu kemenangan tertinggi berikutnya dalam mengisi hari-hari di Cina. Kemenangan harian semacam itu saya dapati ngebantu banget untuk bertahan di hari-hari panjang kami di negeri seribu kontrol ini..

One thought on “Beli ebook online, kemenangan harian berikutnya!

Comment

