Menu India lagi…

0202201411691
Baingan Bharta. Ngga sekental dan selekat resep aslinya, tapi rasanya lumayan banget buat pemula, hehe.. suami pun suka!

Akhirnya bisa duduk manis juga! Makan malam sudah, Lila sudah puas main dan sudah balik ke ‘tempat istirahat’ nya, hubby sudah balik nyimak pelajaran online-nya, dan saya…siap ketak ketik cek email, blogging, dan browsing ini itu😀

Makan malam kembali menu India terhidang di meja TV (karena posisi dan ukuran meja serta ukuran ‘ruang makan’ yang sempit, kami lebih nyaman makan sambil ber-TV ria). Kali ini saya coba 2 resep India yang di India di sebut Bagara Baingan, dan Baingan Bharta. Kalo diperhatikan ada kata yang sama di kedua menu itu…kata ‘baingan’ yang artinya terong.

Awalnya saya cari resep berbau terong karena pingin pakai terong yang di beli sejak 3 hari lalu. Tunggu sedikit lama lagi bisa busuk nanti.. dari beberapa resep yang di dapat kedua resep itu yang paling menarik hati. Yang Baingan Bharta saya putuskan untuk di masak betulan pakai terong, sementara yang satunya saya suka sama tipe bumbunya (saya tahu hubby juga bakal suka!), tapi terongnya di ganti dengan ayam supaya dapat asupan protein.. mungkin lebih pas kalo namanya jadi ‘bagara chicken’ kali yaaa? :p

Baingan Bharta nya saya pakai bumbu lengkap seperti di resep, cara masak juga ngga ada masalah. Hanya daun corriander (ketumbar) saja yang ngga di pakai, karena hubby ngga suka sama daun itu – kalau saya suka banget! Sementara Bagara Baingan, yang ngga saya pakai; poppy seeds dan caraway seeds karena ngga punya stok. Kayu manis-nya saya pakai yang bubuk, buah asam hanya saya pakai sedikiiit saja karena kelihatannya hubby ngga gitu suka sama rasa asam dalam beberapa masakan India yang saya bikin semingguan terakhir ini.

Black cardamom (kapulaga) saya ganti green cardamom karena ngga punya, dan daun salam (bay leaves) saya tidak blender (giling) bersama bumbu-bumbu sangrai lainnya tapi di campur saat bumbu giling di tumis. Semata belum yakin aja kalau daun salam aman di konsumsi – soalnya pernah dengar daun salah bisa membahayakan kalo di makan. Sambil cek ricek di internet mending saya ngga ikuti dulu karena masih ragu.

Saya ikuti resep dari blog favorit, klik di sini.

Hasilnya? Menurut saya dan suami sih enak-enak aja. Suami ngga komplen. Rasanya saya modifikasi dengan pakai gula pasir karena kami suka kalo ada sedikit rasa manisnya – di resep ngga di sebut gula.

0202201411692
Bagara Baingan, atau lebih tepatnya Bagara Chicken? ;D
0202201411688
Samosa – stok hasil bikin semalam, jadi pengganjal sedap dan mengeyangkan tadi siang, karena kami tidak sarapan..
lila
Lila sedang santai setelah puas dan capek main malam ini… ia biasa rileks sambil nemani saya ber-komputer kalau sudah capek main. Gorgeous dog!

Comment

