Putri Ayu/Putu Ayu

Percobaan kedua baru sukses ngembang kayak gini. Yay!
Percobaan kedua baru sukses ngembang kayak gini. Yay!

Kue ini termasuk camilan Indonesia favorit saya. Rasa manis asin berpadu sempurna saya teksturnya yang ringan dan agak spongy (ringan lembut membal seperti busa). Sejak awal-awal di Cina saya sering kepingin bikin. Cuma dulu-dulu ngga tau gimana dapetin cetakannya, ovalet/sp/tbm, kelapa parut, dan daun pandan. Mau minta kirim dari Indo rasanya belum se-desperate itu..

Tahun 2013 lalu, dandang kukus udah punya sejak lama, cetakan udah dapat kiriman dari adik di Indonesia (thank DA!) berikut pasta pandan, tbm, sp, ovalet, dan berbagai pernik baking lainnya, kelapa parut udah beli dari Taobao, pokoknya lengkap lah semua bahan *cihuy!* Setelah intap intip lebih dari 5 resep online, serta tips tips dan cerita pengalaman orang bikin putu ayu, kesampaian juga deh bikin putu ayu Desember lalu…

Percobaan pertama ngga gagal tapi juga ngga sukses amat. Putu ayu tetap jadi dan enak, tapi ngga ngembang sempurna. Agak kecewa sih karena itu kali pertama saya pingin kenalin putu ayu ke hubby. Tapi lucunya dia malah bilang “enak!” dan suka. Malah katanya jangan di rubah-rubah lagi! Hadeuh.. *tepok jidat*

Hasil percobaan pertama, setengah sukses tapi masih enak dimakan.
Hasil percobaan pertama, setengah sukses tapi masih enak dimakan.
Percobaan kedua, sukses!  Senangnyaaa.. :D
Percobaan kedua, sukses! Senangnyaaa..😀

Penasaran, ngga berapa lama setelahnya saya maju bikin lagi, setelah coba cari tau online penyebab kegagalan kira-kiranya apa. Percobaan pertama saya ngga gunakan mixer/blender sama sekali mengikuti salah satu resep, rasanya itu sebabnya – walau pemilik resep sih ngakunya selalu pakai cara itu bahkan laku untuk jualan. Gimana ngga bikin pede?!😀 Percobaan kedua saya ikuti tips dan resep yang saya temukan di yahoogroups forum (makasih Yovita Mariani!). Ia bilang kalau putu ayu sebetulnya seperti bikin sponge cake yang menurut dia kuncinya ada di mixing dan pengadukan adonan.

Kelihatannya ia tahu apa yang ia omongin jadi saya coba ikuti resep dan tips-nya. Intinya buat saya ada di: pengocokan pertama (telur dan bahan lain kecuali terigu) pakai mixer, pengocokan bahan mix dan terigu juga pakai mixer tapi ngga lama-lama – cukup asal tercampur rata saja, lalu bungkus tutup panci dengan bahan. Hasilnya, voilaaa!! Senyum pun mengembang penuh di bibir dan hati, sepenuh ngembangnya si putu ayu..heheee..

Setelah percobaan kedua itu saya jadi ketagihan bikin sampai beberapa kali… buat camilan saat teman datang main, buat di bawa ke acara playdate sama teman, buat acara nonton film di rumah bareng teman – sampai si putu ayu dapat julukan ‘shreky’ karena warna nya yang hijau kayak karakter kartun Shrek, termasuk jadi antaran snack ke tetangga/teman baru sesama Indo yang baru jadi penduduk Xian Januari lalu.

Jadi camilan saat teman-teman datang main...
Jadi camilan saat teman-teman datang main…
Tiap kali coba rasanya lebih baik, yang ini terakhir bikin dan favorit saya karena adonannya lengkap ada walnut dan coklat! :D
Tiap kali coba rasanya lebih baik, yang ini terakhir bikin dan favorit saya karena adonannya lengkap ada walnut dan coklat!😀

Soal resep, modifikasi itu udah mendarah daging di saya ;D jadi sepanjang modifikasi bahan ngga akan ngerusak rasa dan penampilan akhir biasanya saya modif ini itu..termasuk si putu ayu cantik ini. Saya pecinta walnut dan suka kalo ada rasa coklat lumer di adonan cake, jadi deh sejak awal saya adonan di campur walnut hancur. Percobaan berikut-berikutnya saya tambah coklat chips, jadi waktu di makan lidah terasa berpoco-poco sama rasa coklat dan kriuk gurihnya walnut. Berpadu sempurna sama rasa asin kelapa dan tekstur ringan lembutnya putu ayu! Sedaaap.. Cuma ngga mau sering-sering bikin (kecuali saat rajin-rajinnya percobaan itu) karena, pertama rasanya nagih, kedua kalo ngga pingin bengkak di kanan kiri badan ini, heheee.. ;D

Ohya, in case sulit buka link dari hape berikut ini resep dan tips yang saya pakai untuk bikin putu ayu yang sukses – copas dari link yahoogroups forum diatas:

Sebenernya putu ayu itu persis seperti sponge cake cara buatnya cuma tdk pake mentega tetapi santan. tekniknya sama persis dg buat sponge cake mbak. Menurut pengalamanku kuncinya itu di pengocokan telur, pencampuran tepung terigu juga teknik aduk balik pd saat santan di masukkan.
Kalo aku pake resep :
2 butir telur
75 gram gula pasir
125 gram terigu segitiga
100 ml santan
1/2 sdt sp/tbm/ovalet
1 sdt pasta pandan
Kelapa parut (dikukus tersendiri)
 
Cara : 1. Kocok telur dan gula hingga putih dan mengembang. 2. Masukkan sp kocok lagi hingga mengental. 3. Masukkan terigu aduk rata 4. matikan mixer lalu masukkan pasta pandan dan santan aduk rata (aduk balik). 4. Masukkan kelapa pd dasar cetakan n tuang adonan ke cetakan lalu kukus hingga matang -/+ 10 menit. Pd saat mengkukus jgn lupa tutup panci di lapisi kain serbet.

4 thoughts on “Putri Ayu/Putu Ayu

Comment

