Tahun Baru Cina

Akhirnya tanggal heboh datang juga! Sejak siang tadi petasan dan kembang api sudah mulai meletus dan memekakkan telinga. Dari sekitar lingkungan kami tinggal maupun dari kejauhan seantero kota Xian. Sore tadi saya minta suami temani ke supermarket…ngga hanya saya pingin selama libur kami ningkatin aktifitas keberduaan, tapi juga saya tahu pulang dari supermarket bakal bawa barang agak berat, hehe.. saatnya memberdayakan energi lebih suami ;D

Saat nunggu bis ternyata tetangga baru kami (sekaligus sekarang jadi teman baik) sesama orang Indonesia juga mau ke supermarket, jadi lah kami belanja bareng. Jalan-jalan dan lalu lintas mulai amat luang, bis-bis mulai lebih sedikit, tapi dalam supermarket? sebaliknya😀 tipikal menjelang hari raya/libur panjang.

Sejak berapa hari lalu saya coba cari tahu apa mall Kaiyuan di pusat kota ‘masih’ akan bikin pertunjukan kembang api besar tengah malam nanti, tapi 3 teman lokal yang saya kontak dan tanyakan bilang ngga akan ada. Satunya bertanya ke polisi, satunya menelepon ke nomor telepon mall tersebut (sudah saya coba telpon tapi ngga ada staf yang bisa bahasa Inggris), dan satunya ngga tahu tapi menduga aja berdasar berita dari pemerintah kalau petasan dan kembang api mulai di batasi/ larang (dalam jumlah besar?).

Dua tahun lalu kami berdua datang ke mall tersebut sekedar iseng ngga terlalu berharap ada kembang api karena dengar kabar kalau itu mulai di larang dan batasi. Ternyata ada! Kali ini, sejak beberapa hari lalu kios petasan dan kembang api jalanan mulai bermunculan, walau ngga sesemarak 2 tahun lalu… saat saya menulis ini pun terdengar seperti kota Xian dihujani bom-bom perang… sejak siang tadi pun udara Xian mulai kelabu dan tinggi polusinya, jadi saya ngga tahu di mana efek pelarangan pemerintah itu berada?!

Kalau hanya dibolehkan untuk perorangan, lha kalau sejuta saja orang di kota ini pasang petasan dan kembang api, apa ngga sama aja polutifnya? Mungkin efeknya bisa dilihat secara statistik dan putaran uang nasional/kota, tapi efek kasat matanya kok ngga kelihatan… udara kota tetap aja jelek dan kayak habis perang sejak siang tadi.. ini makin malam suara riuh makin gempita seantero kota.. kenapa juga ngga sekalian keluar dan nonton pertunjukan besar-nya kalau memang ternyata ada?!

Makanya saya mau keluar ke tengah kota untuk cari tahu sendiri ke mall tersebut. Kalau ada pertunjukan mustinya jam-jam sekarang ini halaman depan mall sudah di blok dan dipersiapkan puluhan kardus membentuk formasi tertentu, isinya ya kembang api yang nantinya akan tampil cantik selama 30 menit menjelang pergantian tahun Cina.

Polusi luar biasa? Oh well, tiap winter sepanjang tahun sudah amat polutif kota ini, yang penting dikurangi saja hirupannya pakai masker yang pas (khusus untuk pm 2.5/pm 10).

Jadi ceritanya ini saya mau ke pusat kota, datangi dan cek apakah ada tanda-tanda perkembangapian di halaman mall Kaiyuan, mungkin tanya petugasnya juga, kalau betul akan ada pertunjukan ya saya akan kabari suami untuk nyusul, dan beberapa teman kalau-kalau mereka minat gabung.

Segitu maksainnya kah? Terus terang awalnya murni sebatas pingin nonton pertunjukan, tapi setelah semua teman yang saya tanya bilang, ‘ngga’ tapi prakteknya diluar sana suara dan gemuruh petasan saling bersambutan, polusi udara makin tebal, saya merasakan gairah dan adrenalin meningkat bukan karena murni pingin nonton pertunjukan lagi, tapi karena rasa ngga pingin nyerah sama informasi yang terkesan ‘vague’, lebih ke pingin buktikan sendiri kebenaran berita itu.

Rasanya saya sudah cukup lama tinggal di Cina untuk paham kalau informasi dari 1-2 orang saja kurang bisa jadi patokan ;D Terutama kalau itu menyangkut hal yang sangat di pingin atau dibutuhkan, kuncinya adalah; tanya ke sebanyak mungkin sumber, dan sebisa mungkin cari tahu sendiri ke sumber paling hulu.

Comment

