Rice pudding

Coconut Milk Rice Pudding ala Pitkanens, ikuti resep Chef John tapi dengan modifikasi di sana sini, termasuk mengganti mangga dengan nanas (mangga masih mahal sekali hari-hari ini)
Coconut Milk Rice Pudding ala Pitkanens, ikuti resep Chef John tapi dengan modifikasi di sana sini, termasuk mengganti mangga dengan nanas (mangga masih mahal sekali hari-hari ini)

Sejak semalam saya sudah browsing resep Rice Pudding, mungkin karena sejak kemarin lagi kebayang terus rice pudding nya Turkish Kebap. Terakhir kesana sama beberapa teman saya akhirnya nyoba rice pudding mereka. Enakkkk! Jadi selalu ngancam satu saat pingin bikin sendiri dirumah.

Akhirnya dapat beberapa resep yang keliatannya nawarin rasa yang saya dan hubby suka. Keduanya dari Allrecipe.com situs masakan favorit saya. Paling suka nonton video-video nya Chef John yang seringkali bikin resep terasa mudah buat di coba, selain orangnya lucu dan gemesin saat narasiin videonya!😀

Yang langsung bikin saya ngebet pengen coba bikin adalah Coconut Milk Rice Pudding oleh Chef John, dan satunya Creamy Rice Pudding. Kebayang santan bakal bikin pudding itu lebih nampol di lidah.. Saya tanya hubby mau gak kalo rice pudding jadi sarapan sesering mungkin, terutama saat kami punya sisa nasi dari malam sebelumnya.. eh dia ngangguk yakin, okei deh! *nanya sebelumnya penting jadi ngga perlu dengar komplen nantinya*

Karena semalam kami makan nasi uduk (atas permintaan hubby), dan sengaja bikin lebih untuk sarapan, akhirnya saya bikin rice pudding yang ala Chef John, hanya santannya sudah ada dalam nasi (uduk) tinggal tambah susu dan lainnya saja. Hasilnya…hmmmm sooo creamy, gurih, manis, bikin goyang lidah pokoknya!😀 Suami saya sampe berbinar makannya sambil bilang, “Enak banget!! Tapi jangan bikin sering-sering yah bisa cepat kena serangan jantung kita!” hahaha.. Jadi versi super krimi kayak gini bakal jadi ‘special treat‘ aja sesekali. Untuk hariannya kami bakal pake resep basic aja, ‘keep it simple‘ dengan cukup pakai nasi, susu, garam, gula, kayumanis, pala, dan sedikit vanila kalo lagi ada..

Sedikit catatan, saya bikin modifikasi sana sini;

1. santan sudah termasuk dalam nasi uduk yang saya pakai jadi ngga tambah extra santan,

2. karena pakai nasi uduk berarti ada kandungan cengkeh-daun salam-garam didalamnya jadi hanya perlu tambah sedikit garam,

3. jenis beras nya biasa seperti beras Indonesia (panjang), dan bukan beras arborio yang di pakai Chef John,

4. saya ngga pakai mangga karena kemarin cek di Vanguard supermarket kok masih mahal beut! Padahal saya cinta banget mangga. Juga ngga pakai resep rahasia Chef John untuk pudding ini; Chinese five spice. Udah kaya rempah kok, hehe.. Sedikit catatan, nanas sebagai pengganti mangga ternyata ngga excellent di pakai untuk pudding ini, nurut saya jadi agak ngerusak rasa. Besok-besok ngga saya pakai lagi karena jadi ngasih rasa sedikiiiit pahit.

Overall, percobaan pertama sukses. Sampe suami bilang, “sarapan pagi ini kelas Ritz Carlton’, hahaha.. jadi terbang dengernya! Puas deh karena selama ini saya kira rice pudding itu repot dan susah bikinnya..ternyata sederhana dan gampang aja tuh bahan-nya..  Okay rice pudding, welcome to our daily living room! :D

rice pudding
Porsi untuk suami yang berhias cengkeh, porsi saya yang berhias nanas.

4 thoughts on “Rice pudding

    1. hayoo coba bikin. gampang banget lho! cm nasi, santan, garam, gula, kayumanis pd dasarnya, dicampur dan masak sambil diaduk terus.. bs variasi dgn apa yg disuka.. met nyoba, good luck!

Comment

