Met datang di tahun kuda!

IMG-20140131-WA0005
Makan malam perayaan tahun baru kuda di restoran vegetarian Tianglong Bao – Xian (photo courtesy UL – thanks to UL!)

Gimana hari kedua di tahun baru kuda kalender Cina? Biasa-biasa aja..sama dengan hari lain di tahun baru kalender Gregorian, atau kalender islam Hijriah. Tahun baru sekedar penamaan dan pelabelan oleh kita manusia. Untuk nandai waktu, sejarah, peradaban, dan sebagainya.. Sebagian kita bikin resolusi, sebagian lain tidak. Sebagian bikin rencana dan komitmen akan sesuatu, menambah spirit untuk sepanjang tahun baru kedepan, sebagian lain lewat saja tanpa peduli ini itu seputar perubahan.

Saya sendiri, tahun baru 2014 ini ngga bikin resolusi tertulis atau terprogram ketat di atas kertas, tapi ada beberapa catatan penting dan action plan untuk sepanjang tahun. Bukan hal-hal ‘wah’ dan besar, tapi lebih ke keseharian dan peningkatan skill dan ilmu buat kebutuhan masa depan, seperti saya bagi di tulisan sebelumnya.

Gimana dengan tahun baru Cina? Karena saya sedang tinggal di Cina jadi ya sedikit banyak ikut merayakan euforia tahun baruan kalender berbasis-bulan ini. Tahun ini simbolnya Kuda. Lepas dari apa makna superstitious (kepercayaan irasional/mitos) dibalik simbol itu, secara umum saya berharap di tahun ini saya berhasil bikin hidup lebih bermakna dan bermanfaat buat diri sendiri, orang-orang yang saya sayangi, dan yang ada disekitar saya… saya pingin memandang segala hal dalam keseharian lebih positif dari sebelumnya… abstrak memang, tapi itu hukum emas untuk bahagia dalam keseharian, saya pikir.

Kemarin hari pertama tahun kuda, 31 Januari 2014, saya awali dengan pergi makan bareng beberapa teman dekat saya/kami di sini; pasangan Indonesia-Amerika El & Zk, pasangan Indonesia yang baru datang di Xian Ul & Dw dan putri ciliknya Tr, kami berdua, dan satu orang teman lokal Tn. Awalnya rencana dinner ini untuk menyambut keluarga Ul & Dw yang baru kurang lebih sebulan bergabung jadi penduduk Xian. Tapi baru kemarin itu kesampaian, jadilah sekalian merayakan tahun baru kuda😀

Karena keluarga Dw & Ul sangat relijius dan amat berhati-hati dalam kehalalan makanan, El & Zk sedang mengurangi asupan daging-dagingan, dan kami berdua sedang pingin makanan ringan setelah 2 hari sebelumnya makan besar dan berat di restoran India favorit kami dengan 2 orang teman & kolega hubby, kamipun sepakat pilih restoran vegetarian budha di dekat ‘big pagoda’, yang ngga jauh dari restoran India langganan kami berdua juga.

Restoran yang namanya Tianlong Bao ini punya varian masakan yang buanyak sekali, sampai bingung milih menu karena tiap menu keliatan sedap dan bikin liur mencair!😀 Harganya per-menu juga variasi dengan harga umum sekitar 18-40 an yuan per-porsi lauk. Mereka punya lauk dengan nama-nama hewan, macam pork (babi), ayam, sapi, ikan, tapi semua itu hanya nama aja, tapi sebetulnya di buat pakai bahan-bahan non daging. Saking pinternya kuliner sekarang itu sampai tiap menu yang berjudul ‘daging’ rasanya saaangat mirip dengan daging aslinya.. jadi penasaran gimana mereka bikinnya. Moga-moga sih ngga pakai bahan lain yang justru berbahaya untuk di konsumsi…🙂

Sore setelah semua confirm soal waktu, saya telpon restoran itu untuk pastikan mereka buka di hari pertama tahun baru mereka itu.. ternyata buka (thanks to El yang sudah ngingatin untuk telpon dulu!). Awalnya kami rencana mau memperkenalkan area wisata seputar big pagoda ke keluarga Dw & Ul dulu sebelum dinner..maksudnya kalau sudah tahu sekali kapan-kapan mereka bisa datang lagi sendiri untuk lebih puasnya.

Tapi sayangnya, udara Xian lagi super juelek sepanjang hari itu karena efek ledakan petasan dan kembang api di seluruh kota sejak sehari sebelum malam tahun baru.. Jadi kami batalkan jalan-jalannya, karena ngga sehat buat semua. Pagi kemarin hubby cek level AQI Xian mencapai 700 an (hazardous – amat berbahaya), sore sebelum berangkat ia cek lagi masih berkisar 760-an..

Kami semua pergi berbekal masker. Buat saya dan hubby penggunaan masker saat AQI separah ini (diatas 500) sudah ngga ditawar lagi. Kami ngga peduli mau di pandang paranoid, di anggap lebay, atau di liatin dengan aneh oleh mayoritas penduduk lokal yang kelihatan ngga peduli dan gagah berani menghirup udara beracun itu tanpa pelindung/pengurang resiko, termasuk oleh sesama penduduk asing.

Yang kami tahu itu kami bertanggung jawab penuh atas kesehatan jangka pendek maupun panjang kami sendiri. Masker memang ngga bisa menangkal 100 % pm 2.5 masuk ke tubuh dan paru-paru kita, tapi kalau bisa kita kurangi dan perendah resiko kerusakan organ kita, kenapa ngga? Yang punya lebih dari satu nyawa silahkan saja hirup racun pm 2.5 sebanyak yang di mau.

Yang berpikir hidup hanya sekali dan kita semua akan mati karena satu dan lain hal yang kadang tidak kita antisipasi, silahkan saja hidupkan pola berpikir itu. Tapi prinsip kami, apa yang kami sudah jelas tahu berbahaya, merusak, dan efeknya bikin hidup menderita, dan kami mampu lakukan pencegahan/pengurangan resiko, ya itu yang akan kami jalani.

Kami hidup diatas kaki kami sendiri, mencari nafkah dengan hasil yang tidak bikin tabungan melimpah ruah, ragam penyakit serius termasuk kanker paru-paru yang bisa disebabkan oleh racun pm 2.5 itu hingga kini masih amat mahal dan bisa dibilang tidak terjangkau kantong kami, asuransi kesehatan pun kami tidak punya – dan masih belum percaya sama fungsi dan sistem asuransi, jadi lebih baik kami lakukan apa yang kami bisa untuk mencegah dan mengurangi resiko. Murah, sangat mungkin dilakukan, dan tidak merugikan siapapun.

Untuk maksud itu juga, malu bermasker kami abaikan, rasa ngga nyaman bermasker kami tepiskan, komentar dan pandangan ngga positif tentang bermasker biar masuk kuping kiri keluar kuping kanan, yang kami tahu kami cuma bisa proteksi diri kami sendiri. Yang kami tahu, kami tidak merugikan siapapun..😉

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s