Pengalaman nyoba jasa JGChanger

Seru juga jalani usaha rumahan agen Taobao ini. Saya jadi ‘dipaksa’ belajar banyak hal dan tahu ragam info terkait belanja online. Salah satunya soal jasa pengiriman uang. Dari salah satu pemesan BT lah saya dengar apa yang namanya JGChanger (Thanks Sara!). Pengalaman pertama dengan JGChanger ini adalah saya sebagai penerima dana, seperti sempat saya singgung di tulisan sebelumnya: Seputar terima dana di Cina…

Dengan sistem jasa berprinsip ‘anda transfer, saya pesan’, baik saya dan pemesan butuh jasa transfer dana yang: cepat, praktis, biaya rendah, dan ngga ribet urusan dokumen, administrasi, dan prosedur.

Awal-awal pilihannya adalah; Western Union, Paypal, transfer ke rekening bank saya di Indonesia, atau Transfer ke rekening bank Cina saya. Tapi tentu tiap opsi punya kekurangan kelebihan sendiri.

1. Western Union ribet musti ke bank dulu isa-isi formulir, belum nanti kalo urusan penulisan urutan nama jadi batu sandungan di Cina nya, lihat pengalaman ini.

2. Paypal, amat cepat dan biaya transfer relatif kecil, tapi ngga semua orang buka akun Paypal. Apalagi buat konsumen di Indonesia di mana syarat buka akun Paypal adalah HARUS punya kartu kredit. Ada sih jasa-jasa VCC alias kartu kredit virtual yang nawarin kita buka akun paypal dengan pakai nomor kartu kredit mereka, saya juga sempat coba buka pakai itu untuk akun paypal Indonesia, tapi masih bingung juga sama penggunaannya. Itu berlaku untuk setahun. Selain itu beredar rumor kalau praktek VCC itu sebetulnya ilegal, dan berpotensi bikin Paypal akhirnya akan ditutup di Indonesia. Well, don’t know much about it. Anyone, feel free to correct the rumor or give insights about this.

3. Transfer antar bank internasional, lamaaa dan sangat sangat sangat ngga praktis. Bisa makan waktu 2-3 hari kerja. Belum potongan dana kirim dan masuknya yang entah berapa dan kadang misterius. Lihat pengalaman ini.

4. Transfer ke bank saya di Indonesia. Super praktis, cepat, dan ‘headache free‘ buat pemesan di Indonesia, tapiiii…big headache buat saya di Cina. Kalo tiap tagihan masuknya ke rek bank di Indonesia, trus saya belanjanya disini pakai apa dong, hahaha…

Akhirnya, setelah berpusing ria soal itu, datanglah info penyelamat soal JGChanger yang khusus melayani transfer dana dari Indonesia ke Cina, atau sebaliknya. Setelah pengalaman pertama sebagai penerima dana, belakangan ini saya jadi pengirim juga. Tepatnya untuk transfer dari rekening saya di Indonesia (BCA)  ke rekening saya di Cina (CMB). Dua kata yang paling mewakili JGChanger bagi saya; GAMPANG & CEPAT. Ada lagi satu kata yang jadi harapan saya kedepan untuk JGChanger: semoga selamanya AMAN. Hehehe… itu mengingat JGChanger bukan bank, dan operasionalnya murni bergantung ke integritas pengelola/pemiliknya🙂 Saya kira wajar sebagai konsumen berharap begitu… Pelayanan informasi nya harus saya akui bagus dan responsif. Beberapa kali saya kirim pesan/pertanyaan, dijawab relatif cepat. Jadi nilai plus deh..

Buat yang penasaran pingin tau lebih jauh gimana step-step transfer dana lewat JGChanger ini, berikut saya hidangkan prosesnya dalam gambar/screenshot…

(bersambung…)

2 thoughts on “Pengalaman nyoba jasa JGChanger

Comment

