Panduan dan langkah belanja lewat Taobao (part 1)

Tulisan berjudul diatas akan saya buat secara berseri supaya lebih mudah dan jelas di baca. Isinya adalah rangkuman info dan screenshot langkah ber-transaksi di Taobao. Kalau anda di luar Cina dan sekedar pingin tahu prosesnya, berarti tulisan ini buat anda!😉 Kalau anda (orang asing) di dalam Cina dan pingin dapat insight seputar ber-Taobao sebelum memutuskan buka akun sendiri, semoga tulisan ini cukup membantu dapat gambaran sedikit lebih jelas😀 Kalau kurang jelas juga, silahkan tanyakan ke teman/rekan kerja anda yang orang lokal dan mengerti bahasanya langsung, hehe.. ;D

PERSIAPAN AWAL

Rangkaian proses untuk bisa ber-taobao diawali oleh (1) Buka rekening bank domestik Cina dan aktifkan fasilitas online banking rekening anda. Kemudian (2) buka akun Taobao. Nama anda harus dalam karakter cina. Kalau saya tidak pakai nama asli lalu di translate ke karakter Cina (pakai google translator). Kalau anda orang asing di Cina dan tidak bisa tulis-baca karakter Cina, jelas akan butuh asistensi orang lokal yang bisa di percaya (teman atau rekan kerja). Tidak kalah penting untuk, (3) memasang/install browser ber-penerjemah otomatis supaya situs yang berbahasa asing misalnya bahasa Cina bisa otomatis diterjemahkan ke bahasa Indonesia atau bahasa lain yg anda pingin. Kalau kami dirumah pakai google Chrome. Tidak menerjemah 100% tapi sangat membantu!

ORDER – PEMESANAN/PEMBAYARAN

Berikut ini rangkaian langkah dan proses belanja di Taobao/Tmall (proses belanja di keduanya pada dasarnya sama, akun taobao kita pun otomatis jadi akun TMall juga – sejauh saya tahu dan alami). Pertama tentu anda perlu masuk/login ke akun Taobao. Lalu, di halaman muka (Home) akan tampil banyak kategori produk dan berbagai fitur/aplikasi Taobao.

1. Ketik produk yg diinginkan ke kolom pencarian.. istilah2 perdagangan di Taobao memang terasa agak lucu buat telinga Indonesia. Produk/barang dagangannya di sebut ‘baby’, pembeli di sebut ‘pro’, dsb. (kalau sempat nanti saya bikin tulisan seputar istilah lucu ber-Taobao deh..hehe..)

Ketik kata kunci/keywords di kolom pencarian.
Ketik kata kunci/keywords di kolom pencarian.

2. Contoh kasus ini saya ambil langkah-langkah saat belanja nikotin cair untuk rokok elektronik. Hingga singkatnya ketemulah produk yang saya inginkan. Nikotin cair merk LIQUA keluaran Italia. Ada 2 pilihan perintah: oranye berarti ‘bayar sekarang’, biru berarti hanya memasukkan ke keranjang belanjaan dulu.

Saat ketemu iklan produk yg di pingin lalu klik gambar/keterangan produk, keluarlah tampilan seperti ini..
Saat ketemu iklan produk yg di pingin lalu klik gambar/keterangan produk, keluarlah tampilan seperti ini..

3. Saya ketik perintah bayar (oranye), keluar deh tampilan berikut ini. Konfirmasi Order, berisi: pilihan nama & alamat kirim, detil produk, ongkos kirim (ke alamat dalam Cina), dan total tagihan.

Setelah klik perintah/logo 'bayar sekarang', keluarlah tampilan ini.
Setelah klik perintah/logo ‘bayar sekarang’, keluarlah tampilan ini.
testaobao 3
Klik perintah warna oranye untuk melanjutkan tahap pembayaran.

4. Selanjutnya keluar tampilan berisi: identitas bank kita, total tagihan, informasi produk yg dibeli, dan pilihan bank dan metode pembayaran. Bisa lewat Kartu kredit/kartu ATM/kartu Debit/Alipay, dsb. Saya pakai jalur kartu debit jadi masuk ke list yang di bawah. Lalu klik lagi perintah oranye utk lanjutkan proses bayar…

testaobao 4

5. Saat keluar tampilan berikut ini, lanjutkan proses bayar dengan klik perintah warna oranye lagi.

testaobao 5

6. Keluarlah tampilan ini. Saat transaksi ini komputer saya belum di install kan pengaman khusus dari CMB, saya bisa lanjut karena rekening bank CMB ini tidak kami pakai sbg rekening tabungan, melainkan khusus untuk transaksi Taobao dimana dana baru dimasukkan jika ingin belanja saja. Jadi, saya bisa (tetap) lanjutkan dengan meng-klik perintah ‘Close’.

testaobao 6

7. Kemudian muncul tampilan berikut ini. Saya tick/pilih pilihan sebelah kanan yaitu pembayaran melalui kartu debit/all in one, berlogo UnionPay. Lalu masukkan nomor kartu yang sekaligus jadi nomor rekening bank CMB anda (kurang pasti gimana dgn bank lain, kayaknya sih sama), beda dengan sistem perbankan di Indonesia di mana nomor rekening tersendiri dan beda dengan nomor kartu debit/ATM.

Ohya jangan panik liat kata ‘Million’/’Juta’ di info total tagihan sebelah kiri tampilan. Abaikan itu, maksudnya tetap 30 yuan, bukan 30 juta yuan. Penyebutan satuan uang disini memang suka aneh gitu… berpotensi bikin deg-degan memang.. :p

testaobao 7

8. Saat keluar tampilan ini, pertama sekali arahkan kursor ke perintah di sisi kanan kolom kosong pertama, lalu klik. Setelah di klik akan keluar pop-up box berisi konfirmasi bahwa sistem bank CMB akan mengirim sms berisi kode verifikasi (6 angka). Konfirmasi tsb jg berisi konfirmasi nomor lengkap ponsel/hape anda kemana sms tsb akan dikirim. Klik yes di pop up box tsb sekaligus menutup box.

Tunggu beberapa detik (biasanya ngga sampai 10 detik) hingga sms masuk, buka dan ketikkan nomor kode yg dikirim tsb ke kolom kosong pertama. Sementara, kolom kosong kedua adl untuk memasukkan password online banking anda. Pastikan hape anda dlm kondisi aktif dan berpulsa. Di Cina, kalau pulsa habis bahkan minus jadi ngga bisa terima sms atau call.

testaobao 8

Bunyi sms yang diterima seperti selalu dari nomor resmi bank. Sms yg pertama (yg bawah) berisi kode verifikasi 6 angka utk dimasukkan ke kolom kode verifikasi pembayaran online di Taobao. Sms kedua (yg diatas) berisi ringkasan info terjadinya transaksi pembayaran menggunakan rekening CMB anda.
Bunyi sms yang diterima seperti selalu dari nomor resmi bank. Sms yg pertama (yg bawah) berisi kode verifikasi 6 angka utk melanjutkan pembayaran online. Sms kedua (yg diatas) berisi ringkasan info terjadinya transaksi pembayaran menggunakan rekening CMB anda. Perhatikan jarak waktu antara sms pertama dan kedua hanya 1 menit. Artinya sistem sangat cepat mengirim konfirmasi2 pembayaran ke ponsel/hape anda.
testaobao sms1
Ini terjemahan kedua sms di atas ke bahasa Inggris.

9. Selama dana di rekening bank anda cukup untuk melakukan transaksi, keluar deh tampilan konfirmasi ini. Klik perintah sebelah kiri (mustinya berarti ‘yes‘) kalau mau lanjut dan selesaikan pembayaran.

testaobao 9

10. Voilaaaa! Berhasil deh pembayarannya kalo nongol tanda tick hijau seperti ini😀 Kalo di klik yang perintah biru itu akan keluar rangkuman transaksi…

testaobao 10

11. Keluarnya tampilan ini. Info berhasilnya transaksi serta alamat kirim barang pesanan (yang saya blok hitam). Perhatikan ada garis berarah panah ke kanan berisi 4 langkah? Di tahap ini anda sudah selesai tahap 2 yaitu tahap pembayaran. Tinggal menunggu tahap 3 yaitu toko Taobao mengirimkan pesanan, kemudian tahap 4 yaitu konfirmasi bahwa barang sudah anda terima.

Konfirmasi dari anda itu dinantikan oleh toko karena makin cepat dapat konfirmasi andam, makin cepat pula Taobao mentransfer uang ke si Toko. Yep! Anda benar…uang yang kita transfer saat belanja di Taobao ngga langsung masuk rekening si Toko darimana anda belanja, tapi tertahan di Taobao dulu (konsumen Taobao per-hari saya percaya bisa mencapai jutaan orang tuh, gile juga yah si Taobao nikmatin bunga rekeningnya, hihi..). Jika tidak ada konfirmasi dari anda, maka dalam batas waktu tertentu (kalau tidak salah 15 hari) Taobao akan tetap mengirimkan pembayaran ke rekening si Toko – dianggap anda sudah terima barang.

testaobao 11

12. Selesai deeeh tahap pemesanan dan pembayarannya. Selanjutnya masuk ke tahap berikut ini niiiy..

ORDER – PENGIRIMAN

Tiap kali satu jenis produk di pesan/terbayar, secara otomatis rekam jejak pembelian masuk ke akun pemilik akun Taobao (dalam hal ini BT). Umumnya barang langsung dikirim oleh toko Taobao di hari yang sama setelah terjadi pembayaran. Pemesanan/pembayaran yg terjadi di luar jam kerja atau di hari libur nasional Cina seringkali tertunda hingga si toko ybs kembali buka toko.

Produk pesanan yang belum dan sudah dikirim dilambangkan dgn logo berbeda. Kalo si Toko belum kirim barang, logonya adalah kado. Kalo si Toko sudah kirim barang pesanan kita logonya berubah jadi mobil truk mini.

Contoh status barang yg sudah dikirim oleh toko Taobao.
Contoh status barang yg sudah dikirim oleh toko Taobao.

Kalau tulisan ‘logistic details’ difoto atas di klik keluar deh rincian kayak berikut ini… foto berikut berisi contoh detil info pengiriman dari awal sampai barang di terima dan tanda tangani oleh penerima di alamat tujuan. Kalau saya alamat ditujukan ke kantor manajemen gedung apartemen kami karena selalu ada staf disana sepekan penuh. Selain itu, pertimbangan komunikasi. Karena petugas delivery akan menelpon nomor telepon yang kita cantumkan pastinya bakal amburadul kalo si petugas bicara sama saya…secara bahasa Cina saya masih buruk buat ngobrol. Hahaha..

Kalau di kantor kan petugas bisa telpon dan bicara sama staf kantor. Tinggal kapan barang sampai saya turun ke bawah dan jemput barang, beres deh. Ngga pake pusing, ngga pake stres. ;D

Contoh detil shipping track Taobao hingga diterima di alamat tujuan.
Contoh detil shipping track Taobao hingga diterima di alamat tujuan.

Perhatikan tulisan ‘Daily Express’ berblok ungu di foto atas? Tiap pengiriman Taobao pasti ada tercantum nama perusahaan logistik seperti Daily Express itu. Ada banyak sekali perusahaan logistik di Cina, luar biasa hidup putaran antar barang-nya! Nah kalau pesanan sudah di proses kirim, klik nama perusahaan logistik itu trus bakal muncul situs resmi si perusahaan logistik, berikut ini adalah contoh tampilan situs Daily Express dan YTO…

Contoh melacak pengiriman lewat situs resmi perusahaan logistik.
Contoh melacak pengiriman lewat situs resmi perusahaan logistik.
Contoh memasukkan nomor lacak di situs perusahaan logistik yang berbeda.
Contoh memasukkan nomor lacak di situs perusahaan logistik yang berbeda.

Begitulah proses ber-taobao dari mulai pemesanan, pembayaran, dan pengiriman. Semoga bermanfaat ya. Sampai ketemu di tulisan selanjutnya. Salam hangat dari Xian!🙂

UPDATE (14 Maret 2015): Yang ingin coba pakai jasa saya untuk belanja di Taobao/Tmall silahkan kontak dan cek page saya khusus untuk itu – Belanja Taobao (BT).

8 thoughts on “Panduan dan langkah belanja lewat Taobao (part 1)

    1. hello mas Akbar. kanji nya bikin keriting yah haha.. saran saya bukanya pakai Google Chrome – install dan donlot dulu jadi bisa otomatis translate ke bahasa yg di mau.
      Kalau mau praktis lewat saya bisa jg saya bantu. Coba tinggali email disini, nanti saya kirimkan ketentuannya ya..

  1. Kk bisa update cara blnja yg aplikasi skrg?
    Makasih sister
    Saya masih tetep ajah bingung cara belanjanya
    Mohon bantuannya

    1. Holla Pieter, sama2, senang kalo berguna. Selamat yah dah bs buka Alipay! Gimana berhasil transaksinya? Boleh tahu Alipay nya terhubung ke bank apa?

      Ohya, koreksi dikit ah, saya bukan ‘bang’ lho, tapi ‘mpok’ alias cewek, hehehe.. ;D

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s