Yang baru-baru di tahun baru…

27 hari sudah tahun 2014 kita lewati. Saya memang ngga buat resolusi atau goal besar, tapi segenap hati dan pikiran saya tahu kalau tahun ini saya musti realisasikan beberapa hal dan langkah nyata dalam keseharian.

Beberapa yang terbesar adalah; belajar berbagai skill yang bermanfaat buat kedepan (knitting, crocheting, mandarin, dan lainnya yang mungkin di gali selama hidup di Xian/Cina ini), latihan menulis menulis dan menulis!, produksi tulisan tulisan tulisan, baca baca baca berbagai jenis buku fiksi maupun non fiksi, kembali belajar online seni lukis dan gambar (yg sudah lama sekali terabaikan), gaya hidup dan diet lebih sehat, dan dedikasikan waktu lebih untuk training dan ajak main Lila.

Baca buku

‘Surga’ baca saya sudah di tangan (literally!), sudah setahun terakhir ini saya akhirnya ber-Kindle ria, yay! Ada teman lokal yang luar biasa koleksi ebook dan buku-buku konvensional-nya, di awal kami kenalan langsung saya dapat ratusan ebook ter-transfer ke Kindle saya (big thanks to Jean – the book club organizer!). Jadi tahun ini tinggal di gas frekuensi bacanya… “hayo hayo saya bisa!”๐Ÿ˜€

Nulis dan nulis

Sekitar bulan lalu hasil ngobrol sama kawan dari Inggris, saya jadi tahu soal Nano Wrimo (National November Writing Month). Dari obrolan itu hanya sekilas saja disebut. Baru kemudian di rumah saya cari tahu lanjut soal itu, ternyata itu semacam festival menulis tiap bulan november yang di adakan di amerika utara sana. Tujuannya untuk ngasih motivasi dan adrenalin para penulis pemula untuk menggeber hasrat dan minat menulisnya. Lepas dari soal pro dan kontra soal Nano Wrimo itu saya pribadi melihat ide dasarnya positif, tinggal gimana kita mau gunakan untuk tujuan pribadi kita saja. Akhirnya saya modifikasi jadi Nara Wrimo alias National Random Writing Month๐Ÿ˜€ Goal nya ketimbang 1000 an kata per-hari jadi 500 an kata per-hari. Temanya acak dan terpisah, ngga musti jadi satu rangkaian cerita. Sejak saya mulai hingga hari ini baru 2 hari saya betulan menulis, duh! Hiks.. rupanya membangun disiplin itu perlu penguatan komitmen dulu..kalo ngga ya gini masih aja terseok..๐Ÿ˜ฆ ย ngga bangga deh ngakuinnya.. Bagusnya dari obrolan dengan kawan tersebut, sekarang kami jadi saling memotivasi untuk praktek nulis 1000 kata per-hari, walau prakteknya saya modifikasi jadi 500 kata per-hari untuk saya.

Keterampilan hidup (Knitting, crocheting, mandarin, kaligrafi cina, dsb)

Knitting sudah saya mulai, dan berjalan, walau amat tersendat.. bahkan sekitar bulan lalu salah satu kolega suami yang selesai kontrak di Xian ini ninggalin saya warisan beberapa gulung wool cantik, jarum kniting, dan scarf yang belum berapa panjang ia bikin. Saya sudah pelajari online beberapa pola tusukan dasar (I love youtube!), tinggal melanjut ke crocheting. Lalu praktek praktek dan praktek! Optimis tahun ini bisa bikin beberapa proyek kecil: scarf, slippers, dan mungkin lainnya.

Mandarin, saya sedang lihat dan usahakan untuk bisa daftar kursus mandarin di universitas untuk 1 semester saja. Banyak alasan kuat untuk investasi ambil kelas mandarin secara lebih serius, termasuk supaya motivasi dan disiplin lebih terjaga, selain pembelajarannya lebih terarah dengan guru yang juga memang di training untuk mengajar ngga hanya bahasa tapi juga pengetahuan dasar teoritis akademis dan kultural-nya. Semoga isu finasialnya segera dapat solusi di Februari mendatang, karena perkuliahan di mulai bulan Maret.

Gaya hidup dan diet lebih sehat

Bersyukur sangaaat karena suami pun sejak setahun belakangan ini juga mulai lebih perhatian dan berusaha lebih sadar diet dan gaya hidup sehat. Februari mendatang ini genap dia setahun berhenti merokok, walau sementara ini masih digantikan rokok elektrik bernikotin cair. Itu pun sebulan terakhir ini ia mulai sedikit berkurang hirupan uap nikotin rokok elektriknya. Hal lain yang menggembirakan, di rumah kami hampir ngga ada sprite tiap harinya… hanya sesekali saat kangen berat sama rasa soda! Coca Cola sudah berhenti total setidaknya setahun belakangan ini.

Kopi, tadinya hubby peminum kopi berat (minimal 4 mug penuh per-hari) sudah setengah tahun belakangan asupan kopi hariannya jauh berkurang, bahkan sekarang bisa dihitung jari frekuensinya dalam seminggu. Sebagai pengganti, kami mulai rajin minum teh masala (teh rempah ala india) tiap hari. Di dapur kami ada pojok khusus teh berisi cardamom, cengkeh, daun salam, kayu manis, lada hitam, dan tentu gula, teh hitam/merah, serta susu. Saya cukup bangga bisa bilang kalo disiplin kami sangat baik untuk teh masala ini – sudah setidaknya 4 bulan setiap hari 2-4 kali bikin teh masala sendiri, mungkin karena motivasi dan komitmen kami sangat kuat dibalik ini. Buat yang belum tahu apa itu teh masala dan manfaat cardamom silahkan googling sendiri yah, hehe..๐Ÿ™‚

Hal lain yang mulai rajin kami konsumsi sejak minimal 4 bulan terakhir adalah nasi kuning. Orang Indonesia pasti tahu yang satu itu. Kenapa kami rajin, karena setelah pelajari lagi kunyit nya bagus untuk dikonsumsi rutin karena kandungan anti oksidan-nya yang tinggi. Bersyukurlah kami di Taobao gampang dapatin berbagai rempah untuk teh masala dan nasi kuning itu.. termasuk rempah-rempah khas masakan India yang kami suka *masakan India itu selain lezat juga menyehatkan karena banyak rempah-rempahnya*…

Seni lukis dan gambar

Masih belum lakukan langkah nyata sejauh ini… hiks..๐Ÿ˜ฆ Pinginnya bisa segera gerak dan praktek sketsa dan lukis lagi baik indoor maupun outdoor… tapi keliatannya masih butuh cari partner in crime nih… *gigit jari*

Dedikasi waktu untuk Lila

Senang bisa bilang sepanjang Januari ini saya sudah bisa usahakan waktu lebih banyak tiap harinya tanpa harus berjanji kata-kata. Ngga selalu mudah prakteknya, tapi saya berhasil cukup baik… masih jauh dari sempurna tapi sudah membaik dari kecenderungan sebelumnya. Formulanya, dalam satu hari musti paksakan kasih waktu untuk Lila main di luar kandangnya paling sedikit 2-3 kali per-hari… kalau tidak bisa keluar rumah dan lari-lari di taman…

Gitulah yang baru-baru untuk dilakukan di tahun baru ini, versi saya. Gimana dengan anda?๐Ÿ™‚ Ayo bagi cerita..

2 thoughts on “Yang baru-baru di tahun baru…

Comment

