Happy Lantern Festival!

Kemarin, hari ke-15 bulan pertama tahun baru Cina, adalah hari terakhir rangkaian Spring Festival alias Lebaran Imlek terkenalnya di tanah air. Di Indonesia hari ke-15 ini terkenal dengan perayaan Cap Go Meh ya kalau tidak salah..

Jadi semalam itu seantero kota diramaikan meriahnya petasan sejak petang sampai sedikit lewat tengah malam. Di lokasi-lokasi tertentu malah diselenggarakan Lantern Festival, di mana massa melepas lampion ramai-ramai..langit yang gelap jadi cantik sekali! Kabarnya sih kini festival demikian di batasi lokasinya terkait demi keamanan pesawat terbang.

Selain lampion kertas, malam ke-15 di sini juga identik dengan makan tang yuan alias sup bola berisi aneka ragam isi – biasanya sih manis-manis. Saya belum cek apa nama kanjinya disini dan apa namanya di Indonesia, tapi bola-bola isi yang terbuat dari tepung beras ini jadi simbol bulan penuh/purnama (cmiiw). Jangan tanya sejarahnya ke saya ya, hehe, pengetahuan dan keingintahuan saya soal sejarah cerita rakyat apalagi yang terkait mitos bisa dibilang cukup rendah :p

Sebetulnya semalam pingin ke Gerbang Selatan City Wall buat liat cantiknya pesta lampion kertas, cuma hubby malah gantian sakit seputar pencernaan..kasihan juga ditinggal lama-lama, akhirnya saya cuma keliling sendiri seputar blok ini untuk iseng hunting foto menarik.. ngga ketemu orang lepas lampion kertas dapatnya ya standar aja – aktifitas berpetasan warga..😀

Untuk yang merayakan, 元宵快乐 (Yuan Xiao Kuai Le)!!

2 thoughts on “Happy Lantern Festival!

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s