Chairman Mao Restaurant

Koreksi dulu sebelum jauh, hehe… judul di atas bukan nama asli restorannya. Namanya entah apa, kami sama-sama ngga bisa baca tulisan Cina, tapi karena di dalam resto ada pajang foto chairman mao tse tong (mantan pemimpin partai komunis/presiden cina yang kontroversial), ya ‘chairman mao resto’ jadi sebutan otomatis kami untuk warung makan kecil yang ada area sebelah kompleks apartemen kami.

Saya ngga pernah beli makan di sini sebelumnya sampai akhirnya hubby nyoba ke sini saat dia kena giliran pergi beli makan. Karena sekali dua kali nyoba kok masakannya lebih enak dari beberapa warung disebelahnya yang menjual menu sama, akhirnya kami langgani juga deh. Ngga lama saya dapati kalau mereka juga terima order lewat telpon, pakai jasa delivery, free of charge pula, wow! Menarik banget buat saat winter, atau kalo lagi sibuk dan malas keluar beli makan, hehe.. Dari mereka ini kami biasanya beli beberapa menu berikut…

Maladofu

Yaitu tahu (dofu/tofu) masak saus pedas dan panas (mala). Dari beberapa warung makan kecil yang berderet dengan warung ini, disinilah yang menurut kami paling enak maladofu nya, karena mirip dengan rasa maladofu yang kami sering makan di kota Daqing dulu. Ya, mungkin kami suka menu ini karena faktor kenangan dan kebiasaan juga🙂 Rasanya cenderung asin dan pastinya pedas. Pas banget buat di makan saat udara dingin, apalagi di tambah kondisi ‘super lapar!’, hihihi… Di beberapa restoran malah di beri daging giling segala. Kadang disebut juga Mapo dofu, yum!

Maladofu/ Mapodofu
Maladofu/ Mapodofu

Xihongsijidan

Yaitu tumis campur tomat, telor, dan kadang di beberapa tempat termasuk di sini di beri sedikit jamur hitam dan cabai besar hijau. Sederhana, rasanya ada yang datar/plain, ada yang cenderung asin, beda resto kadang beda gaya untuk menu ini. Yang pasti bahan utamanya telor (jidan) dan tomat (xihongsi).

Yuxiang Qiezi

yaitu terong masak asam manis. Pada dasarnya ini terong di potong2 masak lalu di kasih saus agak kental dan berasa paduan asam dan manis, kadang plus pedas. Sebagian resto ada yang terongnya (setelah di potong2 kecil) di beri baluran dulu (tepung2an), ada yang langsung saja digoreng tanpa baluran tepung. Rasa asamnya dari cuka. Di resto ‘presiden Mao’ ini terongnya berbalur tepung, kelihatannya becek dan ngga jelas memang, tapi rasanya…hmmm sedap dimakan panas-panas sama nasi putih hangat!

Xihongsi jidan
Yu xiang Qie zi

Chao Mifan

Yaitu nasi goreng. Tiap resto punya gaya dan ciri khas berbeda untuk nasi goreng.  Yang kami suka biasanya yang berasa agak smokey/berasap gitu. Kayaknya paduan antara api panas, masak cepat, dan material wajan yang bagus (pernah baca kalau masakan bisa tambah lezat kalau wajan cast iron-nya sudah ter-seasoned dengan baik dengan cara sudah dipakai bertahun-tahun).

Chao mifan
Chao mifan

4 thoughts on “Chairman Mao Restaurant

  1. Resto “Chairman Mao” nya di mana nih? Ada resto “Chairman Mao” di Melbourne, Australia lho! Dinding di dalam resto warnanya merah, dan foto Chairman Mao berderet-deret dipajang di mana-mana, sampai kita nggak bisa konsen makan!

    1. Ohya? Wow! Kalo ini namanya cuma julukan kami aja krn ada 1 foto pak Mao di pojok dindingnya ;D habis nama restonya dlm kanji Cina jadi ngga ngerti.. Ngomong2 ngga bisa makannya krn silau apa krn track record si chairman niy, hehehe.. ;D

        1. Hahahaa.. OK kalo yg ini di kota Xian – Shaanxi, China🙂 kalo saya kira mgkn pemilik resto nya dari provinsi Hunan – kampung halaman Mao. Ngga jarang tuh temuin resto pajang foto mao.. resto Hunan cukup banyak, ciri khasnya ber-pedas ria..sampe ada anekdot org lokal bilang masakan pedas ngelahirin ‘pemimpin2’ krn banyak pemimpin Cina yg asalnya dari Hunan, dan provinsi Hunan masakannya banyak pedas.. hehe..😀

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s