Lika Liku cari forwarder untuk BT…

Karena aktifitas terima pesanan belanja di Taobao, mau ngga mau saya perlu cari jasa forwarder. Yang belum tau apa itu forwarder silahkan google sendiri yaaa apa itu definisi teknis dan akuratnya, hehe.. tapi intinya sih kurang lebih yaitu usaha/jasa mediasi yang bantu orang untuk nampung paket dari satu pihak dan meneruskan pengiriman paket tersebut ke pihak/alamat lainnya. Itu sesuai asal katanya saja (‘forward’ berarti ‘meneruskan’). Dalam dunia belanja online, jasa forwarding ini seringkali diperlukan karena berbagai alasan/tujuan.

Bagi saya sendiri, jasa forwarder diperlukan untuk mengirim paket-paket pesanan belanja online dari pemesan di (misalnya) Indonesia, ke alamat mereka masing-masing. Kenapa musti pakai forwarder? (1) Praktis karena lebih hemat waktu (paket ngga musti dikirim ke saya dulu lalu saya kirim ke Indonesia), (2) hemat biaya (karena umumnya forwarder yang bagus itu nawarin diskon ongkir hingga 50% dari tarif normal!), dan (3) lebih tenang pikiran karena paket di tangani oleh profesional di bidangnya, disamping forwarder bagus biasanya punya (4) pelayanan baik jika ada masalah dalam pengiriman/kehilangan/kerusakan/dsb.

Sementara ini, karena masih belum menemukan jasa forwarder yang cocok – terutama dalam hal sistem kontrak dan metode bayarnya, saya masih pakai jalur reguler: Taobao kirim ke saya —> Saya kirim ke alamat pemesan. Kecuali jika pemesan di wilayah yang tercakup dalam jaringan pengiriman internasional Taobao (misalnya: Hongkong, Malaysia, Singapura), yang dari Taobao bisa langsung di kirim ke alamat-alamat di negara-negara tersebut. Kapan yah ke Indonesia juga bisa begitu???😀

Anyway, sejauh ini saya temukan beberapa kandidat forwarder yang kelihatannya sih bagus dari tampilan website-nya. Tinggal di cek satu-persatu metode bayarnya. Metode bayar ini bisa agak rumit karena saya sendiri masih enggan berhubungan sama Kartu Kredit (lagi), karena beberapa alasan cukup prinsipil. Sejak 6 tahun terakhir sudah cukup bangga bisa hidup tanpa itu (yay!). Tapi, tau sendiri dong, bisnis dan metode pembayaran online itu kan di dominasi kartu kredit (CC). Terus terang, belakangan ini jadi mulai goyah lagi deh…lagi timbang-timbang apa mau buka lagi sekedar untuk ngawal kepentingan belajar bisnis dan travelling. Apalagi hidup masih nomaden gini.. we’ll see, lah..

Pilihan terpopuler lainnya Paypal, dan Alipay. Alipay jelas ngga mungkin, karena Alipay itu masih mengeksklusifkan diri untuk masyarakat lokal Cina, orang asing di Cina ngga bisa verifikasi akun Alipay, karena sistem verifikasi hanya ngedukung pemasukan ID (alias KTP) nasional Cina yang 18 dijit itu. Coba-coba masukkan ID paspor, ya mental ke langit ketujuh si ID.. (asyik juga sih ke surga jadinya, haha..). Paypal gimana? Dohhh..bikin Paypal di Cina yang terhubung ke rekening bank Cina, hasilnya yang saya alami kadang transaksi berhasil, kadang setengah ditolak, kadang ditolak mentah-mentah, kadang ngga jelas.. hihi.. bingung ngga sih?!😀 Panjang lah kalo di jelasin detil, pokoknya yang jelas Paypal hasil bikin di Cina ngga jelas pemanfaatannya.😦

Kalau ada yang punya pengalaman jelas, akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan seputar Paypal bikin di Cina, boleh deh tuh di bagi-bagi tips and trick-nya..🙂 karena siapa tahu saya-nya aja yang masih oneng di situ (walau pede-nya sih beneran karena ‘sistem’ Paypal di Cina bermasalah. Hehe..). Alhasil, saya musti mulai deh perburuan forwarder yang bisa jadi jodoh pas untuk BT (BelanjaTaobao)!

HOYOYO

Malam ini nyoba sistem pembayaran Hoyoyo. Saya mulai dengan nyoba Top-up (isi ulang) kredit akun Hoyoyo yang sudah dibuat bulan lalu. Singkatnya, Hoyoyo bukan jodoh yang pas buat BT. Alasannya: Pilihan pembayarannya Paypal dan Alipay. Paypal buatan Cina saya, ngga jelas fungsinya! Alipay, lebih ngga menjanjikan lagi, karena verifikasi Alipay jelas BIG NO! buat orang asing karena ngga punya KTP Cina. Sayang sekali, karena kalau saya lihat sistem kerjasamanya lebih praktis, murah, dan sederhana di banding beberapa forwarder profesional yang saya pelajari sekilas.

Hoyoyo muka

hoyoyo topup trouble1

hoyoyo topup trouble2

Sekedar menyebut beberapa yang lain; ETO dan SFC. Sekilas lihat mereka bagus, menawarkan tarif ongkir yang amat menarik (berdiskon hingga 50% dari tarif normal) dengan beragam pilihan perusahaan pengiriman, tapi agak lebih rumit dan terkesan mahal sistem kontraknya. Tapi bedah detilnya menyusul yah… *break dulu matanya sudah kedap-kedip 5 watt! lol*

~bersambung~

UPDATE (14 Maret 2015): Yang ingin coba pakai jasa saya untuk belanja di Taobao/Tmall silahkan kontak dan cek page saya khusus untuk itu – Belanja Taobao (BT).

22 thoughts on “Lika Liku cari forwarder untuk BT…

    1. Semoga cepat ketemu ya yg sesuai kriteria anda🙂 saya sudah sering pakai bbrp forwarder yg selama ini berjalan cukup baik. Silahkan kontak japri jika butuh.🙂

      1. malam mba, saya baru baca blog mba tentang jasa forwarding. Kalau boleh, saya dapat referensi forwarding yang pernah bekerjasama dengan mba dan cukup baik layanannya.
        terimakasih.

  1. Permisi gan salam kenal, numpang nitip lapak yah gan. Siapa tau sewaktu-waktu dibutuhin.
    Perkenalkan saya Deddy dari PT. Inca Express, Perusahaan kami bergerak di bidang Forwader Importir dan Eksportir Mancanegara. Untuk info lengkapnya bisa mampir ke lapak ane
    http://goo.gl/wHME6l ataupun mail deddyinca@gmail.com

  2. hi sis, mau tanya apakah belanja via taobao itu juga bisa secara grosir / partai?
    aku bisa kursus dengan sis untuk cara pembelian di taobao?
    karena agak njelimet
    btw sis lokasi dimana?
    dan bisa minta email / pin bb nya sis🙂

    1. boleh! info dari customer biasanya ngebantu banget..apalagi kalo customernya udah pernah pake jasa kargo itu sendiri.. ditunggu lah kabarnya🙂 makasih ya..

      1. hehehehe saya blon pernah pake jasanya😀, kebetulan aja lagi program belajar & banyak googling. coba cek :

        http://www.chinacargo.co.id/
        http://wira-cargo.com/
        http://www.the-cargo.com/content-main-4-id.html
        http://cls-logistic.com/index.php

        untuk the cargo & cls warehouse sama mungkin mereka temenan..

        and sekali lagi saya blon pernah pake tu jasa lo mbak sis. monggo klo mo di tindak lanjuti. saya masih merasa kejauhen untuk melangkah kesitu, besok-besok aja klo udah jadi importir gede hehehe… , sementara ini saya kan pake jasa spt BT dulu untuk ngawalinya.

        selamat berburu forwarder…

        1. hallo deddy. boleh tinggalkan email/jalur kontak lainnya disini? bisa melayani kirim brg apa saja? baru dan bekas bisa kah? barang pindahan jg bisa kah?

  3. salam kenal.
    mbk sis saya baru beberapa minggu ini tertarik dengan si taobao sama chinaalibaba, emang harga2nya yg bikin tarikannya lumayan kencen untuk bisa belanja. tapi ya gitu.. ngak punya pengalaman alias nolputul. saya lagi cari-cari yg namanya itu forwarder yg bisa kasih layanan door to door. lumayan banyak dapet termasuk (BT) tapi belum pernah coba semua.
    diantara mereka ada yg bisa ngurusin pengiriman sampai jkt juga ngurus bea masuk barang, meraka punya gudang di china. mereka juga nawarin pengiriman lewat laut atau udara dng harga lebih murah klo saya bandingin dhl, pos china, ups or fedex, cuman kliatanya ada min pengiriman gede.
    cek: http://archive.kaskus.co.id/thread/2609656/620
    http://www.risrusimport.com/

    klo saya baca di beberapa blog pengiriman lewat dhl, pos china, ups or fedex, ada yg mahal (mungkin krn cepat & eksklusif) ada yg murah tapi laaaama dan ribet ngurus beacukai. klo pilahan saya ya.. yg cepet, ngak mahal & ngak ribet😀.

    udahan mbak sis. udah 2watt, klo besok dapet forwarder yg nguirit biaya kabarin ya mbak sis, tak ngikut BT buat kulakan..

    salam sukses.
    napek

    1. bro/sis napek (maap gak tau namanya ce/co). terus terang sy jg msh dlm masa pencarian..masih uji coba..tempo hari akhirnya ‘ditemukan’ ke satu forwarder sm slh satu customer saya, ia mau barangnya di krm pake forwarder itu krn ia sdh biasa. Sistemnya persis saya dgn model forwarder yg ada di kedua link yg km sebut diatas (saya sdh cek dan baca, keliatannya bagus mereka! gYg di kaskus/CLS malah meyakinkan banget tuh keliatannya..kemungkinan mau saya approach juga deh, heheee.. makasih ya!).

      Forwarder yg saya pake tempo hari itu harganya keliatan lbh murah dari yg disebut di link2 diatas, 100 ribu/kg utk brg non-merk, dan 110 ribu/kg utk brg bermerk. Itu bicara harga kirim udara, sampenya 6 harian sejak brg terkirim dari gudang. Setahu saya sih agak loose soal minimum pengiriman. Tempo hari saya kirim 2 paket utk org berbeda, masing2 18 kg dan 4 kg. Diterima aja sih..dengan embel2 info kalo barang jumlah kecil pake udara aja (krg dari 5 ato 10 kg, info nya msh ngga pasti dan beda2 gitu sih sayangnya). Itu karena kirim laut pake sistem kubik/kubit, dan akan nunggu sampe kontainer mrk penuh dulu baru kirim, dgn lama pengiriman 3-4 minggu sejak barang terkirim dr gudang mrk.

      Pelayanan cukup bagus, dlm artian mrk amat responsif wkt di telp dan menelpon balik. Baik staf yg di indo maupun GZ (gudang mrk di GZ). Cuma saya masih ada sedikit ganjalan krn mrk ngga punya situs online yg bisa dilihat segala info spy kt bs lbh yakin. Jd pegangan saya ya info dari customer saya yg pakai jasa mrk saja sih.. ini mustinya brg sudah sampai brp hari lalu, hanya blm saya cek ke kedua customer. Nanti saya update lagi.

      Makasih udah mampir yah🙂

      Ohya, ini tulisan saya tentang forwarder itu:
      http://belanjataobao.wordpress.com/2014/01/24/kenalan-pertama-dengan-jasa-forwarder-akhirnya/

      1. salam kenal,
        mbak sis, boleh tolong info jasa fowarder yang mbak sis pake? selama ini pake china post nga lancar :((
        Terimakasih banyak ya mbak🙂

        1. sy sering pakai forwarder handal atau ngga cls.. kalo cls bs di google mrk sangat profesional. kedua frwdr nerapin batas mininum berat paket 10 kg..tp kalu tdk slh bs kurang hanya akan kena penalty cukup besar.

Comment

