Seputar terima dana di Cina dari luar Cina

Urusan perbankan sendiri umumnya suka merepotkan, nah berurusan dengan perbankan di Cina bagi penduduk asing bisa jauh lebih merepotkan lagi. Buat penduduk asing di Cina, apalagi ngga bisa baca-tulis dan bicara bahasa lokal, dalam skala tertentu urusan dengan lembaga keuangan (bank maupun non bank) cukup bikin frustrasišŸ˜¦ Menginjak tahun ke-5 di Cina, cukup banyak yang bikin kami “ogah ogah butuh” sama urusan banking dan transfer dana. Beberapa diantaranya berikut ini…

DARI BANK LUAR NEGERI ke BANK CINA: Waspadai soal potongan!

Berapa hari lalu rekening saya terima dana dari satu bank di Kanada. Pengirim di Kanada dikenakan fee beberapa belas dolar, tapi sudah dibayarkan di luar jumlah yang mau dikirimkan. Dari sana sudah ditanyakan ke bank pengirim apakah penerima (rekening saya) akan dikenakan potongan lagi, jawabannya tidak.

Setelah 4 hari dikirim, dana masuk ke rekening saya CMB (China Merchants Bank) namun dalam kurs dolar Kanada (CAD). Jumlahnya, tidak utuh 100 CAD, tapi tinggal 80 CAD. Kemana 20 CAD nya lagi? Hanya bank dan tuhan yang tahu… hahaha.. Saya telpon layanan telpon 24 jam CMB, dapat jawaban kalau dana yang masuk ke CMB dari bank luar negeri tidak langsung masuk ke CMB, tapi diterima oleh intermediary bank (bank perantara) dulu baru diteruskan ke CMB. Waduh di perbankan ada broker juga ternyata! lol.. Saya tanya bank apa tepatnya si intermediary bank itu, apakah bank central-nya Cina (semacam Bank Indonesia), atau bank swasta lain. Staf layanan lalu mengecek online rekening saya*, alasannya dari situ baru bisa diketahui identitas intermediary bank-nya.

Menunggu sekitar 1-2 menit, staf layanan pun kembali bicara dengan berita: dia tidak bisa melihat/melacak intermediary bank-nya itu bank apa. Hmmm…keanehan informasi khas negeri Cina. Serba tidak jelas, tidak masuk akal, dan meragukan. Saya hanya bisa menarik napas dalam… hidup lebih dari 4 tahun disini cukup tahu kapan saya harus berhenti dan kapan bisa ngotot, hehehe.. Kali ini, saya tahu ngga ada guna ngotot cari tahu.. Kalau anda pernah hidup cukup lama di daratan Cina mungkin cukup ngerti maksud saya.

Akhirnya, saya tanyakan apa bisa minta dikonversikan langsung ke kurs CNY (yuan) melalui sambunga telepon itu. Jawabnya tidak bisa melalui telepon, tapi bisa melalui internet/online banking. Wah saya sudah hampir jingkrak kesenangan, tapi urung karena fitur utk itu hanya bisa di lakukan di situs CMB yang versi bahasa Cina, versi bahasa Inggris belum dimungkinkan. Cape deee..

Baiklah, saya ke langsung ke kantor bank terdekat, untunglah walau Sabtu CMB (dan banyak bank di Cina) tetap buka dengan jam buka terbatas. Untung cuma 8 menitan jalan kaki dari apartemen kami. Tiba di bank, saya disambut oleh 3 staf bank penyambut (non loket) yang biasanya membantu nasabah sebelum masuk antrian loket. Ketiganya tidak bisa bahasa Inggris. Saya putuskan untuk coba tulis dan gambar di atas kertas, saat mulai nulis satu staf customer service mendatangi dan bertanya dalam bahasa Inggris. Oke, saya stop dan coba jelaskan ke dia tujuan saya sejelas dan sesingkat mungkin: pingin konversikan dana CAD di rekening saya ke kurs Yuan. Dia ber- “Oooh..okay I know!”, amat meyakinkan, lalu menggiring saya ke mesin otomatis self-banking, tempat biasanya saya ambil nomor antrian.

Tapi kali ini ternyata bukan ambil nomor antrian, dia menggesek kartu bank saya ke mesin. Setelah berputar-putar disitu, melihat saldo rekening saya, lalu saya jelaskan lagi apa tujuan saya karena dia kelihatan bingung dan ngga nyambung. Akhirnya dia ber “Oooh..”, lagi. Kali ini dengan ekspresi amat pasti dan meyakinkan dia bilang kalau saya ngga bisa mengkonversi dana itu ke dalam yuan. Kenapa? Karena katanya “…ONLY CHINESE CAN DO THAT!”. What the heck?! It’s just totally doesn’t make sense. Pikir saya, kalo ngga sistem bank-nya konyol dan perlu rubah, atau, si staf ini yang ngga ngerti persoalan. Saya cenderung ke yang kedua. Langsung kesabaran saya merosot hadapi anekdot macam itu. Saya mulai gemas, terjadilah percakapan ini:

Saya: “Kamu yakin begitu? Ngga masuk akal. Itu hal sederhana yang harusnya mudah. Kalau tidak boleh kenapa tidak bolehnya?”

Staf CMB: “Karena anda butuh dokumen. Hanya penduduk Cina yang bisa lakukan ini”

Saya: “I don’t think so. Ini kan dananya sudah ada dalam rekening saya, tinggal di rubah saja ke yuan, simple. Kalau dana cash saya tahu tukar dolar ke yuan harus ditemani orang lokal dengan ID lokal”

Staf CMB: “Maaf, tapi tidak bisa”.

Saya: “Okay. I know this is supposed to be very easy. Can I talk to your manager, please? I am sorry, I know you’re trying your best. I’d really like to try talking with your manager, please?”

Akhirnya dia minta saya tunggu sebentar. Dia mengetok ke salah satu loket, bertanya2, dan kembali ke saya, katanya, “I am so sorry, I made mistake. Yes you can do it. … …”.

Singkatnya, saya diberikan nomor loket, lalu mengantri. Di loket, saya hanya berikan paspor dan kartu bank ke staf loket, di proses beberapa menit, masukkan password di kotak password, tandatangan di 2 form yang diberikan staf, lalu saya diberi satu formulir kecil berisi info/angka hasil konversi dalam yuan. Selesai!

So, sebelum terima dana transfer dari bank luar Cina, pastikan dulu ke bank anda berapa dana yang akan anda terima setelah masuk ke rekening anda, atau akan kena potongan berapa begitu masuk, selain berapa hari dana akan masuk tentunya. Terutama untuk urusan bisnis, itu amat penting.

Satu hal, berurusan dengan staf perbankan/pelayanan publik di Cina: jangan jangan jangan langsung percaya dan telan bulat apa yang dibilang/informasikan oleh petugas, jangan keder sama pakaian yang kinclong, penampilan klimis, atau kefasihan bahasa asing yang baik, seringkali konsumen lebih tahu dari mereka, terutama mungkin kalau mereka kebetulan pegawai baru.

* Dia yang mengetik nomor kartu bank saya dikomputernya, tapi saya yang memasukkan password kartu bank dengan cara menekan angka di pesawat telepon setelah bunyi nada tertentu.

DARI SESAMA BANK CINA (DOMESTIK): paling praktis, cepat, dan relatif bebas pusingšŸ˜€

Untuk bisnis antara Cina-Indonesia, saya ngga tahu apakah ini termasuk jasa legal atau tidak, tapi ada jasa pengiriman dana yang khusus melayani transfer dari Indonesia ke Cina, atau sebaliknya. Memang ada flat fee cukup besar, tapi kalau bicara praktis, cepat, dan mudah yang satu ini cukup membantu, namanya JGChanger, saya dengar tentang jasa itu dari salah satu customer BelanjaTaobao (Thank Sara!).

Saya terima dana dalam hitungan beberapa jam saja sejak terkirim. Ini karena JGChanger melakukan bisnisnya dengan 2 bank, BCA di Indonesia dan ICBC di Cina. Begitu ada dana transferan dari Indonesia ke Cina, ia akan transfer dana kiriman nasabah dari Indonesia itu melalui rekening ICBC nya di Cina, jadi rekening bank penerima di Cina ngga kena biasa terima dana apa-apa. Paling tidak, bank di CMB tidak, entah gimana dengan bank lain.

TRANSFER WESTERN UNION: Urutan nama yang memusingkan!

Yang satu ini bicara pengalaman di Cina, bisa betul-betul traumatizing. Tiap tahun kami berdua terima hadiah ulang tahun dari orang tua di Kanada berbentuk cash. Tiap kali dikirim lewat jasa WU ini, hampir tiap kali itu juga staf bank penerima ngga konsisten dengan aturan penulisan nama. Form WU kan menyediakan 3 nama, seperti khasnya nama-nama masyarakat barat. Nah yang sering bikin masalah adalah ketidak-akuran penerapan urutan nama pertama dan terakhir antara bank Kanada dan Cina, atau, antara staf di bank Cina satu dengan lainnya.

Sungguh aneh, saat mereka jelas berurusan dengan dunia internasional, mustinya mereka betul-betul training staf-nya untuk paham betul soal itu, atau, sesuaikan sistem internal dokumentasi/komputerasi mereka dengan sistem standar internasional. Aneh tapi nyata… Entah dimana titik eror-nya. Yang jelas kami sudah berapa kali musti bolak balik, ganti formulir, atau berakhir dengan minta ortu kirim ulang dari Kanada dengan penulisan urutan nama sesuai ‘permintaan’ WU Cina tempat kami terima dananya. What a mess!

One thought on “Seputar terima dana di Cina dari luar Cina

Comment

