Laporkan ke fesbuk! Ngaruh gitu?..

Pernah ngga lapor melapor isi komen, akun/profil, foto, dan sebagai nya di fesbuk? Saya sering. Bukan karena mau sok gimana, cuma sekedar pola pikir praktis bahwa interaksi yang santun dan beradab di dunia maya bukan tercipta dengan sendirinya, melainkan harus di ciptakan bersama, partisipasi aktif penghuninya harus ada, mungkin ngga semua penghuni peduli bahkan tahu soal itu, tapi musti ada sebagian kecil paling tidak yang peduli setelah tahu, ya ngga sih?🙂

Di dunia  maya sisi gelap dan negatif tiap orang cenderung bisa dikeluarkan dengan relatif bebasnya, terutama saat seseorang bisa bikin profil/akun anonim dengan berbagai alasan. Sifat anonim (tidak membuka identitas diri sesungguhnya) bisa ngasih ilusi kalau kita bisa bicara apa saja tanpa khawatir akan dampak yang ditimbulkan ke diri kita. Tapi tiap hal ada aturan mainnya. Tiap kebebasan juga ada batas yang berbenturan dengan kebebasan dan hak orang lain.

Bayangkan, anak atau keponakan anda yang masih bawah umur mengakses fesbuk dengan bebasnya lewat smart-phone mereka, lalu ketemu situs atau akun yang mengeskplorasi unsur-unsur dan aktifitas seksual secara terbuka…

Saya sendiri, karena mengelola sebuah grup fesbuk, jadi punya kerjaan ekstra (bersama admin lainnya) untuk menyeleksi calon anggota grup. Calon anggota grup ini siapa saja yang minat bergabung. Tapi karena kadang kemasukan profil yang aneh-aneh dan senang bikin masalah, akhirnya kami jadi seleksi keanggotaan jadi semi terbuka.

Saat nyeleksi calon anggota inilah saya jadi sering lihat profil yang ‘bikin menganga’ dan geleng kepala… sekedar menyebut beberapa yang pernah saya lihat karena maupun bukan karena seleksi anggota grup; Komunitas cewek yang suka nge*tot & tukar nomor hape, Komunitas Janda Surabaya, M*mek Janda, M*mek ABG, M*mek & Ko*tol Ng*ceng, dan sebagainya. Kalau lihat isi profil (komentar,status,foto-foto) dan interaksi verbalnya menjurus bahkan terang-terangan seputar perilaku seks, biasanya saya klik ‘report’ komentar/status/profil-nya.

Apa ngaruh? Awalnya saya masih 50:50, antara fesbuk akan cek dan lakukan sesuatu atas laporan penghuni atau tidak. Tapi sore ini, saat bebersih email saya jadi tahu kalau fesbuk ngga sekedar basa-basi busuk saja.. mereka benar cek laporan-laporan yang masuk, cek lapangan, dan lakukan sesuatu jika memang menurut hasil cek mereka laporan yang masuk itu beralasan dan akurat adanya. Foto berikut ini cukup bicara…🙂

Jangan ragu laporkan isi konten/status/profil yang melanggar aturan main di fesbuk!
Jangan ragu laporkan isi konten/status/profil yang melanggar aturan main di fesbuk!

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s