Cerita ber-taobao: komplen dan refund (bag 1)

Menurut kalian benar ngga kalo rasa ngga happy dan diperlakukan ngga fair jadi bensin ampuh untuk nulis? Saya sih setuju (duh harap maklum ya kalo gue gonta ganti antara saya, gue, dan aku disana sini.. haha). Pasalnya saat ini aja rasanya aliran darah gue full power mo nulis soal pengalaman komplen ke Taobao, haha..

Dari pengalaman belanja ribuan produk dari buanyak toko yang beda, gue bisa bilang penjual di taobao itu sekitar 80% reasonable dan bertanggung jawab, sisanya unbelievable bad-ass!

Dalam 3 minggu terakhir gue ngalamin komplen ke Taobao untuk dua produk dari toko yang berbeda; satu, vest cowok yang untuk pesta resmi itu lho.. sama kedua, nikotin cair untuk e-cigarette nya J. Vest nya dibutuhin untuk pesta tahun baru sekolah tempat J kerja, dress code nya ngewajibin pakai itu.

Untuk vest, ceritanya kami beli yang super murmer aja karena toh cuma dipakai sekali, J juga ngga tipe yang demen pakai vest atau suite. Barangnya sih sampai cepat banget, hari ketiga udah gue terima. Tapi pas dicobain, ohlalaaa.. pas dibadan gue! Lah gimana di badan si J yang pastinya lebih gede? Pastilah udah kami ukur badan dan cocokin nomor berapa yang pas sebelum beli. Masalahnya, ada 10 cm diskrepansi dari info produk mereka. 1-2 cm masih wajar kali ya, apalagi produk murmer, masa ngarepin meticulous! :p

Jadi singkat cerita, kami layangkan komplen; mau kembalikan barang dan proses refund. Tapi selama komunikasi panjang berliku dan melelahkan sama penjualnya baru ketahuan macam apa si penjual; masuk ke kategori yang 20% diatas.

Bad-ass nya dimana? Pertama, ongkir dari dia ke gue, dia charge 12 yuan, faktanya mustinya cuma 10 yuan standar untuk 1 helai vest ringan begitu. Itu sudah bentuk penipuan. Kedua, Info produk sangat beda sama kondisi aktual produk tapi dia menolak untuk mengakui itu salah dia yang oleh karenanya secara aturan taobao, dia yang harus tanggung ongkir untuk balikin barangnya – yang mana dia tolak untuk bayarkan. Selfish menurut gue. Ketiga, saya harus keluar ongkir 12+10 yuan bolak balik untuk produk gagal dia, lalu harus ngeluangin waktu dan tenaga banyak untuk komplen. Keempat, kerugian gue beli dari dia itu komplet, materil waktu dan mental, dan dia ngga mau tahu sama sekali. Kelima, karena kejadian itu gue jadi otak atik seluruh page toko dia, ternyataaa dia dapat mungkin ratusan komplen dari pembeli yang sudah dirugikan karena kualitas, kecurangan dia soal uang dan ongkir, bad service, bad communication, dan sebagainya! Bahkan banyak sekali yang kata-katanya sangat kejam..lebih ekstrim dari yang gue lontarkan ke dia.

 

Comment

