Langkah-langkah belanja lewat Taobao

Posting ini saya buat karena ngeliat respon dan permintaan orang Indonesia terhadap Taobao kelihatannya cukup tinggi. Sayangnya, sementara masyarakat di luar daratan Cina belum bisa belanja langsung ke Taobao.

Sebelum masuk ke panduan step-by-step ber-Taobao, ada beberapa hal yang perlu di ketahui sebagai gambaran awal, kenapa transaksi dari luar Cina ngga bisa dilakukan..

1. Metode bayar dan bank. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit/ATM belogo ‘UnionPay’ dari bank-bank Cina yang terkoneksi ke/bekerjasama dengan Taobao. Saat masuk step pembayaran kita harus pilih salah satu dari bank yang tersedia…makanya orang sini biasanya buka juga akun bank yang terhubung ke pasar-pasar online utama seperti Taobao.

2. Alamat dan pengiriman barang. Sejauh saya alami/ketahui langsung, pengiriman barang hanya dilakukan untuk alamat dalam wilayah Cina. Saat pembuatan akun Taobao kita diminta memasukkan alamat pengiriman (di Cina), boleh alamat kantor maupun rumah, serta nomor telepon Cina (seluler ataupun telepon kabel). Nomor telepon biasanya digunakan buat keperluan kurir yang antar barang. Soal alamat, kita bisa masukin sederet alamat berbeda. Misalnya pingin kasih kejutan hadiah buat pacar atau sepupu, dengan cara belanja barang dari Taobao, bisa masukin alamat rumah si pacar atau sepupu itu sebagai alamat pengiriman saat itu.

3. Bahasa. Halaman dan proses transaksi di Taobao tampil dalam karakter tradisional Cina (kanji), jadi anda akan butuh browser yang bertranslator otomatis seperti Google Chrome misalnya (I love Chrome!). Yang perlu jadi catatan: ngga semua bagian dari halaman dan perintah dalam Taobao ter-translasi otomatis – pastinya karena di set demikian oleh Taobao. Jadi anda perlu siapin fitur Google translator juga secara terpisah, jadi bisa copy-paste atau drag bagian yang ngga ter-translasi. Tapiii, ada lagi tapinya, ngga semua perintah dan bagian yang non-translatable itu bisa di copy-paste atau drag. Nah di titik itu, kita perlu bantuan dari orang yang ngerti bahasa kanji Cina dan biasa ber-Taobao. Kalo saya minta diajari teman lokal ;D

4. Terima barang. Di sini hampir semua tempat tinggal adalah vertikal (rusun, apartemen, dsj). Umumnya, saat kurir tiba di gedung mereka akan telepon kita dan minta kita untuk turun ke pintu gedung jemput barang. Wajar, karena kalo motor/alat angkutnya di tinggal sendiri bisa raib di curi, hehe..

Atau, sangat umum juga Taobao-ers memasukkan alamat dan nomor telepon kantor pengelola gedung apartemen (yang lokasinya di dalam area apartemen juga), jadi kurir akan langsung datangi kantor dan minta staf kantor tanda tangani lembar terima. Tinggal kita jemput barang itu kapan kita sempat. Gimana tahu barang sudah sampai dan diterima oleh staf kantor? Kita cek online, karena shipping track nya jelas dan lengkap tertera online di list barang yang kita beli.

Sudah jadi pemandangan umum di Cina kalau trotoar dan halaman parkir gedung perkantoran jadi ajang gelaran barang para kurir. Dia akan telepon tiap pemilik barang, jadilah pasar kaget khusus barang antaran belanja online!😀

Oke, kayaknya sih itu aja, kalo ada tambahan nanti di up-date. Sekarang kita masuk ke step-step nya yuk…

1. Masuk (Log in) dan pilih barang yang di cari. Saya pake Google Chrome, jadi tampilan halamannya otomatis terterjemahkan kayak gini…

Ketik kata kunci/keywords di kolom pencarian.
Ketik kata kunci/keywords di kolom pencarian.

2. Misalkan saya pilih barang nikotin cair untuk rokok elektronik, akan keluar berbagai produk nikotin cair dari berbagai toko di Taobao yang jual produk nikotin cair. Pilihan saya adalah ini:

Saat ketemu iklan produk yg di pingin lalu klik gambar/keterangan produk, keluarlah tampilan seperti ini..
Saat ketemu iklan produk yg di pingin lalu klik gambar/keterangan produk, keluarlah tampilan seperti ini..

3. Setelah klik ‘bayar sekarang’ (perintah warna oranye pd foto diatas), keluar deh tampilan konfirmasi order seperti berikut:

Setelah klik perintah/logo 'bayar sekarang', keluarlah tampilan ini.
 

testaobao 3

4. Setelah klik tombol oranye pd foto diatas, keluar tampilan pilihan cara bayar spt ini (info pribadi di blok hitam). Saya pakai kartu ‘all in one card’ keluaran China Merchants Bank (CMB), jadi saya pilih list bank di bawah seperti di foto:

testaobao 4

5. Setelah klik tombol oranye seperti di foto atas, keluarlah tampilan konfirmasi pembayaran online seperti ini:

testaobao 5

6. Klik tombol oranye diatas yg artinya ‘Log on to online banking payment’, lalu keluar tampilan berikut ini. Kalau belum donlot pelindung jaringan silahkan donlot dulu, tapi saat bikin contoh ini saya belum donlot. Karena nilai transaksi kecil jadi saya klik ‘close’ untuk potong jalur. Bisa tuh. Jangan tanya kenapa, saya ngga ngerti, hehe..

testaobao 6

7. Keluar tampilan ini, lalu isi kolom kosong dengan angka kartu debit’nya. Pastikan angka transaksi sudah sesuai dgn pembelanjaan anda.

testaobao 7

8. Klik tombol di sisi kanan kolom kosong yg pertama pada tampilan ini. Lalu sistem bank anda* akan langsung mengirim sms ke nomor hape** anda dalam hitungan beberapa detik (pastikan hape anda tidak dalam kondisi ‘offline’, atau kosong pulsanya). Sms berisi 6 digit kode verifikasi. Masukkan kode itu ke kolom kosong pertama, lalu kolom kosong kedua di isi dengan password kartu bank anda.

testaobao 8

Bunyi sms yang diterima seperti selalu dari nomor resmi bank. Sms yg pertama (yg bawah) berisi kode verifikasi 6 angka utk dimasukkan ke kolom kode verifikasi pembayaran online di Taobao. Sms kedua (yg diatas) berisi ringkasan info terjadinya transaksi pembayaran menggunakan rekening CMB anda.
Bunyi sms yang diterima seperti selalu dari nomor resmi bank. Sms yg pertama (yg bawah) berisi kode verifikasi 6 angka utk dimasukkan ke kolom kode verifikasi pembayaran online di Taobao. Sms kedua (yg diatas) berisi ringkasan info terjadinya transaksi pembayaran menggunakan rekening CMB anda.

testaobao sms1

9. Klik tombol sebelah kiri jika sudah yakin dengan jumlah pembayaran tersebut.

testaobao 9

10. Selamat. Pembayaran anda sukses. Yay!!

testaobao 10

11. Setelah di klik tombol biru seperti di foto atas, keluar deh tampilan di bawah ini, berisi ringkasan transaksi dari pihak Taobao. Di tahap ini berarti anda sudah melewati 2 tahap bertransaksi Taobao; tahap 1 pemesanan, dan tahap 2 pembayaran. Tahap 3 itu pengiriman barang oleh toko darimana kita belanja, lalu tahap 4 adalah konfirmasi resi pengiriman barang. Kalau anda sudah terima barang, usahakan segera lakukan ‘confirm receipt’ (tahap 4) supaya Taobao juga segera melakukan pembayaran ke Toko. Ya, betul! Pembayaran dari kita itu masuk ke kantong Taobao dulu, setelah kita terima barang baru Taobao kirim pembayaran ke si Toko. Sistem Taobao dibuat sebaik mungkin untuk melindungi penjual maupun pembeli.

testaobao 11

12. Selanjutnya bisa di buka/cek di halaman ‘My Taobao’ pada akun Taobao anda, akan terlihat barang belanjaan yang sudah dan belum dikirim oleh toko. Order yang sudah di kirim oleh Toko berlogo mobil truk, sementara yang belum dikirim berlogo kado berpita. Yang sudah dikirim bisa klik ‘Logistics details’ untuk lihat sudah sampai mana perjalanan si paket. Pengiriman dalam wilayah Cina umumnya 2-3 hari, kalau jarak provinsi pengirim dan penerima adalah titik terjauh bisa 4-5 hari. Jangan klik ‘confirm receipt’ sebelum anda terima barangnya.

BT contoh shiptrack 1

13. Kalau ‘Logistics detail’ di foto atas di klik, akan keluar tampilan di bawah ini. Isi detil perjalanan paket (shipping track), terutama yang penting disini adalah; waybill number, dan link perusahaan logistiknya. Kadangkala, detil yang terpampang disini seolah tidak ada perkembangan, kalau itu terjadi bisa klik link logistik-nya, lalu dihalaman situs si logistik bisa kita masukkan nomor waybill untuk kemudian bisa cek perjalanan paket langsung dari situs si logistik-nya.

BT contoh shiptrack 2

14. Perusahaan logistik yang bekerjasama dengan Taobao, atau yang di pakai oleh si Toko bisa beragam. YTO, STO, SF, EMS, dsb. Ini salah satunya. Saat link logistik termaksud di foto atas ini di klik, akan muncul tampilan situs logistik yang dipakai si Toko, kalau dia pakai YTO maka seperti ini penampakannya..😀 Yang jelas apapun logistik yang di pakai si toko, situsnya pasti ada kolom kosong untuk cek paket kita spt dibawah ini:

Contoh memasukkan nomor lacak di situs perusahaan logistik yang berbeda.
Contoh memasukkan nomor lacak di situs perusahaan logistik yang berbeda.

UPDATE (14 Maret 2015): Yang ingin coba pakai jasa saya untuk belanja di Taobao/Tmall silahkan kontak dan cek page saya khusus untuk itu – Belanja Taobao (BT).

20 thoughts on “Langkah-langkah belanja lewat Taobao

    1. Hi Fatma. Sepanjang saya tahu kalau bank milik China berlogo unionpay semua ya.. apalagi skrg China berusaha mempolulerkan sistem pembayaran online Alipay sehari2 di masy dgn berbagai program, kemudahan, dan keuntungan bayar pakai Alipay itu..

  1. Pernah belanja di Taobao sis? Minimal habis berapa total? Untuk order minimum, shipping fee, pajak, komisi, dll? Makasih

    1. Total belanjaan minimal 1000 yuan saya bisa bantu urus ordernya. Itu di luar ongkir domestik Cina, komisi, dll. Shipping ke Indonesianya anda bisa langsung kontak dan hubungan dgn perusahaan forwarder nya, nanti barang2 setelah belanja tinggal saya kirim ke gudang forwarder di Cina – utk mereka teruskan kirim ke gudang mereka di Indonesia.

      Kurang jelas bisa japri: aktifistri@gmail.com

      Makasih🙂

    1. hi mea. kalau telanjur tekan ‘confirm receipt’ sblm terima barang jalan satu2nya kamu harus kontak tokonya..jelaskan..

  2. Gan….saya pengen banget belanja tas di taobao.co,….masalahnya saya bener2 masih ragu ne caranya, bisa bantu gan untuk cara pembeliannya.. kalo bisa..kita bisa ngomong melalu telpon gan.. ne no ana gan 082165746860

    1. Hello, makasih utk kunjungannya. Boleh saja. Untuk pertanyaan umum seputar caranya silahkan pelajari dahulu di blog2 saya disini. Untuk info lanjut yg blm ada disini silahkan kontak saya lwt whatsapp/wechat: 18220597841. Email: aktifistri@gmail.com.

      1. Gini gan..saya tinggal di medan.. bisa gak saya mesan langsung dari medan ke taobao.com dan barang saya di antar langsung ke medan.. menggunakan DHL atau FEDDEX misalnya…..

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s