Pernik hidup di Tiongkok (1)

Hidup di China sebagai orang asing banyak sekali tantangannya. Tantangan terbesar yang saya alami dan lihat di sekitar saya adalah soal bahasa. Bahasa China, yang orang sebut Mandarin, ada yang bilang mudah, tapi sebagian besar orang asing bilang susah. Saya termasuk yang merasa menguasai bahasa China itu susah, terutama bagi saya adalah di hanzi-nya (tulisan kanji), serta peran tone yang sangat besar dalam mengubah arti, serta fakta bahwa hanzi yang beda bisa saja sama dalam pengucapan (tone dan ejaan pinyinnya) tapi beda arti. Judulnya tujuh keliling pokoknya..

Anyway, kali ini saya pingin cerita soal tantangan menggunakan perangkat perbankan dan aplikasi sosial yang nge-trend di sini.. UBER dan Alipay.

ALIPAY

Berapa hari belakangan saya lagi uplek oprek nyoba transfer uang dari akun Alipay (hasil kiriman orang) ke rekening bank saya sendiri. Gagal terus setelah beberapa kali coba, akhirnya baru tadi sore berhasil! Berhasilnya setelah melototi tiap detil tulisan di halaman transfer dan baru lihat tulisan kecil di bawah box transfer, “Pay with Bank Card – Change”. Nah kata “change” itu yang ngebawa ke pilihan asal saldo, setelah di klik baru kelihat pilihan asal dana yang salah satunya adalah Alipay “Balance”.

Aha moment banget rasanya! Haha.. setelah di rubah pilihan asal dananya ke “(Alipay) Balance baru deh itu dana berhasil tertransfer ke rekening bank. Yang estimasi standarnya 2 jam baru masuk tapi dalam beberapa detik aja sudah masuk ke rek bank (saya terima sms otomatis dari Bank).

Sekilas memang terkesan simple dan gampang aja. Tapi eits ngga gitu kadang dilapangan pas ngalamin sendiri..walau aplikasinya sudah dalam bahasa Inggris.. hehe bela diri :p

(Bersambung ke tulisan berikutnya – UBER..)

Comment

