Lika Liku cari forwarder untuk BT…

Karena aktifitas terima pesanan belanja di Taobao, mau ngga mau saya perlu cari jasa forwarder. Yang belum tau apa itu forwarder silahkan google sendiri yaaa apa itu definisi teknis dan akuratnya, hehe.. tapi intinya sih kurang lebih yaitu usaha/jasa mediasi yang bantu orang untuk nampung paket dari satu pihak dan meneruskan pengiriman paket tersebut ke pihak/alamat lainnya. Itu sesuai asal katanya saja (‘forward’ berarti ‘meneruskan’). Dalam dunia belanja online, jasa forwarding ini seringkali diperlukan karena berbagai alasan/tujuan.

Bagi saya sendiri, jasa forwarder diperlukan untuk mengirim paket-paket pesanan belanja online dari pemesan di (misalnya) Indonesia, ke alamat mereka masing-masing. Kenapa musti pakai forwarder? (1) Praktis karena lebih hemat waktu (paket ngga musti dikirim ke saya dulu lalu saya kirim ke Indonesia), (2) hemat biaya (karena umumnya forwarder yang bagus itu nawarin diskon ongkir hingga 50% dari tarif normal!), dan (3) lebih tenang pikiran karena paket di tangani oleh profesional di bidangnya, disamping forwarder bagus biasanya punya (4) pelayanan baik jika ada masalah dalam pengiriman/kehilangan/kerusakan/dsb.

Sementara ini, karena masih belum menemukan jasa forwarder yang cocok – terutama dalam hal sistem kontrak dan metode bayarnya, saya masih pakai jalur reguler: Taobao kirim ke saya —> Saya kirim ke alamat pemesan. Kecuali jika pemesan di wilayah yang tercakup dalam jaringan pengiriman internasional Taobao (misalnya: Hongkong, Malaysia, Singapura), yang dari Taobao bisa langsung di kirim ke alamat-alamat di negara-negara tersebut. Kapan yah ke Indonesia juga bisa begitu??? 😀

Anyway, sejauh ini saya temukan beberapa kandidat forwarder yang kelihatannya sih bagus dari tampilan website-nya. Tinggal di cek satu-persatu metode bayarnya. Metode bayar ini bisa agak rumit karena saya sendiri masih enggan berhubungan sama Kartu Kredit (lagi), karena beberapa alasan cukup prinsipil. Sejak 6 tahun terakhir sudah cukup bangga bisa hidup tanpa itu (yay!). Tapi, tau sendiri dong, bisnis dan metode pembayaran online itu kan di dominasi kartu kredit (CC). Terus terang, belakangan ini jadi mulai goyah lagi deh…lagi timbang-timbang apa mau buka lagi sekedar untuk ngawal kepentingan belajar bisnis dan travelling. Apalagi hidup masih nomaden gini.. we’ll see, lah..

Pilihan terpopuler lainnya Paypal, dan Alipay. Alipay jelas ngga mungkin, karena Alipay itu masih mengeksklusifkan diri untuk masyarakat lokal Cina, orang asing di Cina ngga bisa verifikasi akun Alipay, karena sistem verifikasi hanya ngedukung pemasukan ID (alias KTP) nasional Cina yang 18 dijit itu. Coba-coba masukkan ID paspor, ya mental ke langit ketujuh si ID.. (asyik juga sih ke surga jadinya, haha..). Paypal gimana? Dohhh..bikin Paypal di Cina yang terhubung ke rekening bank Cina, hasilnya yang saya alami kadang transaksi berhasil, kadang setengah ditolak, kadang ditolak mentah-mentah, kadang ngga jelas.. hihi.. bingung ngga sih?! 😀 Panjang lah kalo di jelasin detil, pokoknya yang jelas Paypal hasil bikin di Cina ngga jelas pemanfaatannya. 😦

Kalau ada yang punya pengalaman jelas, akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan seputar Paypal bikin di Cina, boleh deh tuh di bagi-bagi tips and trick-nya.. 🙂 karena siapa tahu saya-nya aja yang masih oneng di situ (walau pede-nya sih beneran karena ‘sistem’ Paypal di Cina bermasalah. Hehe..). Alhasil, saya musti mulai deh perburuan forwarder yang bisa jadi jodoh pas untuk BT (BelanjaTaobao)!

HOYOYO

Malam ini nyoba sistem pembayaran Hoyoyo. Saya mulai dengan nyoba Top-up (isi ulang) kredit akun Hoyoyo yang sudah dibuat bulan lalu. Singkatnya, Hoyoyo bukan jodoh yang pas buat BT. Alasannya: Pilihan pembayarannya Paypal dan Alipay. Paypal buatan Cina saya, ngga jelas fungsinya! Alipay, lebih ngga menjanjikan lagi, karena verifikasi Alipay jelas BIG NO! buat orang asing karena ngga punya KTP Cina. Sayang sekali, karena kalau saya lihat sistem kerjasamanya lebih praktis, murah, dan sederhana di banding beberapa forwarder profesional yang saya pelajari sekilas.

Hoyoyo muka

hoyoyo topup trouble1

hoyoyo topup trouble2

Sekedar menyebut beberapa yang lain; ETO dan SFC. Sekilas lihat mereka bagus, menawarkan tarif ongkir yang amat menarik (berdiskon hingga 50% dari tarif normal) dengan beragam pilihan perusahaan pengiriman, tapi agak lebih rumit dan terkesan mahal sistem kontraknya. Tapi bedah detilnya menyusul yah… *break dulu matanya sudah kedap-kedip 5 watt! lol*

~bersambung~

UPDATE (14 Maret 2015): Yang ingin coba pakai jasa saya untuk belanja di Taobao/Tmall silahkan kontak dan cek page saya khusus untuk itu – Belanja Taobao (BT).

Advertisements

66 Comments Add yours

  1. Kuro Lunnyi says:

    selamat siang sis saya mau tanya jasa list2 jasa forwarder yang menurut mbak yang recommend apa yaa ? saya juga lagi hunting sana sini tralu bnyak baca google sana sini gak membantu karena belom nemu testimoni dr stiap forwarder yang saya cari hehehe .bagi info ya kirim ke luisanevitadewi@gmail.com makasih.

    1. bowtouniverse says:

      Hi! Bisa, tolong kirim email saja kesaya bisa? Nanti sy kasih file list forwarder yg biasa sy pakai utk kirim barang ke Indonesia. Thanks!

  2. awan says:

    mbak saya minta list forwarder nya mbak, dan sedikit review dari mbak ttg forwarder-forwarder yang udah mbak pakai
    kirimin ke email mbak ya

    terima kasih

    1. bowtouniverse says:

      Hai, boleh. Tolong kirimi saya email ya, nanti saya balas dgn file list forwarder yg biasa sy pakai.

  3. Rachman Syamsudin says:

    halo kak , boleh minta tolong di share list forwarder yang terpercaya ? email saya m.rachman.s@gmail.com
    makasih

    1. bowtouniverse says:

      Halo! Bisa. Boleh tolong kirimi saya email saja? Nanti sy balas dgn list forwarder nya. Mksh.

  4. Rachman Syamsudin says:

    halo kak @AKTIFISTRI boleh dishare referensi forwarder yang terpercaya ? tolong di email ke m.rachman.s@gmail.com thanks

  5. elysianflakes says:

    Halo mbak.. bisa email saya list forwardernya di elysian.kr@gmail.com

    thanks

    1. bowtouniverse says:

      Hello! Bisa. Boleh tolong kirimi email saja ke saya? Nanti sy balas dgn list forwarder yg biasa saya pakai.

  6. bdr25 says:

    nice info. boleh minta nama2 jasa forwarder yg terpercaya?
    email sy: fajri.wahyudi@gmail.com
    trims

    1. bowtouniverse says:

      Halo. Mgkn sdh telat, tapi jika masih dibutuhkan silakan kirimi saya email nanti sy balas dgn list forwarder yg biasa saya pakai utk kirim barang ke Indonesia. Trims!

  7. bdr25 says:

    nice info. boleh minta list jasa forwarder yg bagus dipakai?
    email sy: fajri.wahyudi@gmail
    com
    trims

  8. Rankugo says:

    Mohon daftar forwarder yg sis pernah coba. Email saya: rankugo@gmail.com thanks

  9. Arif says:

    Permisi gan/sis saya ada forwarder yang recommended ngga ? saya butuh untuk import dari china ke Jakarta. minta tolong di e-mailkan ke :
    arifrahmanhakim.121@gmail.com
    ya… makasih

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s