Samosa Punjabi ala Pitkanens

0102201411677

Puas banget deh! Percobaan pertama Samosa saya berhasil. Yang belum tahu Samosa, itu sejenis pastel-nya India. Ngga hanya lezat, tapi juga kaya pemakaian bumbu/rempah. Sejak beberapa bulan terakhir kami memang makin giat berusaha jalani diet sehat, juga pola hidup sehat. Belum sempurna prosesnya, tapi pelan tapi pasti sudah mulai ‘on track’. Lebih jauh, berapa hari ini saya juga makin rajin browsing dan berguru online seputar rempah, bumbu, dan resep India, untuk ngedukung komitmen kami akan masakan kaya rempah (terutama kunyit).

Resep india bisa amat menyita waktu dan kantong (haha..) karena ragam bumbunya buanyak ajah! Modifikasi sering saya lakukan saat nyoba resep, tapi kalo banyak bumbu esensial yang di pangkas kan hasilnya jadi kurang seru dan muasin.. :p Bumbu keseharian Cina beda jauh dengan bumbu keseharian India, jadi sangat sulit bahkan kadang ngga mungkin dapat rempah dan bumbu India di pasar konvensional. Untunglah ada Taobao si raja pasar online, bumbu rempah India dan Asia Tenggara/Indonesia pun banyak yang bisa saya dapat..

Setelah intip sana-sini, ternyata Samosa punya ragam style isi, India utara dan Selatan bisa sedikit beda di isi. wilayah India lain juga kabarnya punya gaya isi beda. Nah yang saya mau coba ini cenderung ke Samosa khas Punjabi, yang isinya cukup kentang, kacang polong dan bumbu rempah. Tapi tentu modifikasi ngga kena tilang dong, jadi deh tetep saya modifikasi jadi…’Samosa Punjabi a la Pitkanens’😀  yang isinya gaya Punjabi tapi saya tambah ayam cincang, wortel, gula, dan susu cair. Jadi rasanya agak manis dan sedikit juicy, hampir kayak isi kroket gitu.. Saya lebih suka isi yang ngga kering dan agak manis soalnya..🙂

Resep saya ikuti plek-plek dari salah satu blog masakan India favorit saya, klik disini. Kami pilih cara masak panggan (oven) ketimbang deep fry (goreng rendam). Samosa goreng rendam pastinya lebih lezat, tapi dipanggang ngga cuma tetap lezat tapi juga lebih sehat. Jadinya 14 buah Samosa ukuran sedang. Adonan bungkusnya, sempurna! Well, itu menurut perasaan saya yang masih newbie (baca: pemula) mengingat ini percobaan pertama saya, hehe.. Tapi sekedar gambaran, suami saya bilang enak. Maksudnya tadi di masak 6 potong buat snack nonton Avatar malam ini, lah di kasih coba 1 buah berdua malah dia ngga bisa berhenti ngunyah! lol.. Tergoda banget untuk masakin lagi beberapa buah lainnya, tapiiii disitulah disiplin diet sehat kami di uji, hehee.. kami kompak mutusin, “ngga deh!”, simpan buat besok aja..

0102201411667

0102201411663

0102201411664

0102201411661

0102201411673

0102201411678

Comment

