Pingin soto/sop super pedas dan segar di Cina? Coba Mala Tang dan Mao Cai

Ngobrol seputar makanan, di Cina ada banyak jenis masakan yang sifatnya berkuah dan bumbu kuat, kalo di Indonesia mungkin semacam sop/soto. Sekedar menyebut beberapa, kita punya soto betawi, laksa, soto mi bogor, tongseng, sop buntut, sop kaki, rawon, mi aceh, tomyam, soto babat, dan sebagainya.

Kalau di Indonesia jenis kuahnya kalau ngga bening ya bersantan, sementara di Cina masakan bersantan bukan jalurnya (hihi..), kalau ngga bening (atau sedikit butek) ya berbumbu kuat-kental, entah bumbu kental wijen (tekstur dan rasanya mirip bumbu kacang yang biasa buat ketoprak/gado-gado atau siomay), atau bumbu sangat pedas! Nah tipe soto/sop berbumbu kuat yang pedas ini salah satunya yang khas di Xian adalah Mao Cai (baca: Maw Tcay). Saya ngga tahu apakah ini khas provinsi/kota ini, tapi saya tahu di utara sana, tepatnya kota Daqing (provinsi Heilongjiang) ada yang serupa tapi tak sama, namanya Mala tang (sop panas pedas).

MALA TANG

Mala tang isinya mi dan beragam jenis sayur serta kadang bakso atau telor puyuh. Kuahnya super pedas, merah dan berminyak! Diluar itu masih ada tambahan yang bikin Malatang ini amat khas, yaitu bumbu ekstra berupa lada bubuk, tapi ladanya ini lada Sichuan yang sangat khas dan terkenal dengan efek getar dan kebal-nya. Bingung?😀 Maksudnya setelah makan itu dijamin bibir dan lidah semua terasa kebal dan tebal kayak habis di tonjok orang, hahaha.. Tapiiii, percaya ato ngga, efeknya juga nagih, kalo sudah cukup sering makan! Itu buat lidah asia dan sebagian kecil lidah kultur barat yah, kebanyakan lidah orang barat sih saya perhatikan ngga gitu suka sama si lada Sichuan yang memang lebay pedasnya itu..

Mala Tang si mi kuah pedas ber-lada Sichuan yang bikin mulut kebal dan terasa jontor, lol..
Mala Tang si mi kuah pedas ber-lada Sichuan yang bikin mulut kebal dan terasa jontor, lol..
Sahabat saya di Daqing ini bela-belain ajak saya ke kios Mala Tang ter-enak yang dia tahu.. :D
Sahabat saya di Daqing ini bela-belain ajak saya ke kios Mala Tang ter-enak yang dia tahu..😀

MAO CAI

Okay, itu Mala tang yang populer di Dong bei (sebutan untuk wilayah north-east China). Sekarang kalo di Xian sendiri ada Mao Cai seperti saya sebut diatas. Bedanya Mao Cai sama Malatang ini di tingkat dan jenis kepedasannya, selain ragam isinya. Mao Cai isinya lebih bervariasi baik jenis sayuran dan bakso-baksoan-nya. Kepedasannya juga pedas cabe (tetap pedas banget), hanya ngga ada si lada Sichuan yang bikin getal dan numb sekujur mulut bibir (lol). Hal lainnya, Mao Cai ini kita yang pilih dan ambil sendiri jenis sayuran dan bakso-baksoan yang di mau, untuk kemudian di timbang oleh pelayan hingga ketahuan berapa harga semangkok Mao Cai kita.

Ini penampakan Mao Cai di restoran langganan saya, rasanya bikin nagih. Ada beberapa cabang restoran ini di seluruh Xian.
Ini penampakan Mao Cai di restoran langganan saya, rasanya bikin nagih. Ada beberapa cabang restoran ini di seluruh Xian.

Ada banyak pilihan resto Mao Cai, tapi dari beberapa resto/kantin yang pernah saya coba yang terbaik (sejauh ini) ada di kompleks apartemen saya, yay! Senang banget karena itu salah satu masakan favorit saya untuk lepas kangen sama soto/sop Indonesia. Ngga mirip memang, tapi cukup dekat dengan beberapa rasa kuliner di tanah air. Satu-satunya efek kurang asyik adalah, aroma bawang putih yang kuat setelah makan. Bukan apa-apa, bikin suami saya gak tahan dekat-dekat! Hahaha.. solusinya, kalo saya makan Mao Cai, diusahakan dia juga makan sesuatu yang aroma garlic-nya cukup kuat jadinya penciuman dia yang tajam banget itu ngga terlalu nangkap aroma bawput yang saya sendiri kadang pusing juga ngehirupnya dari nafas sendiri.. lol.. Oh masakan sedap efekmu sungguh kadang ngga sesedap rasamu..😀

Nasi bisa menetralisir pedasnya Mao Cai.. Makin terasa sedapnya malah!
Nasi bisa menetralisir pedasnya Mao Cai.. Makin terasa sedapnya malah!
Beberapa teman lokal saya di Xian bilang juga lho kalau kios Mao Cai yang ini punya rasa terbaik dari yang pernah mereka coba :D
Beberapa teman lokal saya di Xian bilang juga lho kalau kios Mao Cai yang ini punya rasa terbaik dari yang pernah mereka coba😀
Setelah pilih, timbang, dan bayar isi Mao Cai, duduk manis deh tunggu pesanannya di antar ke meja. Di pojok sana terlihar etalase berisi ragam sayur dan isi Mao Cai.
Setelah pilih, timbang, dan bayar isi Mao Cai, duduk manis deh tunggu pesanannya di antar ke meja. Di pojok sana terlihar etalase berisi ragam sayur dan isi Mao Cai.

Comment

