Menutup akun Skype

Lagi kepikir atau mungkin bete nyari-nyari ikon ‘tutup akun’, ‘batalkan akun’, ‘close/cancel account’ di situs Skype? Ngga ketemu ketemu kan biar mata udah cenut cenut nyari dari sapu cepat sampai telisik pelan dan satu-satu? Anda betul kok, memang di Skype ngga tersedia ikon ‘tutup/batalkan akun’ di situs mukanya. Lucu juga sih, saat kemudahan buka, edit, dan tutup akun hampir selalu wajib tersedia di berbagai situs dan blog kalau ngga mau ditinggal pengguna, Skype justru (saya rasakan) mempersulit fitur ‘tutup/batalkan akun’ nya.

Berapa hari lalu saya uplek didepan komputer berusaha batalin 3 dari 4 akun Skype saya. Kenapa juga banyak-banyak akun? Well, ngga diniatin sebetulnya. Beberapa tahun terakhir Skype saya entah kenapa ngga bisa di pakai lagi, di desktop maupun smartphone. Jadi benci benci butuh…makanya pas butuuuh banget saya coba bikin akun baru. Sampai seiring waktu kok tau-tau baru nyadar belakangan saya udah punya 4 akun yang ngga bisa dipakai semua! Giling!

Baru berapa hari ini saya pegang hape baru. Hape lama rusak layarnya dan si dokter henpon bilang ngga ketemu dicari layar pengganti yang cocok. Bilangnya sih karena hape saya palsu bukan untuk pasar mainland (China) – memang waktu beli (online) keterangannya sih itu Samsung untuk pasar Hongkong. Nah, hape baru sekarang ini kelihatannya Skype ngga bermasalah. Tapi untuk ngurangi pusing kebanyakan akun saya peingin bebersih dulu.

Jalan menuju informasi ‘gimana tutup akun Skype’ dan ‘gimana bisa chat dengan customer service online’, seperti mungkin anda juga alami, cukup ribet dan dipaksa fokus baca Skype community dulu (tau kan baca info serius paling cepat bikin bosen dan ngantuk! hihi..). Tapi akhirnya berhasil juga! Begitu kehubung rasanya tuh lega dan something bangeeet! Ngga hanya itu, tapi juga yang saya alami, staf CS online nya bener-bener kerja dan sabar nunggu (jujur saya sempat grogi dan was-was kalo dia ngedadak offline dan males ngelayani, atau saya disaranin untuk kontak lagi mereka setelah saya jalani beberapa langkah lanjut sebelum akun bisa ditutup semua sampai ketiga akun saya berhasil ditutup semua. Dan itu total hampir 1 jam!

Di awal, saya pikir “Pasti cepat! Apa susahnya nutup akun bagi sistem canggih mereka?!”. Hah, salah besar, tiap kasus bisa beda. Saya harus rubah dulu isian informasi personal tiap akun dengan isian “xxxx”, artinya saya harus bolak-balik, buka-tutup ketiga akun satu persatu! Pfiuh.. Juga, akhirnya jadi harus ganti ‘primary email’ semua akun itu ke email lain dulu sebelum dia bisa proses, karena semua kode verifikasi dari dia ngga ada yang sampai ke ‘primary email’ akun-akun itu, huhuhu.. :((

Staf onlinenya bernama Arjay, most likely orang India (Jadi inget beberapa film Hollywood yang ngangkat scene perusahaan internasional banyak yang gunain perusahaan-perusahaan di India untuk fasilitas dan jasa customer service-nya). Dari pengalaman itu saya bisa bilang puas sekali dengan layanan Text-chat nya Skype. Kerja mereka yang baik dan sangat memuaskan itu pada akhirnya menghapus bersih keribetan awal sebelum akhirnya terhubung ke layanan online mereka! Di akhir, Arjay minta supaya saya kasih evaluasi tentang pelayanan mereka. Of course, saya lebih dari pingin kasih penilaian bagus. Ia bilang halaman penilaian akan muncul setelah saya tutup/klik ‘x’ chat box nya. Untuk keperluan ambil screenshot, saya tunda dulu menutup chat box beberapa menit. Setelah selesai saya tutup chat box. Lho, tapi mana halaman evaluasinya?! Oh nooo… Nyesal banget rasanya ngga bisa kasih penilaian tentang pelayanan Skype online dan khususnya untuk kerja Arjay itu!😦

Tapi, masih ada jalan lain. Untuk nebus rasa nyesal itu, saya berbagi pengalaman itu disini. Semoga membantu pengguna Skype yang lain, selain tentu kasih ‘credit’ positif ke Skype dan staf CS onlinenya (khususnya Arjay yang sangat profesional menangani kasus saya). Credit yang sangat layak mereka terima!

Untuk yang sedang mengalami kesulitan mencari cara ‘menutup akun’, semoga uraian berikut membantu.🙂

Langkah-langkah:

  1. Klik link ini: https://support.skype.com/en/faq/FA142/how-do-i-close-my-skype-account
  2. Cari dan klik “contact Skype Customer Service” di badan tulisan.
  3. Kalau belum log-in akan diminta untuk log in, kalau sudah log-in akan tampil pilihan topik masalah, pilih “account and password”, lalu muncul box turunan bertanya persoalan yang terkait, pilih “deleting an account”. Klik “next”.
  4. Muncul pilihan metode kontak: Skype community, dan Text chat support. Saya pilih klik yang kedua karena dari hasil browsing sebelumnya saya dapati jalan satu-satunya untuk tutup akun Skype adalah minta bantuan langsung ke customer service.
  5. Setelah itu muncul halaman baru lagi, klik ‘start chat’ box. Lalu keluar chat box. Di halaman sebelum ini ada peringatan kalo kita mungkin nunggu sampai customer representative nongol di dialog box, disebut maksimum 13 menit. Saya ngga ingat berapa lama nunggunya saat itu, tapi bisa kelihat di screenshot chat box di bawah ini…
  6. Good luck!🙂

Skype chatsupport1

Skype chatsupport2

Skype chatsupport6

Skype chatsupport7

Skype chatsupport8end

Comment

