Dukungan untuk dwi kewarganegaraan bagi WNI

Beberapa hari lagi kongres Diaspora Indonesia II dilangsungkan. Kongres yang akan berlangsung 18-20 Agustus 2013 mendatang mengambil tema “Pulang Kampung!”. Bertempat di Jakarta, kongres yang diselenggarakan oleh Congress of Indonesian Diaspora (CID) ini bakal mengusung salah satunya agenda dwikewarganegaraan (terbatas) bagi diapora Indonesia. Untuk tahu lebih lanjut apa itu diaspora Indonesia dan apa kegiatan-kegiatannya, coba cek di situs ini.

Sementara, isu dwikewarganegaraan itu sendiri selama beberapa tahun belakangan aktif dimotori dan digerakkan oleh sekelompok WNI dan eks WNI tersebar di tanah air maupun negeri perantauan. Mereka tergabung dalam tim yang menamakan diri tim Petisi Dwi Kewarganegaraan atau populer di sebut tim PDK. Info lanjut lihat di sini.

Sebagai bagian dari diaspora Indonesia, saya dan suami mendukung konsep dwi kewarganegaraan terbatas yang di usung oleh teman-teman online di tim PDK. Dukungan itu atas berbagai pertimbangan praktis dan filosofis. Kami percaya dukungan bukanlah dukungan kalau hanya sebatas ucapan di mulut. Dukungan juga bisa dalam berbagai bentuk, sesuai dengan kemampuan tiap pendukung. Ngga ada dukungan berarti atau ngga berarti, semua dukungan nyata itu bersinergis.

Perjuangan pemberlakuan dwi kewarganegaraan di Indonesia jelas masih luar biasa besar tantangannya. Bukan hanya dari sebagian kalangan di tubuh lembaga negara (obviously), tapi juga dari kalangan akar rumput – karena kekurangpahaman soal dwi kewarganegaraan atau murni karena perspektif berbeda tentang kebangsaan dan nasionalisme.

However, selalu ada dua sisi untuk tiap perjuangan; mendukung dan menolak. Bagi kami dukungan nyata yang kami mampu saat ini adalah lewat lagu dan video. Singkatnya, akhir Juli lalu jadi juga sebuah lagu persembahan kami untuk perjuangan berlakunya dwi kewarganegaraan bagi WNI/diaspora Indonesia. Lirik lagu oleh saya, musik dan vokal oleh suami – kebetulan dia musisi walau semi profesional.

Silahkan lihat dan nikmati persembahan kami “Rengkuhlah Kami” di Youtube. Salam dwi kewarganegaraan!

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s