VPN dan politik di China

Sudah berapa hari terakhir akses VPN di China terganggu lagi. Astrill, penyedia VPN yang saya pakai pun dibuatklepekan ngga berdaya. Padahal mereka masuk high rank yang paling banyak di pakai dan stabil dibanding jasa VPN lainnya..

Bagi anda yang kebetulan belum ngerti apa itu VPN, bisa klik lihat disini. Dalam bahasa dan pengertian sederhana saya sih singkatnya: IP pengecoh. Kita akses internet di komputer atau hape kita, tapi bagi pihak luar identitas kita tampil sebagai identitas/IP address berbeda. Penjelasan teknis dan sistematisnya silahkan tanya ahlinya ;D

Dari pengalaman sendiri dan hasil ngobrol sama teman-teman sini, ternyata Astrill versi ponsel pintar lebih kuat bungkamannya; VPN terlihat terkoneksi/On, tapi begitu buka pages ‘terlarang’ macam Googleplay, Youtube, dsb termasuk FB dan WordPress ya ngga keluar datanya. Sementara di komputer/laptop masih bisa terkoneksi, walau kadang On-Off, dan harus tekun cari dan coba satu persatu server mana yang bisa konek. Pokoknya pain in the ass!  Tapi lumayan lah masih bisa akses dunia luar..

Berapa hari sebelum kemarin pun sempat jaringan internet di rumah kami mati total. Malamnya baru hidup lagi setelah di reset. Kemarin Astrill sempat pingsan total seharian jaringan internet dirumah, baru kemarin late afternoon baru ON lagi.. Singkatnya akses informasi dunia luar dari dalam China itu sering fluktuatif macam harga saham di bursa lah.. Lucunya ngga jarang pas sangaaat dibutuhkan pas itu lah kejadian VPN diganggu pemerintah sini.. haha.. Dukanya hidup di negeri non-demokrasi :p

So, kenapa begitu? Biasanya gangguan VPN terjadi saat di China ada peristiwa atau kejadian tertentu yang bersifat atau berdampak politis. Kata lainnya sih saat pemerintah sini takut itu mengganggu stabilitas masyarakat. Ekonomi adalah prioritas mereka, jadi suasana politik di kawal super ketat sama mereka supaya ngga ganggu ekonomi dan pembangunan. Mirip-mirip sama jaman rezim Suharto lah.. baik buruknya tergantung dilihat sama siapa dan mau pakai kacamata apa..

Jadi saat ini sedang berlangsung konferensi nasional nya China di Beijing. Pemerintah sekaligus partai satu2nya di negeri ini lagi bahas macam-macam hal. Ditengah itu yang saya tahu ada paling tidak 2 orang yang sedang bersuara keras terhadap negeri mereka ini. Satunya profesor universitas, satunya pengusaha sukses. Dugaan sederhana dan awam saya sih ada juga kaitan sama kevokalan dua orang itu, sampai si pengusaha pun akun Weibo nya di tutup sama pemerintah (Weibo itu Twitter nya China). Walau ngga ada hubungannya pun tetap konferensi itu jelas jadi alasan besar jasa VPN sedang diganggu saat ini, yang Astrill sendiri sudah kasih notifikasi resmi soal itu.

Hidup dimana saja pasti ada suka duka, untuk di China, ya ini salah satu dukanya🙂 tapi untungnya masih tergolong minor lah bagi saya..🙂

 

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s