Menu Indonesia di gurun Cina? Unbelievable!

070920139185
Grand Soluxe Hotel Dunhuang

Waktu itu hari terakhir trip kami di kota Dunhuang, sebelum besoknya kami kembali ke Xian. Hari panas terik, setelah lelah mengukur jalan di pusat kota karena pingin cari restoran ber-western food, akhirnya di ujung kengototan suami saya sampailah kami di satu perempatan dimana satu hotel besar berlokasi. Besar dan arsitekturnya yang mencolok mata untuk ukuran kota sekecil Dunhuang jadi seperti oasis di tengah gurun (eh emang beneran gurun sih ya! hehe..)

Akhirnya ‘keyakinan’ suami saya untuk nemuin restoran ber-menu barat di Dunhuang terjawab sudah, dan kelelahan saya yang sudah di ujung batas pun berakhir (jalan keliling kota Dunhuang beberapa jam, diatas jam 12, dibawah panas super terik, dengan kondisi perut kosong sejak pagi). Akhirnya dengan lega dan ceria kita masuk, tanya ke staf hotel apa ada restoran bermenu barat, ternyata ada dan kami di antar karena lokasinya agak menjorok ke dalam, voilaaa, ternyata beneran restoran bermenu barat, dan harganya tidak seperti yang saya bayangkan akan bikin ‘glek!’, hehe… Hotel bintang lima tapi harganya bintang 3 di kota besar. Perfect!!

Begitu buka-buka halaman menunya, wow, mata saya tertumbuk ke beberapa menu yang menyebut kata Indonesia. It was just unbelievable!! Begitu sulit dipercaya saya sampai berkali-kali membelalakkan mata dan kesenangan sampai pingin rasanya teriak! Gimana ngga, itu lokasinya jauh di area terutara Cina, otomatis makin jauh dari Indonesia, saya ngga lihat ada hubungan (politik/ekonomi/kultural) Indonesia dan Dunhuang (tidak sepengetahuan saya hingga saat ini), sampai chef-nya pun bukan orang Indonesia, di tengah gurun pula jauh dari mana-mana, gimana pula menu Indonesia bisa nyasar di situ?😀

Suami saya makin seneng, bukan hanya lega liat istrinya yang kelaparan dan kepanasan mulai tenang karena ketemu restoran yang kita berdua harapkan, tapi juga karena istrinya bakal lebih ‘jinak’ lagi gara-gara liat menu kampung halamannya, hahaha..

Karena kami tiba disana saat jam-jam nanggung buat makan (sekitar jam 4 sore), jadilah restoran besar dan cukup mewah itu area prifat lupper kami (lunch-supper), hehe..  sebetulnya ada 2 customer lain saat kami tiba, tapi mereka selesai saat kami siap makan. Apa saja menu Indonesianya? Cek sendiri deh di foto-foto berikut..🙂

070920139189

070920139190

070920139191

Naah ini nasi kari yang saya pesan. Rasanya cenderung manis, kurang nendang, tapi tetap jadi makanan terlezat saya hari itu! :D
Naah ini nasi kari yang saya pesan. Rasanya cenderung manis, kurang nendang, tapi tetap jadi makanan terlezat saya hari itu!😀
Buffet area yang masih sepi karena belum masuk jam makan malam.
Buffet area yang masih sepi karena belum masuk jam makan malam.

Comment

